Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

10 Obat Iritasi Kulit yang Ampuh (Medis dan Alami)

Myles Bannister

Ada beberapa faktor yang menyebabkan iritasi kulit seperti alergi, kulit kering, penggunaan produk kecantikan yang tidak cocok, udara lembap, dan lain-lain. Kondisi ini dapat menyebabkan kulit gatal, merah, bersisik, dan peradangan. Untuk mengatasi iritasi kulit, berikut adalah obat yang bisa digunakan secara medis maupun alami.

Obat Iritasi Kulit

Orang-orang seringkali mengalami iritasi kulit yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti alergi, paparan zat kimia, atau penggunaan produk kecantikan yang salah.

Iritasi kulit dapat menyebabkan ruam, sisik, penebalan kulit, lecet, dan sensasi kulit terbakar. Dalam kasus yang lebih parah, iritasi kulit juga dapat terjadi akibat infeksi kulit, dermatitis, eksim, atau psoriasis.

Jangan khawatir jika Anda mengalami iritasi kulit, berikut adalah beberapa obat iritasi kulit yang direkomendasikan:

1. Hidrokortison

Cara mengatasi kulit iritasi dan kering yang disertai dengan gatal dan kemerahan adalah dengan menggunakan obat hidrokortison. Obat hidrokortison adalah agen steroid topikal yang digunakan untuk mengatasi peradangan kulit seperti alergi, eksim, atau psoriasis.

Obat hidrokortison dapat mengurangi rasa gatal dan efek iritasi pada kulit. Anda dapat menggunakan salep hidrokortison ini selama dua minggu maksimal.

2. Calamine

Calamine adalah obat iritasi kulit yang terbuat dari campuran zinc oksida dan besi oksida. Obat ini digunakan untuk meringankan gejala ruam kulit dan rasa gatal. Calamine tersedia dalam bentuk obat generik dan losion.

Calamine juga digunakan untuk mengatasi iritasi kulit akibat gigitan serangga dan racun dari pohon ivy atau poison ivy.

3. Pramoxine

Pramoxine adalah obat iritasi kulit yang digunakan untuk meredakan rasa gatal dan sakit pada berbagai masalah kulit. Obat ini juga efektif untuk mengatasi sengatan serangga, paparan racun, poison ivy, oak, dan sebagainya.

Obat pramoxine mengandung hidrokortison dan bahan aktif lainnya yang efektif untuk mengatasi gejala iritasi kulit ringan. Pramoxine juga digunakan dalam beberapa produk anti-gatal.

Cara Mengatasi Kulit Iritasi Secara Alami

Selain menggunakan salep atau obat iritasi kulit lainnya, Anda juga bisa mengatasi iritasi kulit dengan cara alami. Berikut adalah beberapa cara mengatasi kulit iritasi dan kering:

1. Aloe Vera

Aloe vera memiliki efek antiinflamasi dan mengandung antioksidan, enzim, mineral alami, dan vitamin A serta C yang membantu mengatasi gejala kulit iritasi dan masalah kulit lainnya seperti jerawat, kulit kering, dan meredakan sensasi kulit terbakar.

Aloe vera bisa digunakan untuk melembapkan, menyejukkan, dan menyembuhkan kulit. Aloe vera segar bisa digunakan sebagai masker pada area kulit yang iritasi.

2. Oatmeal

Oatmeal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kulit, termasuk mengatasi iritasi kulit. FDA pada tahun 2003 juga menyetujui penggunaan oatmeal koloid sebagai pelindung kulit, namun hanya untuk penggunaan luar.

Cara mengatasi kulit iritasi secara alami menggunakan oatmeal:

  • Siapkan satu mangkuk oatmeal organik atau yang telah ditumbuk.
  • Tambahkan air secukupnya dan masak hingga teksturnya menjadi seperti pasta.
  • Aplikasikan pasta oatmeal pada area kulit yang iritasi.
  • Diamkan selama 10-20 menit atau hingga pasta mengering.
  • Bilas hingga bersih dan gunakan pelembap setelahnya.

Masker oatmeal ini juga dapat membantu mengatasi jerawat dan perawatan kulit wajah secara keseluruhan.

3. Gunakan Pelembap

Menggunakan pelembap adalah cara efektif untuk mengatasi kulit iritasi di wajah. Pilihlah pelembap yang mengandung ceramide untuk mengatasi kulit kering, bersisik, ruam, dan gatal.

Pilihlah pelembap yang cocok untuk kulit Anda, hindari yang mengandung pewangi buatan dan paraben.

