Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Borraginol – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Myles Bannister

Borraginol adalah obat kombinasi untuk wasir atau hemoroid. Terdapat dua jenis Borraginol, yaitu Borraginol N dan Borraginol S. Borraginol N adalah obat wasir dengan sediaan pelembut, sedangkan Borraginol S adalah sediaan kombinasi dengan kortikosteroid.

Lanjutkan membaca untuk informasi lebih lanjut tentang Borraginol, termasuk indikasinya, kontraindikasinya, bentuk sediaannya, manfaatnya, dosisnya, dan efek sampingnya.

  • Nama: Borraginol N & Borraginol S
  • Kelas Terapi:
  • Hemoroid » Sediaan Pelembut (Borraginol N)
  • Hemoroid » Sediaan Kombinasi Dengan Kortikosteroid (Borraginol S)
  • Setrimida+Benzokain+Dibukain+Difenhidramin (Borraginol N)
  • Setrimida+Benzokain+Lidokain+Prednisolon (Borraginol S)

Indikasi Borraginol

Obat Borraginol biasanya diberikan kepada pasien yang mengalami gejala wasir atau ambeien. Beberapa gejala termasuk gatal-gatal, nyeri, dan ekskoriasi pada anus atau perianus.

Borraginol dapat digunakan pada penderita wasir dalam atau wasir luar, serta pada penderita ambeien dengan luka terbuka dan pendarahan di dubur.

Obat Borraginol juga dapat diberikan kepada pasien yang mengalami perineal dengan gatal di dubur, anal prolapse, anal fistula, dan periproctitis. Pastikan indikasi-indikasi ini telah diperiksa oleh dokter.

Kontraindikasi Borraginol

Penggunaan Borraginol N atau Borraginol S harus mempertimbangkan kontraindikasi yang mungkin ada. Kontraindikasi dapat terjadi pada pasien yang memiliki alergi terhadap kandungan Borraginol N atau Borraginol S.

Pastikan Anda mengingat riwayat alergi atau berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan apakah Anda alergi terhadap kandungan Septrimida, Benzokain, Dibukain, Difenhidramin, Lidokain, atau Prednisolon.

Perlu diingat, ibu hamil sebaiknya tidak menggunakan Borraginol S yang mengandung kortikosteroid, terutama pada trimester pertama kehamilan. Harap berhati-hati dalam menggunakan Borraginol pada penderita epilepsi.

Bentuk Sediaan Borraginol

Borraginol tersedia dalam dua jenis, yaitu Borraginol N dan Borraginol S. Kedua jenis ini tersedia dalam bentuk suppositoria dan salep yang digunakan pada bagian anus.

Kedua bentuk sediaan tersebut digunakan untuk pemakaian luar pada bagian anus. Suppositoria berbentuk kapsul yang dimasukkan ke dalam dubur, sementara salep digunakan dengan cara mengoles tipis.

Manfaat Borraginol

Borraginol N sebagai sediaan pelembut dapat membantu meringankan gejala ambeien seperti gatal-gatal dan perih pada anus atau perianus.

Borraginol S sebagai sediaan kombinasi dengan kortikosteroid dapat mengatasi ambeien atau wasir baik pada wasir luar atau dalam. Borraginol juga dapat mengatasi luka terbuka dan pendarahan di dubur.

Kandungan lidokain di Borraginol S bermanfaat untuk meringankan nyeri pada fisura anus. Selain itu, Borraginol juga bermanfaat untuk mengobati anal prolapse, anal fistula, perineal, dan periproctitis.

Dosis Borraginol

Pastikan menggunakan Borraginol sesuai dengan dosis dan aturan pakai. Dosis Borraginol dapat berbeda tergantung jenis dan bentuk sediaannya. Dosis Borraginol N dengan bentuk suppositoria adalah 1 suppositoria tiga kali sehari.

Dosis Borraginol S dengan bentuk suppositoria adalah 1 suppositoria dua kali sehari. Pada kasus yang lebih parah, Borraginol dapat ditambahkan 1 suppositoria sebelum tidur.

Dosis Borraginol dengan bentuk salep, baik Borraginol N maupun Borraginol S, adalah 2-3 kali oles per hari pada Borraginol N. Oleskan salep Borraginol secara tipis.

Efek Samping Borraginol

Meskipun digunakan secara luar, Borraginol dapat memiliki efek samping jika tidak digunakan sesuai petunjuk dan dosis. Efek samping Borraginol dapat terjadi pada bentuk salep dan suppositoria.

Borraginol S dapat berbahaya bagi janin pada ibu hamil karena mengandung kortikosteroid. Pemakaian jangka panjang Borraginol dapat menyebabkan atrofi kulit anus.

Penggunaan salep Borraginol lebih dari 7 hari dapat menyebabkan iritasi kulit anus. Efek samping Borraginol juga dapat menyebabkan rasa gatal, terbakar, dan kemerahan pada kulit anus bagi mereka yang alergi terhadap kandungan Borraginol.

Sumber:

  1. BPOM: Pusat Informasi Obat Nasional: http://pionas.pom.go.id

About The Author

10 Obat Kutil Alami dan Aman

Levetiracetam: Fungsi, Efek Samping, Dosis, dll