Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

7 Dampak Rokok pada Saluran Pencernaan

Myles Bannister

Dampak Buruk Rokok pada Saluran Pencernaan

Pakar kesehatan mengungkapkan beberapa dampak yang akan dialami saluran pencernaan jika tetap merokok.

Berikut adalah dampak kesehatan tersebut:

Asam Lambung Tinggi

Dampak pertama merokok pada saluran pencernaan adalah risiko peningkatan asam lambung tinggi. Hal ini dapat menyebabkan sensasi terbakar dan panas di dada dan ulu hati karena asam lambung naik ke tenggorokan.

Ada katup antara kerongkongan dan lambung yang seharusnya mencegah naiknya asam lambung ke atas. Namun, asap rokok merusak fungsi katup tersebut, sehingga asam lambung lebih mudah naik.

Luka pada Lambung

Selain meningkatkan asam lambung, asap rokok juga dapat menyebabkan tukak lambung, yang menyebabkan luka pada lambung atau usus halus. Ini akan menyebabkan nyeri yang parah.

Asap rokok meradang pada lambung dan gangguan aliran darah ke dinding usus atau lambung, yang dapat menyebabkan luka.

Kerusakan Hati

Hati sangat rentan terhadap kebiasaan merokok karena harus menetralisir racun dari rokok. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan fungsi hati secara signifikan.

Kerja hati dapat terganggu lebih cepat jika juga mengonsumsi minuman beralkohol. Kondisi ini membuat hati rentan terkena sirosis hati dan kanker hati.

Radang Empedu

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa merokok dapat meningkatkan risiko batu empedu. Cairan empedu bisa mengeras dan mengganggu sekresi enzim untuk mencerna makanan, menyebabkan nyeri perut.

Risiko Kanker Pankreas

Merokok dapat melemahkan pankreas, organ yang mengontrol gula darah dan memberikan energi pada tubuh. Salah satu masalah kesehatan yang dapat muncul pada pankreas adalah pankreatitis atau radang pankreas.

Kanker

Kanker adalah masalah kesehatan yang sering terjadi akibat merokok. Merokok dapat memicu kanker mulut, kanker kerongkongan, kanker pita suara, kanker hati, kanker lambung, kanker pankreas, kanker usus, dan kanker rektum.

Penyakit Crohn

Merokok dapat meningkatkan risiko penyakit crohn, peradangan parah dalam usus yang terkait dengan sistem kekebalan tubuh yang buruk.

About The Author

Kanker Anus: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Pengobatan

Cara Mengatasi Depresi Berat secara Efektif