Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Apakah Buah Manis Aman Dikonsumsi karena Tinggi Gula Alami?

Myles Bannister

Buah Manis sebagai Camilan Sehat

Pakar kesehatan Kelly Hogan dari Academy of Nutrition and Dietetics menyebutkan bahwa konsumsi berlebihan gula dapat meningkatkan risiko penyakit seperti obesitas, penyakit kardiovaskular, dan diabetes. Meskipun demikian, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa buah-buah yang tinggi kandungan gula alami juga memiliki dampak yang sama jika dikonsumsi secara berlebihan.

Menariknya, banyak orang yang memilih untuk menghindari gula termasuk gula yang ada di dalam buah-buahan dalam diet seperti diet keto atau diet whole 30.

Walau memiliki rasa manis, makan makanan yang tinggi gula dan buah-buah manis memberikan efek yang berbeda pada tubuh. Konsumsi makanan manis dengan 140 kalori misalnya bisa menimbulkan masalah kesehatan, tetapi mengonsumsi buah-buahan manis juga memberikan nutrisi sehat seperti vitamin, mineral, dan serat yang berguna untuk tubuh.

Menurut Kelly, makan buah utuh memiliki dampak yang berbeda dengan makan kue manis. Makan buah membantu tubuh menyerap nutrisi lebih baik dari makanan lain.

Konsumsi Buah dan Risiko Diabetes

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Journal of Diabetes Investigation menunjukkan bahwa semakin sering kita mengonsumsi buah-buahan, termasuk buah manis, semakin kecil risiko terkena diabetes tipe 2.

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam European Journal of Nutrition menemukan bahwa kebiasaan mengonsumsi buah-buahan dapat mencegah obesitas, hipertensi, kanker, dan penyakit jantung.

Torey Armul dari Academy of Nutrition and Dietetics menyatakan bahwa hingga saat ini, belum ada klien yang mengalami kenaikan berat badan akibat mengonsumsi buah.

Pemilihan Buah yang Tepat

Meski demikian, Kelly menyarankan agar kita tidak sembarangan dalam memilih buah. Misalnya, buah kering, jus buah, atau smoothie dapat mengandung gula tambahan dalam jumlah yang tinggi. Hal ini dapat menyebabkan penyakit seperti diabetes karena buah olahan memiliki tambahan gula dan tinggi kalori.

American Heart Association menyarankan untuk membatasi konsumsi buah segar sekitar satu kepalan tangan, setengah cangkir untuk buah beku atau kalengan, dan seperempat cangkir untuk buah kering atau jus buah.

Lebih baik memilih jus buah segar yang tidak mengandung gula tambahan daripada jus buah kemasan karena lebih sehat dan aman bagi kesehatan.

About The Author

Gigi Kuning: Penyebab, Ciri-Ciri, Cara Memutihkan

12 Makanan Pencegah Stroke