Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Perkembangan Bayi 3 Bulan: Apa yang Harus Diketahui?

Myles Bannister

Tanda-tanda Perkembangan Bayi 3 Bulan

Perkembangan bayi usia 3 bulan merupakan hal yang diinginkan oleh setiap orang tua. Beberapa tanda perkembangan bayi 3 bulan dapat dikenali dengan mudah.

Berikut adalah beberapa tanda perkembangan bayi 3 bulan:

1. Panca indera bayi umur 3 bulan

Pada usia 3 bulan, bayi mulai mengembangkan indera. Ia dapat merasakan perbedaan tekstur bahan. Anda dapat membantu perkembangannya dengan cara mengenalkan bahan berbeda yang aman bagi bayi. Pijatan dan sentuhan juga memegang peran penting dalam mengoptimalkan perkembangan bayi 3 bulan.

2. Perkembangan motorik bayi usia 3 bulan

Bayi usia 3 bulan menjadi lebih aktif. Keterampilan motorik kasar dan motorik halus bayi akan terlihat meningkat. Pada usia ini, bayi sudah dapat tengkurap sendiri. Latihan ini dapat meningkatkan koordinasi otot dan tulang. Jaga keselamatan bayi saat berlatih di posisi yang berbahaya. Bayi juga mulai aktif menggerak-gerakkan kaki dan tangan serta mampu mengkoordinasikan mata dan tangan.

3. Kemampuan menyusui

Perkembangan bayi 3 bulan dapat terlihat dari kemampuannya dalam menyusui baik ASI maupun susu formula. Bayi yang semakin kuat secara motorik membutuhkan lebih banyak energi. Oleh karena itu, kebutuhan menyusui bayi juga bertambah.

4. Pola tidur

Perkembangan bayi 3 bulan juga mempengaruhi pola tidur. Bayi usia ini sudah lebih tahan lama dan nyenyak dalam tidur. Mungkin ada beberapa momen di mana bayi menangis saat tidur, namun ia akan lebih cepat menghentikannya. Berikan kesempatan bagi bayi untuk belajar tidur sendiri, hal ini penting untuk perkembangan kemandiriannya.

5. Perkembangan komunikasi

Kemampuan komunikasi bayi berkembang pesat. Meskipun menggunakan bahasa khas bayi, seperti tawa, tangisan, dan senyuman, bayi dapat berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya. Bayi usia 3 bulan juga mulai menggunakan suara yang lebih tinggi dan belajar berbicara.

About The Author

Fungsi Lemak Bagi Tubuh, Bukan Sekedar Membuat Gemuk

Manfaat Nasi Putih bagi Tubuh (Kandungan Gizi Lengkap)