Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

7 Dampak Makan Bayam Setiap Hari

Myles Bannister

Berbagai Dampak Makan Bayam Setiap Hari

Bayam tinggi akan kandungan vitamin, mineral, antioksidan, dan nutrisi lainnya. Rutin mengonsumsinya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut adalah manfaat kesehatan tersebut.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Rutin makan bayam setiap hari bisa mengalami penurunan berat badan karena rendahnya kandungan kalori. Bayam juga mengandung karbohidrat, protein, dan serat yang membantu pencernaan menjadi lancar dan mencegah penumpukan lemak di tubuh.

Jika sedang dalam program diet, sebaiknya meningkatkan asupan bayam.

Baik Bagi Kesehatan Otak

Kandungan mineral dan vitamin yang tinggi di dalam bayam baik untuk kesehatan otak. Di dalamnya terdapat asam folat, vitamin A, B6, dan C yang menutrisi otak. Selain itu, bayam juga mengandung antioksidan yang mendukung fungsi kognitif dan neuron.

Rutin makan bayam juga mencegah penyakit degeneratif seperti Alzheimer dan demensia.

Baik Bagi Kesehatan Mata

Bayam tinggi kandungan vitamin A dan antioksidan, yang mampu mencegah iritasi mata atau peradangan.

Baik Bagi Kesehatan Tulang

Rutin mengonsumsi bayam menjaga tulang tetap sehat dan mencegah osteoporosis karena tingginya kandungan vitamin K dan kalsium di dalamnya.

Mendukung Kesehatan Otot

Kandungan antioksidan dan protein di dalam bayam mendukung fungsi otot dan meningkatkan sirkulasi darah.

Meningkatkan Metabolisme

Rutin makan bayam meningkatkan sistem metabolisme, baik pada penurunan lemak dan berat badan, serta pada pencernaan dan kebugaran tubuh.

Mencegah Penyakit Berbahaya

Kandungan asam folat, kalsium, zat besi, dan vitamin di dalam bayam mampu mencegah risiko penyakit seperti penyakit jantung, stroke, batu ginjal, dan diabetes.

Apakah Bayam Memicu Penyakit Asam Urat?

Bayam memiliki kandungan asam urat dalam jumlah sedang. Penderita asam urat disarankan membatasi konsumsinya. Namun, purin di dalam bayam tidak mempengaruhi penyakit asam urat menurut banyak penelitian.

Jika kadar asam urat tinggi, sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk menentukan porsi atau frekuensi konsumsi bayam yang tepat.

About The Author

Obat Naloxone: Dosis & Indikasi untuk Anak dan Dewasa

Kenali 10 Tanda-Tanda Menstruasi akan Segera Tiba Berikut Ini