4. Madu

Gunakan madu sebagai obat iritasi kulit alami. Madu memiliki sifat pelembap alami, antibakteri, antimikroba, dan agen pelembap. Kandungan alami dari madu dapat mengatasi iritasi kulit ringan, jerawat, dan noda hitam.

Cara mengatasi kulit iritasi di wajah dengan madu:

  • Bersihkan area kulit yang teriritasi.
  • Oleskan madu secara merata.
  • Diamkan selama sekitar 30 menit.
  • Bilas hingga bersih.

Madu juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini dan mencerahkan kulit.

5. Cukup Minum Air Putih

Kulit kering dan bersisik adalah salah satu gejala iritasi kulit. Untuk mengatasinya, pastikan Anda cukup minum air putih agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Manfaat air putih adalah menjaga kelembapan kulit, menyuplai nutrisi ke sel-sel kulit, dan memperbaiki jaringan kulit yang teriritasi. Air putih yang cukup juga meningkatkan kesehatan kulit secara umum.

6. Konsumsi Makanan Sehat

Hindari makanan yang dapat menyebabkan peradangan kulit seperti gluten, susu, gula, dan sebagainya karena dapat memperburuk gejala iritasi kulit. Sebaliknya, konsumsilah makanan sehat yang mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Berikut adalah beberapa makanan yang baik untuk kesehatan kulit:

  • Pepaya: mengandung vitamin A, C, dan E yang membantu produksi kolagen dan menjaga kesehatan kulit.
  • Alpukat: mengandung lemak sehat yang memberi kekenyalan dan elastisitas pada kulit.
  • Kubis: mengandung vitamin C, lutein, karotenoid, dan antioksidan untuk mengatasi kulit kering.

Pilihlah makanan sehat lainnya yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan kulit Anda.

7. Petroleum Jelly

Petroleum jelly juga dapat digunakan untuk mengatasi iritasi kulit. Oleskan petroleum jelly pada area kulit yang iritasi untuk melembapkan dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Menurut American Academy of Dermatology, petroleum jelly juga dapat mengatasi kulit lecet, kulit kering, infeksi kulit, dan gangguan kulit lainnya.

Tips Mengobati Iritasi Kulit Secara Alami

Berikut adalah beberapa tips untuk mengobati iritasi kulit secara alami:

  • Jangan menggaruk area kulit yang gatal.
  • Jangan mengelupas kulit yang mengelupas.
  • Jangan menggunakan baking soda karena pH-nya dapat merusak kelembapan kulit dan memperburuk iritasi.
  • Jangan menggunakan produk kecantikan atau perawatan kulit lainnya yang terlalu kuat untuk sementara waktu.
  • Biarkan kulit Anda beristirahat.
  • Olahraga secara teratur untuk membersihkan pori-pori kulit.

Jika cara-cara alami di atas tidak memberikan perubahan, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Referensi

  1. Anonim. 2018. 8 Natural Remedies for Itchy and Irritated Skin. http://gerson.org/gerpress/8-natural-remedies-for-itchy-and-irritated-skin/. (Accessed December 19, 2019).
  2. Brucculieri, Julia. 2018. How To Soothe Irritated Skin, According To Dermatologists. https://www.huffpost.com/entry/how-to-soothe-irritated-skin_n_5a7b601de4b08dfc92ff75d6. (Accessed December 19, 2019).
  3. Harrar, Sari. 2017. Pick the Right Products to Stop Itchy Skin. https://www.consumerreports.org/medical-conditions/right-products-to-stop-itchy-skin/. (Accessed December 19, 2019).
  4. Lampert, Lynda. 2019. 8 Home Remedies for Skin Rashes That Your Body Will Thank You For. https://www.thehealthy.com/skin-health/natural-remedies-rashes/. (Accessed December 19, 2019).
  5. Murphy, Kate. 2019. 5 Remedies I Use to Help Soothe My Irritated Skin. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/natural-remedies-irritated-skin#1. (Accessed December 19, 2019).
  6. McClees, Heather. 2017. Natural Remedies to Heal a Skin Rash. https://www.onegreenplanet.org/natural-health/natural-remedies-to-heal-a-skin-rash/. (Accessed December 19, 2019).
  7. Villines, Zawn. 2018. What are the benefits of petroleum jelly?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324039.php#what-is-petroleum-jelly. (Accessed December 19, 2019).

About The Author

8 Manfaat Honeycomb bagi Kesehatan dan Cara Konsumsinya

Beragam Cara Mencegah Kehamilan yang Efektif Secara Medis dan Alami