Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

7 Jenis Protein Bubuk dan Cara Penggunaannya

Myles Bannister

Ada banyak protein bubuk yang dijual dengan berbagai merek dan nama. Meskipun beberapa di antaranya disebut susu, sebenarnya bahan bakunya tidak mengandung susu sapi. Lantas, apa saja jenis protein bubuk yang cocok untuk dikonsumsi setiap hari?

Pengenalan Protein Bubuk

Sebagian dari kita mungkin mengira bahwa protein bubuk adalah susu bubuk yang dijual di pasaran. Namun, susu bubuk yang banyak dijual sebenarnya tidak mengandung banyak protein. Yang ada di dalamnya justru kandungan gula atau karbohidrat. Protein bubuk memiliki kandungan protein yang lebih tinggi daripada susu bubuk biasa.

Lalu, apakah protein bubuk ini terbuat dari susu? Beberapa jenis protein bubuk terbuat dari susu, daging merah, tulang, atau tumbuhan. Intinya, protein bubuk dapat digunakan jika memiliki konsentrasi protein tinggi, bisa dihaluskan, dan mudah diserap oleh tubuh.

Protein bubuk dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama oleh mereka yang menjalani gaya hidup vegetarian. Karena sulit mendapatkan asupan protein yang cukup, mereka menggunakan protein bubuk dari sumber tumbuhan, seperti kedelai. Bubuk ini dapat diolah menjadi susu dan dikonsumsi setiap hari.

Selain itu, protein bubuk yang mengandung banyak protein juga digunakan untuk membantu pembentukan otot. Setelah berolahraga, tubuh akan merasa nyeri karena otot-otot mengalami cedera. Protein bubuk dapat mengatasi hal ini dengan memberikan energi untuk meregenerasi otot.

7 Jenis Protein Bubuk dan Perbaikan

Berikut adalah beberapa jenis protein bubuk yang sering digunakan:

1. Protein Bubuk dari Kaldu Tulang

Protein ini dibuat dari kaldu tulang yang mengandung banyak nutrisi. Setelah diambil kaldunya, bahan ini dikeringkan dan dijadikan konsentrat tepung. Di Indonesia, jenis bubuk protein ini masih jarang dijual, namun di luar negeri sudah banyak tersedia sebagai suplemen nutrisi harian.

Protein dari kaldu tulang ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi masalah persendian, dan melindungi kesehatan kulit.

2. Protein Bubuk Kolagen

Protein bubuk dengan bahan kolagen ini sangat penting bagi tubuh, tidak hanya sebagai sumber protein harian. Protein ini juga dapat mengatasi masalah persendian, menjaga kesehatan rambut dan kulit, serta meningkatkan fungsi hati.

3. Protein Bubuk Whey

Bubuk protein ini terbuat dari whey, jenis protein yang banyak terdapat dalam susu. Whey diolah untuk menghasilkan bubuk dengan kandungan rendah lemak. Namun, beberapa jenis whey mengandung laktosa yang tidak dapat dikonsumsi oleh beberapa orang.

Protein dari susu sapi ini berguna untuk membantu pertumbuhan otot dan meningkatkan komposisi tubuh. Selain itu, whey juga mengendalikan nafsu makan lebih lama. Oleh karena itu, whey sangat berguna bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan atau membentuk tubuh ideal.

4. Protein Bubuk dari Kacang

Protein bubuk dari biji-bijian, seperti kedelai, mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Bubuk ini dapat dikonsumsi oleh siapa saja dan membantu tubuh membentuk tulang yang lebih besar dan kuat.

Protein dari bubuk kacang ini juga membantu mengendalikan rasa lapar berlebihan. Penelitian menunjukkan bahwa protein bubuk ini juga dapat mengendalikan tekanan darah dan mencegah hipertensi. Protein ini juga bermanfaat bagi mereka yang menjalankan diet penurunan berat badan atau diet keto atau vegetarian.

5. Protein Bubuk Casein

Casein juga ditemukan dalam susu, tetapi berfungsi sedikit berbeda dengan whey. Protein jenis ini berguna untuk mencegah kerusakan otot dan meningkatkan kekuatannya.

Mereka yang ingin membentuk tubuh ideal dapat menggunakan casein untuk meningkatkan metabolisme. Protein ini dapat dikonsumsi setiap hari, terutama setelah berolahraga.

6. Protein Bubuk Hemp

Saat ini, protein bubuk yang terbuat dari hemp sudah banyak dipasarkan. Hemp adalah tanaman yang masih berkerabat dengan Marijuana, tetapi tidak mengandung tetrahydrocannabinol yang dapat menyebabkan ketergantungan. Tanaman ini memang menjadi sumber protein yang baik.

Protein dari bubuk hemp memiliki kelebihan, seperti kandungan omega-3 untuk kesehatan otak, serat yang baik untuk pencernaan, dan dapat dikonsumsi oleh orang yang tidak dapat mengonsumsi makanan yang mengandung laktosa.

7. Protein Bubuk Beras Merah atau Cokelat

Protein ini terbuat dari asam amino yang terkandung dalam beras merah atau cokelat. Protein bubuk ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah menjaga stabilitas gula darah, mengatur kolesterol, dan membantu penurunan berat badan.

Dari jenis-jenis protein bubuk di atas, apakah Anda telah mengonsumsinya? Dan apakah penggunaan protein bubuk dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian? Semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuan kita tentang berbagai jenis protein bubuk yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.

About The Author

Bakuchiol: Fungsi, Cara Pakai, Efek Samping, dll

Tips Memilih Minuman yang Tepat saat Lebaran