Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Penyebab dan Cara Mengobati Rematik

Myles Bannister

Rematik atau rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang membuat sistem kekebalan tubuh menyerang persendian dan jaringan tubuh lainnya. Penyebab pasti rematik belum diketahui, tetapi faktor genetik, imunitas abnormal, lingkungan, dan hormon dapat mempengaruhinya.

Penyebab Rematik

Rematik disebabkan oleh respon sistem kekebalan tubuh yang tidak normal, yang menyerang dan menyebabkan peradangan pada persendian. Peradangan ini dapat merusak jaringan ikat dan menyebabkan rasa sakit pada persendian. Beberapa orang mungkin memiliki faktor genetik yang membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit ini. Selain itu, paparan bakteri atau virus tertentu juga dapat memicu rematik.

Faktor Risiko Rematik

Faktor-faktor yang meningkatkan risiko rematik antara lain jenis kelamin (wanita lebih rentan), usia (paling sering terjadi pada usia 40-an), riwayat keluarga, merokok, obesitas, paparan bakteri dan infeksi virus, trauma atau cedera, kondisi lingkungan.

Penyebab Rematik di Usia Muda

Rematik juga dapat mempengaruhi orang dewasa muda meskipun lebih umum terjadi pada usia paruh baya. Faktor risiko yang sama seperti pada orang tua juga berlaku untuk rematik pada orang dewasa muda. Namun, pengobatan yang agresif pada orang muda dapat memberikan hasil yang lebih baik.

Pengobatan Rematik

Rematik tidak memiliki obat yang menyembuhkan, tetapi berbagai obat dan terapi dapat membantu mengurangi gejala dan memperlambat perkembangan penyakit. Beberapa jenis obat yang digunakan termasuk NSAIDs, steroid, DMARDs, dan biologic agents. Terapi fisik juga dapat membantu menjaga fleksibilitas sendi, sementara operasi mungkin diperlukan dalam kasus-kasus tertentu.

Referensi

  1. Mayo Clinic: Rheumatoid arthritis
  2. Cleveland Clinic: Rheumatoid Arthritis
  3. Cleveland Clinic: How Rheumatoid Arthritis Affects Young Adults
  4. Healthline: Everything You Want to Know About Rheumatoid Arthritis
  5. WebMD: Rheumatoid Arthritis (RA) Causes and Risk Factors
  6. WebMD: Young Adults Living With RA
  7. Medical News Today: What is rheumatoid arthritis?

About The Author

10 Tips Agar Tidak Mudah Ngantuk saat Puasa (Terbukti Efektif)

Bactesyn – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping