Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat Berpikir Positif bagi Kesehatan

Myles Bannister

Sesuatu hal yang negatif tidak bisa dihindari. Namun, bukan berarti kita terjebak dalam situasi tersebut. Alih-alih menyelesaikan masalah, berpikir negatif justru membuat masalah semakin runyam.

Berpikir positif adalah tentang bagaimana Anda mengendalikan hal-hal negatif tersebut. Berpikir positif dapat mengurangi beban hidup kita. Jika ada masalah, berpikir positif dapat membantu kita menyelesaikannya.

Berikut ini adalah manfaat berpikir positif yang perlu Anda ketahui.

1. Melawan Depresi

Berpikir negatif dapat membawa kita pada kondisi yang tidak diinginkan, yaitu depresi. Berpikir positif dapat menjadi terapi kognitif yang dapat memengaruhi pikiran dan perasaan kita menjadi lebih bersemangat dan bahagia, sehingga depresi dapat dicegah dan diatasi.

2. Panjang Umur

Studi menunjukkan bahwa berpikir positif dapat meningkatkan angka harapan hidup seseorang. Wanita yang memiliki sifat optimistis cenderung memiliki potensi umur yang lebih panjang dibandingkan dengan mereka yang pesimis.

3. Mencegah Diabetes

Wanita yang memiliki sifat optimistis juga memiliki risiko yang lebih kecil untuk menderita penyakit gula darah (diabetes) dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

4. Mencegah Kanker

Berpikir positif setiap hari dapat membantu mencegah kanker. Orang yang memiliki pikiran positif dan optimisme memiliki risiko terkena penyakit kanker yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang berpikir negatif.

5. Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Orang yang memiliki pikiran positif memiliki risiko terkena penyakit kardiovaskular yang lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang berpikiran negatif dan pesimis.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berpikir positif dapat meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit. Sebaliknya, pikiran negatif dapat mengganggu respons sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit.

7. Mengendalikan Stres

Berpikir positif dapat membantu mengendalikan rasa stres, sedih, dan kecewa. Orang yang memiliki pikiran positif akan segera beralih dan fokus pada hal-hal yang lebih bermanfaat.

Tips agar Mudah Berpikir Positif

Berikut ini adalah beberapa tips berpikir positif yang dapat Anda lakukan.

1. Tersenyum

Tersenyum dan tertawa dalam situasi sulit dapat menumbuhkan pikiran positif dan membantu mengurangi stres.

2. Lihat Sisi Baik dari Diri Anda

Ingat hal-hal baik dalam diri Anda ketika pikiran negatif mulai menghampiri. Setiap manusia memiliki sisi positif di dalam dirinya.

3. Jadikan Segala Sesuatu sebagai Pembelajaran

Percayalah bahwa setiap kejadian pasti memiliki maksudnya. Hal ini akan membantu Anda berpikir jernih dan optimis dalam menyikapi segala sesuatu.

Itulah informasi mengenai manfaat berpikir positif yang perlu Anda ketahui. Siapkah Anda untuk mengubah pikiran negatif menjadi positif?

About The Author

Hipertiroidisme: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Pengobatan

Penyebab Keputihan Berwarna Merah Muda