Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

10 Penyebab Tubuh Menggigil dan Cara Mengatasinya

Myles Bannister

Menggigil adalah kondisi umum yang memiliki penyebab yang mendasari. Ketahui lebih lanjut tentang penyebab tubuh menggigil dan cara mengatasinya berikut ini!

Penyebab Menggigil

Menggigil adalah gejala yang umum dialami oleh semua orang. Namun, ada beragam faktor yang menyebabkannya. Apa saja faktor penyebab menggigil tersebut?

1. Terpapar Udara Dingin

Menggigil dapat terjadi ketika kita berada di tempat yang sangat dingin, seperti ruangan ber-AC, daerah pegunungan, atau bahkan saat berenang. Gejala ini juga dapat muncul saat pakaian yang Anda kenakan lembap atau basah.

Seiring bertambahnya usia, tubuh manusia menjadi semakin sulit mengatur suhu, bahkan pada orang dewasa yang sehat. Oleh karena itu, menggigil menjadi kondisi umum saat terpapar dingin. Beberapa kondisi medis seperti diabetes dan penyakit jantung juga dapat memperburuk gejala tersebut.

2. Aktivitas Fisik Berlebihan

Aktivitas fisik intens seperti lari maraton dapat mengubah suhu inti tubuh Anda. Hal ini juga dapat menyebabkan menggigil.

Reaksi ini bisa terjadi di segala jenis cuaca, tetapi lebih mungkin terjadi pada suhu yang sangat dingin atau panas:

  • Di suhu panas, kelelahan panas dan dehidrasi dapat menyebabkannya.
  • Di suhu dingin, hipotermia dan dehidrasi dapat menjadi penyebabnya.

Selain menggigil, Anda mungkin juga mengalami gejala lain seperti merinding, kram otot, pusing, kelelahan, mual, dan muntah. Anda dapat menghindari menggigil saat berolahraga dengan tetap terhidrasi dan memakai pakaian yang sesuai. Batasi juga durasi waktu yang dihabiskan dalam aktivitas fisik tersebut.

Menghidrasi dan mengembalikan suhu tubuh ke kisaran normal biasanya cukup untuk meredakan gejala ini. Namun, dalam beberapa kasus, cairan intravena (IV) mungkin diperlukan.

3. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme adalah kondisi ketika kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon untuk mengatur laju metabolisme atau mendukung kesehatan secara keseluruhan. Kondisi ini dapat menyebabkan peningkatan kepekaan terhadap dingin, yang menyebabkan menggigil.

Gejala lain dari hipotiroidisme meliputi bengkak di wajah, kenaikan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, kulit kering, otot lemah, nyeri, dan kaku, depresi atau perasaan sedih, masalah dengan memori, dan sembelit.

4. Hipoglikemia

Hipoglikemia terjadi ketika kadar gula darah turun secara tidak normal. Jika Anda memiliki diabetes, itu mungkin menandakan perlunya penyesuaian obat atau pola makan Anda. Namun, seseorang juga dapat mengalami masalah ini tanpa menderita diabetes.

Hipoglikemia membutuhkan penanganan segera untuk mengembalikan kadar gula darah ke normal. Salah satu gejalanya adalah perasaan gemetar atau kelemahan otot yang mirip dengan menggigil. Gejala lain dari kondisi ini meliputi berkeringat, mudah marah, palpitasi jantung, perasaan kesemutan di sekitar mulut, kebingungan, kejang, dan penglihatan kabur.

5. Anemia

Anemia adalah kondisi ketika seseorang tidak memiliki cukup zat besi dalam darahnya, yang mengakibatkan rendahnya volume hemoglobin. Hemoglobin berfungsi untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Gejala lain dari anemia meliputi tubuh terasa lelah, kulit pucat, sakit kepala, kepala pusing, napas pendek, detak jantung tidak teratur, nyeri dada, tangan dan kaki terasa dingin.

