Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

7 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan

Myles Bannister

Cuka apel memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan. Namun, cuka apel juga memiliki efek samping. Karena tingginya kandungan asam dalam cuka apel, penggunaannya langsung pada kulit dapat menyebabkan iritasi dan bahkan luka bakar. Oleh karena itu, sebaiknya cuka apel dicampur dengan air sebelum digunakan. Jika kulit sangat sensitif, disarankan untuk mencampur cuka apel dengan bahan lain yang dapat menetralisir keasamannya.

Untuk penggunaan cuka apel pada kulit wajah, sebaiknya dicampur dengan air dalam rasio 1:1 atau 1:2. Namun, penggunaan cuka apel untuk perawatan wajah tidak memiliki ukuran yang tetap. Jika masalah kulit tidak terlalu parah, lebih banyak air dapat ditambahkan. Setelah dicampur, cuka apel dapat langsung digunakan pada wajah dengan kapas atau benda higienis lainnya.

Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan

Membuat kenyang

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat bersama cuka apel dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih cepat dan mengonsumsi kalori lebih sedikit pada akhir hari. Namun, penelitian ini masih terbatas dan perlu bukti lebih lanjut.

Membantu menurunkan kadar gula darah penderita diabetes

Cuka apel dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan insulin pada penderita diabetes. Namun, efek ini tidak terlalu signifikan secara klinis dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti pengobatan diabetes.

Menurunkan kadar kolesterol jahat

Cuka apel dikatakan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, tetapi ini masih dalam tahap pengujian pada hewan dan belum ada penelitian yang cukup pada manusia.

Menurunkan berat badan

Beberapa orang percaya bahwa cuka apel dapat menurunkan berat badan dengan menekan nafsu makan dan membakar lemak, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan.

Mengobati sakit perut

Larutan cuka apel dan air putih dapat membantu mengobati sakit perut yang disebabkan oleh bakteri, seperti diare. Namun, ini hanya membantu mengurangi gejala dan bukan pengobatan utama.

Atasi cegukan

Cuka apel dapat digunakan untuk menghentikan cegukan dengan menstimulasi saraf di tenggorokan.

Mencegah sembelit

Cuka apel dapat membantu mencegah sembelit dengan membantu pencernaan makanan yang sulit dihancurkan.

About The Author

9 Manfaat Black Sapote, Buah Rasa Puding Cokelat!

8 Hal yang Menandakan Tubuh Kekurangan Kalsium