Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

7 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kanker Payudara

Myles Bannister

Upaya penting untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi adalah karena hal ini dapat mencegah kondisi kanker payudara semakin memburuk. Berikut adalah daftar makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita kanker payudara:

Pantangan Makanan untuk Penderita Kanker Payudara

Penderita kanker payudara memiliki daya tahan tubuh yang lemah dan rentan terkena infeksi. Untuk menghindari hal ini, perlu dihindari makanan yang dapat memperparah pertumbuhan sel kanker yang sudah ada.

Berikut adalah makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita kanker payudara:

1. Makanan Tinggi Gula

Asupan gula yang tinggi dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Itu karena gula meningkatkan peradangan dan ekspresi enzim yang berhubungan dengan pertumbuhan dan penyebaran kanker.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hewan percobaan yang diberi makanan tinggi gula lebih mungkin mengembangkan tumor kelenjar susu yang mirip dengan kanker payudara pada manusia. Selain itu, tumor ini cenderung menyebar (bermetastasis).

2. Makanan Tinggi Lemak Trans

Lemak trans, yang biasanya terdapat dalam makanan olahan, dikaitkan dengan risiko kanker payudara yang lebih tinggi. Makanan yang mengandung lemak trans sering kali merupakan makanan yang digoreng, beberapa biskuit, donat, kue kemasan, atau kue kering. Oleh karena itu, sebaiknya dihindari oleh penderita kanker payudara.

3. Daging Merah

Daging merah dan daging yang dimasak pada suhu tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara. Daging olahan dan daging beku juga cenderung tinggi lemak, garam, dan pengawet, yang dapat memperparah kondisi kanker payudara.

4. Makanan Kurang Matang

Penderita kanker payudara berisiko lebih tinggi terkena infeksi, oleh karena itu, sebaiknya menghindari makanan mentah seperti sushi dan tiram selama perawatan kanker. Daging sapi, ikan, dan ayam sebaiknya dimasak dengan baik sebelum dikonsumsi. Hindari juga makanan yang tidak sehat yang telah disimpan di kulkas selama lebih dari 3 hari.

5. Karbohidrat Olahan

Makanan tinggi karbohidrat olahan dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Beberapa contoh makanan karbohidrat olahan adalah roti putih, kue kering, soda, mie, makanan ringan, pemanis buatan, permen, sereal sarapan, dan pasta. Untuk mengurangi risiko kanker payudara, sebaiknya digantikan dengan biji-bijian utuh dan sayuran yang kaya nutrisi.

6. Makanan yang Digoreng

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang digoreng secara teratur dapat meningkatkan risiko kanker payudara secara signifikan. Hal ini terbukti dalam penelitian yang melibatkan 620 wanita di bawah usia 50 tahun, di mana konsumsi makanan gorengan merupakan faktor risiko terbesar untuk mengembangkan kanker payudara.

7. Makanan Cepat Saji

Mengonsumsi makanan cepat saji secara teratur dapat membawa banyak dampak buruk bagi kesehatan, termasuk peningkatan risiko penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan kanker payudara. Makanan cepat saji umumnya mengandung zat-zat yang tidak sehat, tinggi gula, garam, lemak jenuh atau trans, serta banyak pengawet dan bahan tambahan. Makanan cepat saji juga cenderung memiliki sedikit nutrisi yang bermanfaat.

Itulah daftar makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita kanker payudara. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai makanan lainnya yang mungkin harus dihindari. Semoga informasi ini bermanfaat!

Referensi

About The Author

Kenapa Anda Buang Air Kecil Terus-menerus? Ini Penyebabnya

Pertolongan Pertama Mengatasi Sawan pada Anak