Anemia dapat disebabkan oleh pola makan yang buruk, usia, penyakit kronis, atau pengobatan. Wanita lebih berisiko mengalami kondisi ini dibandingkan pria.

6. Anestesi

Anda mungkin mengalami menggigil saat diberikan obat bius (anestesi). Kemudian rasa menggigil akan berkurang saat efek bius hilang. Alasan mengapa ini terjadi tidak sepenuhnya jelas, meskipun kemungkinan karena penurunan suhu tubuh.

Ruang operasi biasanya dijaga dingin, sehingga berbaring di ruang operasi yang sejuk untuk waktu yang lama dapat menyebabkan suhu tubuh menurun.

7. Malnutrisi

Malnutrisi terjadi ketika tubuh kekurangan nutrisi yang diperlukan. Hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya asupan makanan bergizi, kondisi mendasar yang memengaruhi penyerapan nutrisi, atau gangguan makan seperti anoreksia.

Kondisi ini juga dapat menyebabkan menggigil, serta memberikan gejala lain seperti kelelahan atau mengantuk, kesulitan berkonsentrasi, kulit pucat, ruam, palpitasi jantung, hilang kesadaran, kepala pusing, kesemutan atau mati rasa pada sendi, haid tidak teratur, dan infertilitas.

8. Efek Samping Obat-obatan

Menggigil juga dapat menjadi efek samping dari beberapa obat. Ini termasuk penggunaan obat tidak sesuai dosis, baik itu obat bebas, obat resep, maupun obat herbal.

Sebelum mengonsumsi obat, selalu baca informasi potensi efek samping yang disertakan dengan kemasannya. Jika Anda mengalami menggigil setelah mengonsumsi obat, segera hentikan penggunaan obat dan beri tahu dokter atau apoteker. Tergantung pada tingkat keparahan, Anda mungkin memerlukan perhatian medis.

9. Infeksi

Jika Anda menggigil tanpa merasa kedinginan, itu bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda sedang mengalami infeksi virus atau bakteri dan sistem imun Anda sedang melakukan perlawanan. Biasanya, menggigil dapat berkembang menjadi demam, yang merupakan mekanisme tubuh dalam melawan infeksi.

10. Malaria

Terserang penyakit malaria juga dapat menyebabkan menggigil. Selain menggigil, kondisi ini juga dapat menimbulkan gejala seperti demam tinggi, sakit kepala, berkeringat, dan tubuh terasa lemas.

Cara Mengatasi Menggigil

Upaya mengatasi gejala menggigil tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Misalnya, jika menggigil disebabkan oleh malnutrisi, maka mencukupi asupan nutrisi adalah solusinya.

Namun secara umum, langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk meredakan gejala ini adalah sebagai berikut:

  • Minum obat seperti aspirin, acetaminophen (paracetamol), dan ibuprofen.
  • Mengonsumsi obat antibiotik dan antivirus (jika terjadi karena infeksi).
  • Memakai pakaian tebal dan hangat saat berada di tempat dingin.
  • Mengganti pakaian yang basah dan lembap dengan yang kering.

Referensi

  1. Huzar, T. 2018. Why do I have chills without a fever? Available at: https://www.medicalnewstoday.com/articles/324864#anemia (Accessed on 10 December 2020).
  2. Roland, J. What You Should Know About Shivering. Available at: https://www.healthline.com/health/shivering#causes (Accessed on 10 December 2020).
  3. Sullivan, D. Why do I have chills without a fever? Available at: https://www.medicalnewstoday.com/articles/324864#anemia (Accessed on 10 December 2020).
  4. Whelan. 2018. 7 Causes for Chills Without Fever and Tips for Treatment. Available at: https://www.healthline.com/health/chills-without-fever#_noHeaderPrefixedContent (Accessed on 10 December 2020).

About The Author

Manfaat Zumba bagi Kesehatan Tubuh

Telmisartan: Manfaat, Dosis, Efek Samping, dll