Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Konsumsi Madu Penyubur Kandungan Bisa Bikin Cepat Hamil, Benarkah?

Myles Bannister

Madu penyubur kandungan populer bagi pasangan yang ingin hamil karena dapat mempercepat kehamilan. Benarkah madu penyubur kandungan bikin cepat hamil?

Apa itu Madu Penyubur Kandungan?

Madu penyubur kandungan adalah madu yang diklaim bisa menyuburkan kandungan wanita. Mirip dengan jenis madu lain seperti madu ibu hamil, madu ibu menyusui, madu bayi dan anak, dll.

Banyak yang berpikir bahwa madu penyubur kandungan adalah madu khusus yang bisa menyuburkan kandungan wanita. Banyak wanita membeli madu tersebut dengan harapan bisa hamil.

Makna di Balik Istilah ‘Madu Penyubur Kandungan’

Definisi madu penyubur kandungan di atas benar, tetapi sering kali hanya menjadi strategi pemasaran untuk mendorong wanita membeli madu tersebut.

Benarkah Ada Manfaat Madu Penyubur Kandungan?

Madu memang dapat meningkatkan kesuburan wanita. Tetapi, perlu diingat bahwa madu tersebut harus asli dan dicampur dengan zat herbal tertentu untuk mengoptimalkan hormon kehamilan dan mengatasi hambatan pembuahan seperti keputihan.

Tidak semua produsen menjual madu penyubur kandungan yang asli atau madu herbal dengan kandungan yang benar-benar menyuburkan kandungan.

Minum Madu Penyubur Kandungan Pasti 100% Hamil?

Madu hanya memiliki manfaat mendukung kehamilan. Untuk bisa hamil, ada faktor tertentu yang perlu dipenuhi selain mengonsumsi madu.

Konsumsilah madu untuk meningkatkan peluang kehamilan dan tetap berdoa. Perlu diingat bahwa kehamilan tidak hanya ditentukan oleh kesuburan wanita saja.

Selain mengonsumsi madu, terapkan pola hidup sehat seperti makan makanan sehat, melakukan olahraga, tidur cukup, dan mengelola stres dengan baik.

Cara Membuat Madu Penyubur Kandungan Sendiri di Rumah

Anda bisa membuat madu penyubur kandungan sendiri dengan mencampurkan madu asli dengan tepung sari dan royal jelly. Biasa disebut madu super karena memiliki manfaat lebih dari sekedar menyuburkan kandungan.

Manfaat Madu Super Selain untuk Menyuburkan Kandungan

Madu super juga dapat memperbaiki vitalitas tubuh, meningkatkan stamina, mengendurkan urat syaraf yang tegang, dan baik untuk kesehatan jantung.

Manfaat Madu untuk Menyuburkan Kandungan Menurut Penelitian

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan madu secara intravaginal dapat membantu mengobati gangguan pergerakan sperma. Tetapi, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kelebihan madu dapat memiliki efek negatif pada kesuburan.

Cara Mengonsumsi Madu Penyubur Kandungan

Perempuan dewasa disarankan mengonsumsi 100-200 gram madu per hari, atau cukup 3 sendok makan setiap hari. Madu dapat dikonsumsi langsung, dicampur dengan air hangat, roti panggang, teh herbal, atau susu hangat.

Cara Menyimpan Madu yang Benar

1. Simpan di Tempat Bersuhu 10 Derajat

Simpan madu di tempat dengan suhu kurang dari 11 derajat Celcius untuk mencegah kristalisasi.

2. Memerhatikan Kelembapan Tempat Penyimpanan Madu

Jaga kelembapan tempat penyimpanan madu kurang dari 17% untuk mencegah fermentasi.

3. Menyimpan Madu Dalam Wadah Kedap Udara

Simpan madu penyubur kandungan wanita dalam wadah kedap udara.

Sebelum mengonsumsi madu penyubur kandungan, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan kondisi kesehatan dan menghindari efek samping negatif.

  1. A, Abdelhafiz dan Muhamad JA. 2018. Midcycle pericoital intravaginal bee honey and royal jelly for male factor infertility.
  2. Abidin, Danial Zainal. 2014. Quran Saintifik- Edisi Kemas Kini.
  3. Anonim. 2023. 10 Things To Do If You Can’t Have A Baby – Infertility Lifestyle Changes.
  4. Combe, Liv. 2016. 9 Unexpected Uses for Honey.
  5. JB, Frans. 2013. Sehat dengan Terapi Lebah.
  6. Suranto, Adji . 2004. Khasiat & Manfaat Madu Herbal. Jakarta: AgroMedia.

About The Author

Urine Berwarna Kuning setelah Minum Vitamin? Ini Sebabnya!

Tumor Rahang: Gejala, Penyebab, Diagnosis, Pengobatan