Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

10 Manfaat Witch Hazel (Pria dan Wanita Wajib Tahu)

Myles Bannister

Apa Itu Witch Hazel?

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat Witch Hazel, Anda harus mengetahui hal lain dari tanaman yang memiliki nama latin Hamamelis virginiana ini. Selain bagian daun yang bisa dimanfaatkan, bagian kulit kayunya juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Karena Witch Hazel mengandung zat tanin, tanaman ini bisa diaplikasikan langsung pada kulit atau ditambahkan pada teh herbal. Salah satu manfaat Witch Hazel yang sering digunakan banyak orang adalah digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Ekstrak daun Witch Hazel sering digunakan pada kulit berminyak karena bisa menghambat produksi minyak dan mengecilkan pori-pori.

Manfaat Witch Hazel

Nah, setelah Anda mengetahui penjelasan singkat mengenai apa itu Witch Hazel, kini saatnya Anda mengetahui beberapa manfaat Witch Hazel bagi kesehatan, di antaranya:

1. Mengatasi jerawat

Manfaat Witch Hazel yang pertama adalah mengatasi jerawat. Hal ini dikarenakan Witch Hazel mengandung zat anti-peradangan yang bisa mengatasi peradangan pada jerawat. Selain itu, Witch Hazel adalah tanaman yang juga dapat menyerap kelebihan minyak pada kulit.

2. Mengatasi kulit kering

Apakah Anda memiliki kulit kering? Jika iya, Anda harus mendapatkan manfaat Witch Hazel. Memiliki kulit kering membuat Anda rentan mengalami breakout. Pilihlah produk yang mengandung Witch Hazel, karena Witch Hazel mengandung moisturizer yang tinggi dan bersifat sebagai astringen sehingga membuat kulit terasa lebih segar.

3. Mencegah kulit keriput

Fungsi lain dari Witch Hazel adalah menjaga kulit tetap kencang dan awet muda. Hal ini karena kemampuan Witch Hazel melindungi kulit dari paparan sinar UV yang menjadi penyebab utama radikal bebas. Manfaat Witch Hazel juga bisa menekan proses rusaknya sel yang kerap mengakibatkan kerutan.

4. Meredakan iritasi kulit

Ekstrak tanaman Witch Hazel memiliki khasiat untuk meredakan sunburn, iritasi kulit, serta menyejukan kulit. Gunakanlah pembersih wajah yang mengandung Witch Hazel.

5. Menghilangkan mata bengkak

Mata bengkak bisa memengaruhi rasa percaya diri seseorang. Gunakan air rendaman Witch Hazel untuk mengencangkan kulit wajah, termasuk mata bengkak.

6. Mengatasi wasir

Selain untuk kulit, Witch Hazel juga dipercaya dapat mengatasi wasir. Oleskan kain atau kapas yang direndam bersama Witch Hazel pada area yang terkena.

7. Mengurangi sensitivitas kulit kepala

Minyak Witch Hazel dapat membantu mengobati kepekaan kulit kepala dan meredakan gejala seperti gatal dan rasa nyeri.

8. Menangkal infeksi

Witch Hazel dapat memerangi beberapa jenis infeksi virus seperti influenza A dan human papillomavirus (HPV).

9. Mencegah penyebaran sel kanker kulit

Witch Hazel dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan dan mencegah penyebaran sel kanker kulit.

10. Mengatasi sakit tenggorokan

Witch Hazel dapat mengurangi peradangan dan digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan.

Itulah beberapa manfaat Witch Hazel yang berguna bagi kesehatan. Selamat mencoba.

About The Author

Berapa Lama Kita Harus Tidur agar Sehat?

Proses Pembentukan Urine dan Sistem Saluran Kemih