Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Cara Cek Gula Darah Sendiri di Rumah

Myles Bannister

Penderita diabetes harus mengontrol kadar gula darah untuk mengetahui kondisi tubuhnya dan efek obat yang digunakan. Tetapi jika Anda memiliki gejala atau faktor risiko diabetes, penting juga untuk tahu cara tes gula darah.

Mengenal Bagian Alat Cek Gula Darah

Sebelum belajar cara tes gula darah, Anda harus mengenal komponen penting yang diperlukan dalam pengujian.

Berikut adalah komponen penting di dalam tes gula darah:

1. Glukometer

Glukometer digunakan untuk membaca hasil tes gula darah. Glukometer akan menunjukkan nilai gula darah dalam beberapa detik.

Glukometer juga memiliki celah untuk memasukkan strip gula darah. Tergantung pada merk dan seri glukometer, spesifikasinya berbeda-beda. Pilihlah glukometer sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

2. Strip gula darah

Strip gula darah mengandung reagen yang bereaksi dengan zat kimia dalam darah. Reaksi ini menghasilkan arus listrik yang nilai nya menunjukkan kadar gula darah. Anda perlu membeli strip gula darah tambahan jika stok terbatas.

3. Lancing device

Lancing device adalah perangkat yang digunakan untuk menahan lanset atau jarum kecil. Ukuran dan bentuk lancing device bervariasi.

4. Lanset

Lanset atau jarum kecil digunakan untuk menusuk jari dan mengeluarkan darah kapiler. Pastikan Anda menusukkan lanset dengan hati-hati ke jari yang telah disterilkan menggunakan alcohol swab.

5. Alcohol swab

Alcohol swab digunakan untuk mensterilkan jari sebelum menusuk. Jika tidak tersedia alcohol swab, Anda bisa menggunakan kapas dan cairan alkohol.

Cara Cek Gula Darah di Rumah

Glukometer adalah alat yang mudah digunakan di rumah. Berikut adalah langkah-langkah untuk cek gula darah secara akurat:

1. Pra-analitik

Pastikan Anda mencuci tangan dan memasang lanset pada lancing device. Setelah itu, masukkan strip gula darah ke dalam glukometer dan tentukan jari yang akan ditusuk. Bersihkan jari dengan alcohol swab dan tunggu hingga alkohol mengering.

2. Analitik

Telah kering, menusukkan lanset pada jari dengan hati-hati. Sebelum menusuk, urut jari ke arah atas agar darah keluar dengan mudah. Setelah darah keluar, tempelkan pada strip gula darah yang terpasang di glukometer. Jangan tekan darah agar hasilnya akurat.

3. Pascaanalitik

Setelah darah menetes pada strip gula darah, hasil akan terlihat di monitor glukometer. Cocokkan nilai gula darah Anda dengan acuan kadar gula darah normal untuk mengetahui kondisi Anda.

About The Author

Antikonvulsan: Manfaat, Efek Samping, dan Aturan Penggunaannya

Anastan Forte – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping