Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Bunion – Penyebab, Gejala, Diagnosis, & Pengobatan

Myles Bannister

Penyebab Bunion

Bunion adalah masalah umum yang menyebabkan kaki sakit dan sulit memakai sepatu. Bunion paling sering diderita wanita dan lebih sering terjadi seiring bertambahnya usia. Berikut ini beberapa penyebab bunion:

1. Keturunan

Genetika memainkan peran penting, dan orang-orang yang memiliki bunion dalam keluarga juga lebih mungkin memiliki bunion daripada orang-orang yang tidak. Bentuk dan struktur kaki Anda mungkin adalah risiko terbesar terkena bunion.

Dalam sebuah penelitian, 83 persen penderita bunion memiliki riwayat keluarga yang mengalami bunion. Jumlah yang sama memiliki bunion di kedua kaki, yang menunjukkan risiko bunion karena bentuk dan fungsi kaki yang meningkat.

2. Salahkan Sepatu Anda

Sepatu yang sempit atau ketat dianggap sebagai penyebab bunion pada kebanyakan penderita. Beberapa sepatu seperti sepatu hak tinggi atau sepatu bot koboi sangat merusak jari kaki. Sepatu ini memiliki alas kaki yang miring dan ujung jari kaki yang sempit. Kemiringan menyebabkan bagian depan kaki didorong ke dalam ujung sepatu yang sempit, menyebabkan jari-jari kaki saling terjepit.

Tergantung pada faktor-faktor seperti lamanya menggunakan alas kaki, kematangan kerangka, dan faktor-faktor individual, jari-jari kaki dapat beradaptasi dengan posisi baru dan menyebabkan kelainan bentuk yang dikenal sebagai bunion.

3. Cidera dan peradangan

Ternyata alas kaki bukan satu-satunya penyebab bunion. Cedera pada kaki juga bisa menjadi faktor penyakit bunion. Orang yang menderita rheumatoid arthritis lebih rentan mengalami kelainan pada jari kaki, seperti halnya orang-orang dengan kondisi neuromuskuler seperti polio.

4. Faktor pemicu

Banyak orang yang mengalami bunion memiliki kombinasi faktor yang membuat mereka rentan terkena kondisi ini. Misalnya, wanita berusia di atas empat puluh yang memiliki riwayat keluarga bunion, dan sering memakai sepatu hak tinggi, cenderung mengembangkan bunion.

Gejala Bunion

Gejala bunion yang sering terjadi adalah benjolan di dasar jempol kaki yang miring. Kondisi ini juga bisa terbentuk di pangkal jari kelingking. Gejala bunion lainnya termasuk:

  1. Mati rasa
  2. Rasa sakit dan nyeri
  3. Kaki terasa terbakar
  4. Pembengkakan pada sendi jari kaki
  5. Bertambahnya ketebalan kulit di pangkal jari kaki
  6. Kulit mengeras di bawah kaki
  7. Kulit kaki kemerahan
  8. Benjolan di pangkal jari kaki
  9. Kaki kapalan
  10. Gerakan jari kaki terbatas

Menggunakan sepatu yang sempit, sepatu hak tinggi, atau berdiri dalam waktu lama dapat memperburuk gejala.

Bunion dimulai dengan benjolan kecil. Kondisinya akan menjadi lebih buruk seiring waktu, yang menyebabkan rasa sakit dan sulit berjalan.

Komplikasi

Kelainan pada jari kaki ini tidak selalu menyebabkan masalah, dan bersifat permanen kecuali jika diatasi dengan pembedahan. Kemungkinan komplikasi di antaranya:

  1. Bursitis. Kondisi yang menyakitkan ini terjadi ketika bantalan kaki berisi cairan (bursae) yang melindungi tulang, tendon, dan otot di dekat sendi mengalami peradangan.
  2. Hammertoe. Tekukan tidak normal yang terjadi pada sendi tengah jari kaki, biasanya jari di sebelah jempol kaki miring, dapat menyebabkan rasa sakit.
  3. Metatarsalgia. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit dan peradangan pada bola kaki.

Diagnosis Bunion

Diagnosis biasanya dilakukan dengan mengamati dan memeriksa bunion. Dokter juga dapat menggunakan pemeriksaan fisik dan sinar-X untuk mendiagnosis keberadaan bunion. Sinar-X akan menunjukkan seberapa parah bunion dan membantu perawatan selanjutnya.

