Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

7 Gejala Asam Urat Ini Sering Disepelekan

Myles Bannister

Dampak Asam Urat bagi Tubuh

Asam urat bisa menyebabkan kerusakan pada persendian dan otot. Kondisi ini disebabkan oleh kristal asam urat yang terus menumpuk di persendian sehingga menyebabkan gejala asam urat berupa rasa nyeri dan sensasi tidak nyaman pada bagian jari tangan, pergelangan tangan, jari kaki, pergelangan kaki, dan persendian lainnya.

Normalnya, ginjal bisa mengeluarkan kadar asam urat di dalam tubuh. Sayangnya, fungsi dari ginjal ini juga terbatas. Jika kita mengonsumsi makanan dengan kadar purin berlebihan, maka kandungan ini akan dimetabolisme menjadi kristal asam urat dan akhirnya memicu peningkatan kadar asam urat yang tidak mampu lagi dikeluarkan oleh ginjal.

Makanan yang Memicu Asam Urat

Menghindari makanan tinggi purin seperti seafood, jeroan, daging merah, dan alkohol dapat mencegah penyakit asam urat. Minuman manis seperti teh botol yang tinggi kandungan fruktosa juga dapat meningkatkan kadar asam urat.

Gejala Asam Urat yang Sering Disepelekan

Beberapa gejala asam urat sering disepelekan padahal bisa berdampak buruk pada kesehatan. Berikut adalah gejala-gejala tersebut:

1. Nyeri di Tengah Malam

Gejala asam urat sering muncul di tengah malam saat tidur karena kurangnya asupan air dalam tubuh. Serangan asam urat dapat menyebabkan sensasi panas atau terbakar pada persendian, mengganggu tidur, dan memicu masalah kurang tidur.

2. Sensasi Nyeri yang Parah pada Persendian

Sensasi nyeri akibat asam urat dapat berlangsung hingga 5 atau 10 hari. Meskipun nyeri ini hilang, harus segera diatasi agar tidak memburuk.

Asam urat umumnya mempengaruhi sendi jempol kaki, tetapi juga dapat mempengaruhi sendi lain seperti lutut, ujung jari, dan sakroiliaka yang dapat menyebabkan sakit punggung atau sakit pinggul.

3. Demam

Penderita gejala asam urat juga dapat mengalami demam, sakit kepala, dan muntah-muntah.

4. Gejala mirip flu

Peradangan yang disebabkan oleh asam urat dapat menyebabkan gejala seperti flu, termasuk demam tinggi, nyeri otot, dan kelelahan.

5. Gangguan ginjal

Peningkatan kadar asam urat dapat menyebabkan batu ginjal, yang memicu nyeri perut yang parah.

6. Tophi

Penderita asam urat kronis dapat mengalami tophi, yaitu endapan kristal asam urat yang muncul sebagai nodul putih atau kuning di bawah kulit. Tophi dapat menyebabkan peradangan dan dalam beberapa kasus memerlukan pengangkatan dengan pembedahan.

7. Nyeri pergelangan tangan

Gejala asam urat pada pergelangan tangan jarang terjadi, tetapi dapat terjadi pada penderita asam urat polyarticular.

Jika mengalami beberapa gejala asam urat ini, segera periksakan kondisi Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Gejala Asam Urat yang Umum

Tanda dan gejala asam urat meliputi:

1. Nyeri sendi yang intens

Rasa sakit akibat asam urat dapat terjadi pada berbagai sendi. Rasa sakitnya paling parah dalam empat sampai 12 jam pertama setelah serangan.

2. Ketidaknyamanan yang berlangsung lama

Setelah rasa sakit intens mereda, ketidaknyamanan sendi dapat berlangsung beberapa hari hingga beberapa minggu.

3. Peradangan dan kemerahan

Sendi yang terkena asam urat menjadi bengkak, lunak, hangat, dan merah.

4. Rentang gerak terbatas

Ketika gejala asam urat berkembang, rentang gerak sendi dapat terbatas.

Jika mengalami gejala asam urat, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

About The Author

7 Cara Mengatasi Kecanduan Media Sosial

Osfit DHA – Ringkasan tentang Manfaat, Dosis, Efek Samping, dan Harga