Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Camilan Aman untuk Penderita Hipertensi

Myles Bannister

Camilan yang Cocok untuk Penderita Hipertensi

Penderita hipertensi harus hati-hati dalam memilih makanan, terutama camilan. Konsumsi makanan yang tinggi natrium dapat meningkatkan tekanan darah secara signifikan.

Namun, ada beberapa camilan lezat yang tetap dapat dikonsumsi oleh penderita hipertensi, di antaranya adalah:

Buah Pisang

Buah pisang mengandung nutrisi yang tinggi, terutama potasium, yang dapat menurunkan kadar natrium dalam tubuh. Pisang, alpukat, dan melon direkomendasikan bagi penderita hipertensi.

Kacang

Kacang memiliki tekstur gurih dan renyah, cocok sebagai camilan. Beberapa jenis kacang yang direkomendasikan adalah walnut, hazelnut, mete, dan pistachio. Konsumsi kacang sebaiknya dibatasi maksimal 42 gram per hari dan hindari kacang yang diasinkan atau diberi tambahan tepung.

Yoghurt

Penelitian menunjukkan bahwa yoghurt dapat membantu menurunkan risiko hipertensi pada wanita. Wanita yang mengonsumsi yoghurt lima kali seminggu memiliki risiko hipertensi yang lebih rendah hingga 20 persen. Susu skim dan rendah lemak juga memberikan manfaat yang sama.

Cokelat Hitam

Cokelat hitam dapat membantu menekan risiko hipertensi dan penyakit kardiovaskular jika dikonsumsi sekitar 100 gram per hari. Pilih cokelat hitam yang memiliki kandungan gula dan kalori lebih rendah.

Biskuit dari Biji-bijian Utuh

Penderita hipertensi masih dapat mengonsumsi biskuit yang terbuat dari biji-bijian utuh atau whole grain. Biskuit ini mengandung serat tinggi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Ubi Panggang

Ubi panggang termasuk camilan sehat yang bisa dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Olah ubi dengan cara memanggangnya untuk mendapatkan asupan vitamin dan pati resisten yang dapat menurunkan tekanan darah.

Dengan menerapkan pola makan sehat, rendah garam, dan memperhatikan nilai gizi, penderita hipertensi dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah komplikasi yang berbahaya.

About The Author

Cefalexin: Kandungan, Fungsi, Dosis, Efek Samping, dll

Minum Jamu saat Hamil Pengaruhi Perkembangan Janin?