Pengobatan Bunion yang Alami di Rumah

Menerapkan gaya hidup sehari-hari untuk meredakan bunion dapat dilakukan dengan mudah, berikut tips yang bisa Anda terapkan:

1. Memakai alas kaki yang pas

Menggunakan sepatu yang memberi ruang cukup untuk jari kaki dapat mengurangi tekanan. Jadi gunakan sepatu yang benar-benar pas di kaki Anda untuk mengatasi kelainan pada jari kaki ini.

2. Mengukur kaki

Toko sepatu yang baik akan mengukur kaki Anda dan memberi saran tentang pilihan alas kaki yang cocok untuk sehari-hari.

3. Sisipan sepatu

Alat ini juga dikenal sebagai orthotic, sisipan untuk mengurangi tekanan pada jari kaki. Orthotics bisa Anda dapatkan dengan mudah, dan tersedia di toko online.

4. Padding, taping, atau belas jari kaki

Alat ini membantu memberikan dukungan dan mengurangi iritasi pada kaki yang mengalami bunion.

5. Menghindari kegiatan yang meningkatkan rasa sakit

Kegiatan ini mungkin termasuk berdiri lama atau olahraga yang mengandalkan kaki Anda untuk menopang.

6. Menggunakan es

Kompres es pada area yang mengalami bunion dapat membantu mengurangi pembengkakan pada kaki Anda.

Pengobatan Bunion secara Medis

Ada dua pilihan utama untuk mengobati bunion secara medis, yaitu obat-obatan dan pembedahan, meliputi:

1. Obat

Obat dapat membantu mengatasi rasa sakit dan pembengkakan akibat bunion, di antaranya:

  • Obat pereda nyeri. Ibuprofen, yang dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Obat ini tersedia tanpa resep dokter.
  • Suntikan kortison. Ini dapat meredakan pembengkakan, terutama pada bantalan kaki yang berisi cairan yang melindungi tulang.

2. Operasi

Beberapa penderita bunion mungkin memerlukan tindakan pembedahan. Ketika bunion membutuhkan operasi, beberapa prosedur berbeda tersedia. Pembedahan mungkin cocok untuk orang yang:

  • Mengalami rasa sakit dan peradangan yang tidak membaik dengan perawatan lain
  • Memiliki kelainan bentuk yang cukup parah sehingga jari kaki dapat melintang di atas jari kaki lainnya
  • Tidak dapat menekuk atau meluruskan jari kaki (kaku)

Operasi bunion sangat jarang terjadi pada orang yang lebih muda. Setelah operasi, pemulihan penuh membutuhkan waktu hingga 6 bulan. Rutin mengunjungi dokter mungkin diperlukan. Pembedahan ini bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit, meluruskan kembali sendi metatarsophalangeal (MTP), dan memperbaiki kelainan yang menyebabkan masalah.

3. Perbaikan tendon dan ligamen

Operasi ini melibatkan pemendekan setiap jaringan sendi yang lemah dan memanjangkan jari kaki. Perbaikan tendon dan ligamen sering dilakukan bersamaan dengan osteotomi.

4. Osteotomi

Pengobatan medis ini adalah prosedur korektif untuk meluruskan kembali sendi. Dokter akan menggunakan pin, sekrup, atau piring untuk memperbaiki tulang.

5. Arthrodesis

Adalah prosedur untuk menghilangkan permukaan sendi yang bengkak. Dokter bedah kemudian memasukkan sekrup, kabel, atau piring untuk menyatukan sendi selama masa penyembuhan. Prosedur ini biasanya membantu penderita bunion parah, radang sendi, atau mereka yang telah menjalani operasi bunion yang gagal.

6. Eksostektomi

Dokter bedah dapat mengangkat benjolan pada sendi jari kaki. Mereka sering melakukan operasi ini dalam kombinasi dengan osteotomi. Eksostektomi biasanya tidak mengobati penyebab bunion yang mendasarinya.

7. Artroplasti reseksi

Ini adalah prosedur mengangkat bagian sendi jari kaki yang rusak, memberikan lebih banyak ruang di antara tulang jari kaki. Dokter bedah merekomendasikan prosedur ini untuk:

  • Orang dewasa yang lebih tua
  • Orang yang telah menjalani operasi bunion namun tidak pulih
  • Mereka yang menderita artritis parah dan tidak dapat menjalani arthrodesis

Namun, dokter jarang merekomendasikan prosedur bedah ini.

Namun, dokter jarang merekomendasikan prosedur bedah ini.

About The Author

Calcusol – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Akupunktur: Teknik Menusuk Kulit untuk Menyembuhkan Penyakit