Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 25 Minggu

Myles Bannister

Pada usia kehamilan 25 minggu, Anda mungkin penasaran dengan perkembangan janin, tumbuh dengan baik, perkembangan organ, atau apakah si Kecil akan bergerak lebih aktif? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Perkembangan Janin saat Hamil 25 Minggu

Pada usia kehamilan 25 minggu, biasanya janin memiliki panjang 33 cm dengan berat sekitar 0.68 kg. Ukuran janin saat hamil 25 minggu sama dengan sayur lobak.

Janin juga terus membentuk lemak tubuh sehingga berat tubuhnya meningkat secara signifikan. Kulit janin juga menjadi lebih kemerahan karena pembentukan pembuluh darah kapiler di bawah kulit. Organ paru-paru juga mengalami penyempurnaan dan pembentukan pembuluh darah penunjang telah dimulai, meskipun belum dapat digunakan untuk bernapas oleh janin.

Janin juga mungkin sudah mulai merespons suara dengan gerakan refleks seperti menendang atau mengubah posisi tubuhnya.

Perubahan Tubuh saat Hamil 25 Minggu

Pada usia kehamilan 25 minggu, perubahan dan gejala yang dialami serupa dengan trimester kedua sebelumnya.

Perubahan pada payudara dapat berupa perubahan warna puting yang menjadi lebih gelap dan dapat menyebabkan gatal-gatal. Jantung berdebar-debar mungkin dialami, namun jika berlanjut terus-menerus, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Wasir juga masih menjadi keluhan umum pada minggu ini, yang dapat disebabkan oleh pembuluh darah yang melebar akibat tekanan pada anus. Peradangan gusi atau gingivitis juga perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan komplikasi pada kehamilan.

Heartburn atau nyeri ulu hati mungkin juga dialami, namun dapat diatasi dengan menghindari makanan pemicu dan makan dalam porsi kecil tapi sering. Pigmentasi kulit juga dapat muncul dalam bentuk bintik-bintik berwarna cokelat atau kehitaman.

Gejala lain yang mungkin muncul di kehamilan 25 minggu meliputi stretch marks, nyeri badan, pembengkakan pergelangan kaki, dan sulit tidur.

Pemeriksaan Kehamilan

Pemeriksaan yang dilakukan pada usia kehamilan 25 minggu meliputi pemeriksaan janin dengan ultrasonografi (USG) untuk melihat perkembangan dan adanya abnormalitas, pemeriksaan fibronectin jika ada tanda-tanda kelahiran prematur, dan pemeriksaan fisik untuk memastikan kesehatan ibu hamil.

Tips Kehamilan 25 Minggu

Untuk menjaga kehamilan tetap sehat, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, berolahraga dengan jenis olahraga yang aman, menggunakan pelembap kulit untuk meredakan gejala gatal, dan istirahat yang cukup. Pastikan juga untuk selalu memeriksakan kondisi kehamilan ke dokter kandungan.

Referensi

  1. 24 Weeks Pregnant. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/week-by-week/week-25.aspx. (Diakses pada 28 Maret 2023).
  2. How Big is My Baby? Week-by-week Fruit and Veggie Comparisons. https://www.babycenter.com/pregnancy/your-body/how-big-is-my-baby-week-by-week-fruit-and-veggie-comparisons_5223185. (Diakses pada 28 Maret 2023).
  3. Week 25 of Your Pregnancy. https://www.verywellfamily.com/25-weeks-pregnant-4159047. (Diakses pada 28 Maret 2023).
  4. 23 Weeks Pregnant. https://www.babycenter.com/pregnancy/week-by-week/25-weeks-pregnant. (Diakses pada 28 Maret 2023).
  5. 25 Weeks Pregnant: Symptoms, Tips, and More. https://www.healthline.com/health/pregnancy/25-weeks-pregnant. (Diakses pada 28 Maret 2023).

About The Author

10 Makanan yang Mengandung Zinc (Mudah Didapatkan)

Interferon: Manfaat, Dosis, Efek Samping