Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

10 Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Myles Bannister

Umumnya wanita yang sedang hamil akan mengalami kenaikan berat badan dengan cepat. Setelah melahirkan, Anda ingin kembali ke bentuk tubuh sebelum hamil. Simak cara menurunkan berat badan setelah melahirkan pada artikel ini!

Kapan Boleh Melakukan Penurunan Berat Badan Setelah Melahirkan

Tubuh Anda perlu waktu untuk memulihkan diri pasca persalinan. Jangan terburu-buru dalam program penurunan berat badan, karena tubuh membutuhkan waktu untuk pulih.

Tunggu 6 hingga 8 minggu setelah melahirkan sebelum memulai program penurunan berat badan. Jika Anda menyusui, tunggu minimal 2 bulan atau setelah produksi ASI normal.

Sesaat setelah melahirkan, fokuslah pada perawatan buah hati yang baru lahir. Jangan hanya fokus pada perubahan bentuk tubuh, karena bisa memicu munculnya baby blues dan depresi pascamelahirkan.

Sebelum menjalani program penurunan berat badan, konsultasikan dengan dokter untuk memastikan tubuh siap mengikuti program tersebut.

Hal yang Dapat Menghambat Penurunan Berat Badan

Proses penurunan berat badan berbeda-beda pada setiap wanita. Ada yang berhasil menurunkan berat badan dalam waktu singkat, tetapi ada juga yang perlu waktu lebih lama.

Beberapa faktor yang membuat Anda sulit menurunkan berat badan pascapersalinan antara lain:

1. Jarang Olahraga

Banyak wanita yang jarang olahraga setelah melahirkan karena sudah lelah mengurus si Kecil. Padahal, kebiasaan ini dapat menyebabkan penumpukan kalori dalam tubuh.

Jarang olahraga juga membuat metabolisme tubuh menjadi lebih lambat, sehingga proses pembakaran lemak menjadi lambat dan berat badan sulit turun.

2. Kurang Tidur

Tidak cukup tidur dapat menyebabkan stres dan kelelahan sepanjang hari. Hal ini membuat Anda malas untuk bergerak dan meningkatkan nafsu makan.

Kurang tidur juga mengganggu kadar hormon dalam tubuh, yang akhirnya membuat berat badan sulit turun.

3. Tumpukan Cadangan Lemak pada Tubuh

Pada akhir kehamilan, tubuh menyimpan cadangan lemak lebih banyak untuk menyusui. Jumlah cadangan lemak ini berbeda pada setiap ibu hamil.

Cadangan lemak ini mungkin tidak hilang terutama jika Anda tidak memberikan ASI eksklusif. Ibu yang memberikan susu formula mungkin lebih sulit menurunkan berat badan.

4. Stres dan Kelelahan

Stres dan kelelahan umum dialami oleh wanita yang baru melahirkan. Kondisi ini dapat meningkatkan nafsu makan dan membuat berat badan sulit turun.

Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Berikut adalah beberapa tips untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan:

1. Memberikan ASI Eksklusif

Menyusui dapat membantu menurunkan berat badan dan memiliki banyak manfaat lain.

2. Makan secara Teratur

Wanita yang menyusui disarankan untuk makan secara teratur dengan kelebihan kalori sekitar 500 setiap hari.

3. Konsumsi Makanan Tinggi Protein dan Serat

Makan makanan tinggi serat dan protein baik untuk mengontrol nafsu makan dan kebutuhan nutrisi.

4. Olahraga Rutin

Olahraga secara rutin membantu mengurangi lemak berlebihan.

5. Lebih Realistis dengan Keadaan

Menurunkan berat badan secara bertahap dan realistis.

6. Konsumsi Makanan dengan Kalori yang Tepat

Catat kalori yang dikonsumsi agar tidak kelebihan kalori setiap hari.

7. Konsumsi Camilan Sehat

Pilih camilan sehat seperti buah-buahan untuk menghindari makanan tidak sehat.

8. Hindari Makanan dengan Gula Tambahan

Batasi konsumsi makanan mengandung gula tambahan.

9. Minum Air Cukup

Minum cukup air untuk menghindari kebingungan rasa lapar dengan kebutuhan cairan.

10. Tidur Cukup

Tidur yang cukup penting untuk menjaga keseimbangan hormon dan menghindari lapar berlebihan.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menurunkan berat badan secara mudah dan mencapai tubuh ideal yang diinginkan setelah melahirkan.

Referensi

  1. Dugdale, David C. 2021. Losing Weight After Pregnancy. https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000586.htm. (Diakses pada 2 Juni 2023).
  2. Eske, Jamie. 2019. Postpartum weight loss: Diets and plans. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326548.php. (Diakses pada 2 Juni 2023).
  3. Murray, Donna. 2021. Tips for Losing Weight While Breastfeeding. https://www.verywellfamily.com/breastfeeding-and-postpartum-weight-loss-431860. (Diakses pada 2 Juni 2023).
  4. Mandl, Elise.2023. 16 Effective Tips to Lose Baby Weight After Pregnancy. https://www.healthline.com/nutrition/weight-loss-after-pregnancy. (Diakses pada 2 Juni 2023).
  5. Mayo Clinic Staff. 2017. Weight loss after pregnancy: Reclaiming your body. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/labor-and-delivery/in-depth/weight-loss-after-pregnancy/art-20047813. (Diakses pada 2 Juni 2023).
  6. Taylor, Marygrace. 2021. Losing the Baby Weight: The Truth About Postpartum Weight Loss. https://www.whattoexpect.com/first-year/losing-baby-weight. (Diakses pada 2 Juni 2023).

About The Author

Hindari 9 Pantangan Ini Agar Bisa Cepat Hamil, Pasutri Perlu Tahu

Mengenal Fungsi Diafragma dan Masalah Kesehatan