Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Kolesterol Tinggi: Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Pengobatan

Myles Bannister

Kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung atau stroke. Kolesterol adalah zat lilin dalam darah yang dibutuhkan untuk sel-sel tetap sehat. Simak penyebab kolesterol tinggi, gejala, cara mengatasi, dan dampaknya pada tubuh.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh makanan berlemak, gaya hidup tidak aktif, dan kebiasaan merokok. Faktor genetika juga berkaitan dengan naiknya kadar kolesterol. Hiperkolesterolemia keluarga juga dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

Faktor Risiko yang Meningkatkan Kolesterol Tinggi

Faktor risiko yang dapat meningkatkan kadar kolesterol adalah diet buruk, obesitas, kurang olahraga, merokok, usia, dan diabetes.

Gejala Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi tidak memiliki gejala fisik yang khas. Tes darah adalah cara untuk mendeteksi kadar kolesterol.

Kapan Waktu yang Tepat untuk ke Dokter?

Tes darah biasanya dilakukan pada anak-anak dan orang dewasa muda tanpa faktor risiko penyakit jantung. Pengujian ulang dapat dilakukan dengan frekuensi yang berbeda tergantung pada faktor risiko seseorang.

Diagnosis Kolesterol Tinggi

Tes darah dilakukan dengan cara panel lipid untuk menilai kadar kolesterol dan trigliserida. Sampel darah dikirim ke laboratorium untuk dianalisis.

Pengobatan Kolesterol Tinggi

Langkah pertama dalam mengatasi kolesterol tinggi adalah dengan perubahan gaya hidup seperti olahraga dan makan makanan bergizi. Jika kadar kolesterol tetap tinggi, dokter mungkin akan meresepkan obat seperti statin, bile-acid-binding resins, cholesterol absorption inhibitors, atau obat suntik.

Komplikasi Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan plak arteri dan memperburuk risiko penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, dan komplikasi lainnya.

Pencegahan Kolesterol Tinggi

Mengikuti gaya hidup sehat seperti makan makanan bergizi, tidak minum alkohol berlebihan, menjaga berat badan yang sehat, berolahraga, dan tidak merokok dapat membantu mencegah kolesterol tinggi.

Referensi

  1. High cholesterol. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/symptoms-causes/syc-20350800. (Diakses pada 4 Desember 2019).
  2. Heather Cruickshank and Jacquelyn Cafasso. 2018. Everything You Need to Know About High Cholesterol. https://www.healthline.com/health/high-cholesterol. (Diakses pada 4 Desember 2019).
  3. Wedro, Benjamin, MD, FACEP, FAAEM. High Cholesterol. https://www.emedicinehealth.com/high_cholesterol/article_em.htm#definition_and_facts_about_high_cholesterol. (Diakses pada 4 Desember 2019).

About The Author

Susu Kecoa Bisa Bermanfaat bagi Kesehatan, Benarkah?

Nadolol: Fungsi, Efek Samping, dan Dosis