Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Pilihan Buah Penambah Imun yang Penting Diketahui

Myles Bannister

Konsumsi makanan yang tepat dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Salah satu asupan yang memiliki manfaat tersebut adalah buah-buahan. Yuk, ketahui beragam buah penambah imun tubuh dalam ulasan berikut!

Buah-buahan untuk Menambah Imun

Imun tubuh yang baik dapat menjaga tubuh dari serangan berbagai patogen (bakteri, virus, jamur, dan parasit).

Salah satu cara untuk menambah imun tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu, termasuk buah-buahan.

Apa saja buah penambah imun yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari? Berikut daftarnya untuk Anda:

1. Jeruk

Jeruk dan buah-buahan citrus lainnya kaya akan vitamin C. Vitamin ini adalah sumber antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh akan memicu stres oksidatif. Nah, kondisi ini tentu berbahaya bagi kesehatan.

Perlu Anda ketahui, stres oksidatif akan berdampak pada berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, stroke, kanker, dan masih banyak lagi.

Melansir Medical News Today, vitamin C dapat mengurangi durasi gejala flu biasa dan meningkatkan sistem kekebalan manusia. Namun demikian, penelitian lanjutan masih diperlukan.

2. Pepaya

Buah penambah imun berikutnya adalah pepaya. Manfaat tersebut hadir berkat kandungan antioksidan pada pepaya, yaitu karotenoid.

Karotenoid merupakan antioksidan yang bertanggung jawab dalam memberikan warna kuning, oranye, dan merah pada buah-buahan dan sayuran.

Selain berfungsi sebagai antioksidan, sebagian karotenoid akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Kedua khasiat tersebut hadir berkat beta-cryptoxanthin, jenis karotenoid pada pepaya.

Menurut International Journal of Cancer, selain melindungi sel, beta-cryptoxanthin bermanfaat dalam menghambat pertumbuhan sel kanker paru-paru.

3. Kiwi

Kiwi adalah salah buah untuk menambah imun tubuh karena mengandung vitamin C. Seperti yang telah disampaikan di atas, vitamin C adalah sumber antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas.

Dengan demikian, konsumsi kiwi secara rutin dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dengan konsumsi buah ini. Melansir Webmd, buah kiwi mengandung sekitar 230% vitamin C dari jumlah yang direkomendasikan setiap hari.

4. Mangga

Alasan mengapa mangga menjadi buah penambah imun adalah berkat kandungan nutrisinya. Mangga mengandung 20 vitamin dan mineral yang berbeda, termasuk di antaranya vitamin C, vitamin A, asam folat, tembaga, dan serat.

Satu cangkir mangga menyediakan 8% kebutuhan vitamin A harian, 50% vitamin C harian, dan 8% vitamin B6 harian bagi orang dewasa.

Buah yang dijuluki sebagai raja buah ini juga menyediakan kebutuhan vitamin B1, B2, B3, B5, B8, dan B9 (asam folat).

Meski sedikit, mangga juga mengandung zat besi, magnesium, dan kalsium.

Seluruh kandungan nutrisi tersebut bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

5. Semangka

Konsumsi semangka di tengah hari tentunya menyegarkan. Namun menariknya, tidak hanya itu manfaatnya.

Faktanya, semangka mengandung antioksidan bernama glutathione. Antioksidan ini baik untuk memperkuat sistem imun tubuh dalam melawan berbagai infeksi.

Bagian paling banyak mengandung glutathione berada di dekat kulit semangka.

6. Stroberi

Stroberi adalah salah satu buah penambah imun tubuh. Buah merah yang satu ini mengandung vitamin C.

Selain mengandung vitamin C, semua mikronutrien yang terkandung di dalam buah ini dapat membantu mencegah dan melawan penyakit.

Tak hanya bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh, stroberi dapat mencegah Anda dari dehidrasi berkat kandungan airnya yang tinggi.

7. Acai Berry

Buah berwarna gelap menandakan bahwa buah tersebut memiliki antosianin yang tinggi. Salah satu buah gelap tersebut adalah acai berry.

Antosianin adalah flavonoid yang bermanfaat untuk memecah senyawa beracun sehingga dapat meningkatkan kekebalan dan kebugaran.

Makanan yang kaya akan antosianin lainnya adalah ubi ungu. Anda dapat mengonsumsi makanan-makanan ini secara rutin untuk menjaga daya tahan tubuh.

8. Lemon

Sama dengan jeruk, lemon termasuk ke dalam buah citrus. Artinya, buah ini mengandung vitamin C yang tinggi.

Lemon kaya akan vitamin C. Vitamin ini dapat meningkatkan sel darah putih. Perlu Anda ketahui, sel darah putih dapat membantu tubuh melawan penyakit.

Selain itu, buah-buahan citrus juga mengandung antioksidan, vitamin, dan nutrisi lainnya yang baik untuk menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan.

9. Elderberry

Elderberry memiliki kadar antioksidan tinggi yang dapat membantu melawan peradangan. Oleh sebab itu, buah ini termasuk pilihan buah penambah imun tubuh.

Bahkan, berbagai penelitian menunjukkan bahwa ekstrak dari buah beri nampaknya mampu memblokir virus flu.

Kendati demikian, penelitian lanjutan terkait khasiat yang satu ini masih diperlukan.

Selain itu, agar terhindar dari flu sepenuhnya, Anda dapat rutin melakukan vaksinasi flu.

10. Bluberi

Bluberi merupakan buah penambah imun tubuh karena mengandung flavonoid bernama antosianin.

Sebuah penelitian pada 2016 silam menunjukkan bahwa antosianin ini memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Penting untuk Anda ketahui, flavonoid memiliki peran penting terhadap sistem imun dan sistem pernapasan.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang makan makanan kaya flavonoid memiliki risiko lebih kecil terkena infeksi saluran pernapasan atas, atau flu biasa, ketimbang mereka yang tidak.

11. Delima

Delima dapat membantu meningkatkan imun tubuh. Orang Mesir Kuno telah menggunakan buah ini sejak dulu untuk mengobati infeksi.

Penelitian ilmiah mengenai khasiat delima untuk imun tubuh kebanyakan berasal ekstraknya. Namun, delima dalam bentuk jus juga tak kalah sehat, lho.

Kabarnya, jus delima membantu tubuh melawan infeksi bakteri dan beberapa jenis virus, termasuk flu.

Itu dia beberapa jenis buah penambah imun tubuh. Kombinasikan buah-buahan tersebut dengan berbagai makanan bernutrisi lainnya, ya!

Itu dia beberapa jenis buah penambah imun tubuh. Kombinasikan buah-buahan tersebut dengan berbagai makanan bernutrisi lainnya, ya!

About The Author

Melihat Lebih Jauh Manfaat Cabai untuk Penderita Diabetes

15 Manfaat Durian, Cegah Anemia dan Risiko Kanker!