Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Apakah Pijat Saat Demam Berbahaya?

Myles Bannister

Pengertian Demam

Demam terjadi ketika sistem imun tubuh merespons infeksi atau peradangan dalam tubuh. Infeksi atau peradangan ini bisa disebabkan oleh virus atau bakteri. Demam menyebabkan peningkatan suhu tubuh dan membuat tubuh rentan terhadap dehidrasi. Aliran darah dalam tubuh juga meningkat.

Risiko Pijat Saat Demam

Memijat tubuh sebenarnya bertujuan untuk meningkatkan aliran darah dan memberikan sensasi nyaman setelahnya. Namun, pijat hanya efektif jika tubuh berada dalam keadaan normal. Jika pijat dilakukan saat demam, berikut ini beberapa risikonya:

1. Meningkatnya Suhu Tubuh

Pijat saat demam dapat meningkatkan aliran darah yang sudah cepat, sehingga suhu tubuh semakin tinggi. Suhu tubuh yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kejang demam.

2. Menguras Energi

Pijat saat demam dapat menghabiskan energi tubuh karena peningkatan aliran darah yang signifikan. Padahal, tubuh membutuhkan energi untuk melawan infeksi atau peradangan.

3. Pecahnya Pembuluh Darah

Pijat saat demam dapat menyebabkan pembuluh darah pecah, terutama pada penderita demam berdarah dengue. Pecahnya pembuluh darah dapat menyebabkan pendarahan yang berbahaya.

4. Menularkan Penyakit

Tidak disarankan untuk pijat saat demam dan flu karena dapat menularkan penyakit kepada terapis atau orang yang melakukan pijatan. Sebaiknya hindari pijat saat sedang demam.

5. Menyebabkan Mual

Orang yang sensitif terhadap sentuhan sebaiknya tidak melakukan pijat saat demam. Pijatan yang keras dapat menyebabkan rasa mual.

Manfaat Pijat Saat Pemulihan dari Sakit

Pijatan saat tubuh sedang dalam tahap pemulihan dari sakit dapat memberikan beberapa manfaat, antara lain:

1. Membantu Mengeluarkan Dahak

Pijatan pada otot dada, punggung atas, dan leher dapat meredakan ketegangan dan membantu mengeluarkan dahak.

2. Meredakan Sakit Kepala

Pijatan tertentu, seperti refleksologi, dapat meredakan sakit kepala atau tekanan sinus yang masih dirasakan saat pemulihan flu.

3. Membantu Masalah Kesehatan Lainnya

Pijatan refleksologi pada tangan dan kaki dapat membantu masalah kesehatan lainnya. Penggunaan minyak esensial juga dapat memberikan efek antivirus dan antibakteri.

Jadi, apakah boleh melakukan pijat saat demam? Pijat pada titik-titik tertentu saat sedang tidak fit, baik itu saat muncul gejala atau pada tahap pemulihan pilek dan flu, sebenarnya diperbolehkan seperti yang dijelaskan oleh panduan memijat.

10 Titik Pijat Utama untuk Menghilangkan Pilek dan Flu

Untuk menghilangkan gejala pilek dan flu, dapat dilakukan pijatan pada beberapa titik, seperti yang dijelaskan oleh Best Massage Chair Guide:

1. Titik Lekukan Soket Mata

Titik ini terletak di lekukan soket mata, di sisi alis dekat hidung. Pijatan pada titik ini dapat meredakan hidung tersumbat, sakit kepala, demam, dan mata lelah.

2. Titik Ujung Tulang Pipi

Titik ini terletak di ujung tulang pipi, tepat di bawah pupil. Pijatan ringan pada titik ini dapat menghilangkan hidung tersumbat, kelelahan mata, sakit kepala, dan mata terbakar.

3. Titik Pertemuan Alis

Titik di antara alis di mana mereka bertemu hidung dapat membantu mengatasi hidung tersumbat dan sakit kepala.

4. Titik Samping Lubang Hidung

Titik ini terletak di pipi, di samping lubang hidung. Pijatan ringan pada titik ini dapat meredakan sinus, hidung tersumbat, bengkak, dan kaku di wajah.

5. Titik Tengah Belakang Kepala

Titik ini terletak di belakang tengah kepala, di pangkal tengkorak. Pijatan pada titik ini dapat meredakan sakit kepala, stres, mata lelah, dan kekakuan leher.

6. Titik Tulang Selangka

Titik ini terletak di bawah tulang selangka, dekat tulang dada. Pijatan pada titik ini dapat meredakan hidung tersumbat, sakit tenggorokan, masalah pernapasan, dan batuk.

7. Titik Tengah Belakang Telinga

Titik ini terletak di tengah telinga, menuju punggungan tulang tengkorak. Tekanan lembut pada titik-titik ini dapat mengatasi pilek dan flu.

8. Titik Celah Jempol dan Ibu Jari Punggung Tangan

Titik ini terletak di antara ibu jari dan telunjuk, di belakang tangan. Pijatan lembut pada titik ini dapat meredakan gejala flu seperti sembelit, demam, dan nyeri pada siku. Wanita hamil sebaiknya menghindari pijatan pada titik ini.

9. Titik Lipatan Siku

Titik akupresur ini terletak di puncak lipatan siku. Pijatan pada titik ini dapat mengatasi demam dan pilek.

10. Titik Bawah Ibu Jari

Titik ini terletak di bawah ibu jari pada telapak tangan. Pijatan pada titik ini dapat memperbaiki sirkulasi paru-paru dan meredakan dada sesak.

Jadi, hindari pijat saat demam yang dapat memiliki risiko. Jika merasa tidak sehat, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Pijatlah saat muncul gejala atau pada tahap pemulihan pilek atau flu. Semoga bermanfaat!

About The Author

Manfaat Berbuka Puasa dengan Air Kelapa dan Aturan Minumnya

Pusing Saat Berdiri? Bisa Jadi Disebabkan Penyakit!