Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

7 Penyebab Kenaikan Berat Badan Tiba-Tiba

Myles Bannister

Faktor-Faktor yang Menyebabkan Kenaikan Berat Badan Tiba-Tiba

Pakar kesehatan menyarankan untuk memperhatikan kenaikan berat badan yang tiba-tiba meskipun menerapkan pola makan yang baik.

Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Masalah Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid berperan penting dalam mengatur sistem metabolisme dan pencernaan di tubuh. Jika mengalami gangguan, sistem metabolisme dan berat badan bisa terpengaruh.

Kenaikan berat badan tiba-tiba akibat masalah kelenjar tiroid lebih umum pada wanita usia lanjut. Sistem metabolisme mereka cenderung lebih lambat dibandingkan saat masih muda.

Pengobatan Diabetes

Penderita diabetes yang menggunakan insulin untuk mengendalikan gula darah bisa mengalami kenaikan berat badan yang singkat. Penggunaan insulin dapat mempengaruhi nafsu makan dan pengendalian lemak di tubuh.

Faktor Usia

Proses penuaan menyebabkan berkurangnya massa otot dalam tubuh. Semakin tua usia, semakin lambat proses pembakaran kalori dalam tubuh.

Obat-Obatan Steroid

Steroid yang digunakan untuk masalah persendian atau gangguan pernapasan seperti asma dapat meningkatkan nafsu makan.

Stres

Stres dapat menyebabkan kenaikan berat badan karena keinginan untuk membuat pikiran nyaman dengan mengonsumsi makanan yang enak namun tidak sehat.

Makanan seperti gorengan, makanan cepat saji, kue manis, dan permen sering dikonsumsi saat stres, padahal dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Kurang Tidur

Kekurangan tidur dapat meningkatkan nafsu makan karena meningkatnya hormon leptin yang membuat kita lebih lapar dan sulit kenyang.

Masalah Polycistic Ovary Syndrome (PCOS)

PCOS dapat menyebabkan tidak teraturnya siklus menstruasi dan sulitnya mendapatkan kehamilan. Orang dengan PCOS juga rentan mengalami kenaikan berat badan dan pembesaran pada pinggul atau pinggang akibat gangguan hormon reproduksi.

Sumber:

Sumber:

About The Author

Mirtazapine: Dosis, Aturan Pakai, Efek Samping, dll