Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Myles Bannister

Kolesterol Tinggi Bisa Dipicu Oleh Faktor Keturunan

Pengaruh faktor keturunan penyakit kolesterol tinggi

Kolesterol dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol jahat atau LDL dan kolesterol baik atau HDL. Meskipun kolesterol tinggi biasanya terkait dengan peningkatan kolesterol jahat dalam darah, ada beberapa faktor lain yang juga mempengaruhinya seperti kelebihan berat badan, kurangnya aktivitas fisik, atau faktor usia. Selain itu, faktor keturunan juga berkontribusi pada risiko terkena masalah kolesterol tinggi. jika ada riwayat kolesterol tinggi dalam keluarga, maka penting untuk menjaga gaya hidup yang sehat karena kita juga berisiko mengalami masalah kesehatan yang sama.

Para ahli kesehatan menyebut bahwa sekitar 1.500 gen dapat mempengaruhi kolesterol tinggi dan dapat diturunkan dari orang tua ke anak. Dalam kebanyakan kasus, faktor keturunan kolesterol tinggi terkait dengan reseptor LDL di hati. Hati memproduksi kolesterol, namun reseptor ini membantu membersihkan darah dari kolesterol jahat. Jika seseorang memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi, reseptor ini mungkin tidak berfungsi dengan baik, sehingga kadar kolesterol jahat tetap tinggi dalam tubuh.

Namun, bukan berarti orang yang memiliki riwayat keluarga dengan masalah kolesterol tinggi pasti akan mengalami penyakit ini. Dengan menjaga gaya hidup sehat, masih ada kemungkinan untuk terhindar dari masalah kesehatan ini.

Cara mencegah kolesterol tinggi

Meskipun tidak memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi, disarankan untuk tetap menjaga gaya hidup sehat guna mencegah masalah kesehatan ini. Pasalnya, kolesterol tinggi dapat berdampak pada masalah kesehatan yang lebih serius seperti penyakit jantung atau stroke. Berikut adalah beberapa cara mencegah kolesterol tinggi:

1. Menjaga pola makan: Kurangi konsumsi makanan tinggi lemak dan kolesterol, seperti daging merah, daging olahan, makanan cepat saji, dan sebagainya. Perbanyak konsumsi makanan serat yang dapat membantu menurunkan penyerapan kolesterol, seperti sayur dan buah-buahan. Gantikan daging merah dengan ikan yang lebih sehat dan hindari minuman beralkohol.

2. Menurunkan berat badan: Semakin tinggi berat badan, semakin tinggi risiko kolesterol tinggi. Oleh karena itu, menurunkan berat badan menjadi ideal dapat mencegah penyakit ini.

3. Rajin berolahraga: Disarankan untuk berolahraga minimal 30 atau 60 menit setiap hari untuk menurunkan kadar kolesterol. Berenang, berlari, atau bersepeda adalah beberapa olahraga yang dapat dilakukan.

4. Menghindari rokok: Rokok dapat meningkatkan kadar kolesterol dan merusak kesehatan jantung dan pembuluh darah. Menghindari rokok sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan menghindari risiko kolesterol.

About The Author

7 Kandungan Alpukat Kaya Manfaat, Mengandung Antioksidan!

10 Penyebab Hidung Tersumbat dan Cara Mengatasinya