Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

7 Cara Mencuci Bra Agar Tidak Mudah Rusak

Myles Bannister

Cara mencuci bra yang benar tidak boleh disepelekan begitu saja. Dengan memperhatikan hal ini, fungsi bra sebagai penopang payudara bisa optimal. Berikut adalah tips mencuci bra yang baik dan benar!

Cara Mencuci Bra yang Benar

Mengganti bra sebaiknya dilakukan secara rutin karena bra rentan menyerap kotoran, keringat, dan minyak. Namun, tidak ada penelitian ilmiah yang menjelaskan seberapa sering Anda harus mengganti bra yang digunakan. Seorang dermatologis Alok Vij, MD menyarankan untuk mencucinya setiap dua atau tiga kali pemakaian.

Selain rutin mencuci bra, ada beberapa cara mencuci bra yang perlu diperhatikan:

1. Pisahkan dengan pakaian kotor yang lain

Pastikan Anda memisahkan bra dengan pakaian kotor lainnya. Jika digabungkan, dikhawatirkan pengait bra akan tersangkut dengan pakaian lain dan menyebabkan kerusakan pada bra.

Jika ingin mencucinya bersama-sama, pastikan Anda memasangkan terlebih dahulu pengait bra. Hal ini akan memudahkan Anda mencuci karena mencegah bra tersangkut dengan pakaian lain.

2. Rendam dengan air sesuai kebutuhan

Penting untuk memperhatikan suhu air saat mencuci bra. Penggunaan air hangat dapat membantu menghilangkan noda, tetapi dapat menurunkan elastisitas bra. Jika bra cukup kotor, gunakan air hangat untuk merendamnya. Jika tidak, gunakan air bersuhu dingin atau biasa.

3. Cuci menggunakan tangan

Cara terbaik untuk mencuci bra adalah dengan menggunakan tangan, terutama jika bra yang Anda miliki berenda dan berkawat. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan wadah berisi air yang telah dicampur detergen untuk merendam bra kotor. Biarkan bra terendam selama sekitar 15 menit, sikat bagian yang kotor, lalu bilas dengan air dingin.

4. Pakai keranjang cuci khusus jika menggunakan mesin cuci

Jika lebih memilih untuk mencuci menggunakan mesin cuci, lakukan beberapa tips untuk mencegah kerusakan bra. Pastikan bra dicuci secara terpisah dengan pakaian lain. Gunakan mode rendah saat mencuci bra menggunakan mesin cuci.

5. Gunakan detergen yang cukup

Detergen akan membantu mengangkat noda dan kotoran dari bra secara efektif. Pastikan untuk menggunakan detergen dengan takaran yang sesuai dan hindari penggunaan detergen secara berlebihan.

6. Hindari menggunakan pengering

Hindari menggunakan pengering seperti pengering rambut karena gerakan kasar dari alat tersebut dapat merusak bentuk bra. Sebaiknya, jemur bra hingga kering tanpa menggunakan bantuan apa pun.

7. Jemur bra sampai kering

Biarkan bra menjemur hingga kering tanpa menggunakan bantuan apa pun. Anda dapat menjemur bra di tempat yang terkena sinar matahari atau di tempat teduh yang berangin.

Demikianlah beberapa cara untuk mencuci bra yang baik. Perhatikan perawatan pakaian dalam Anda sehingga dapat berfungsi secara optimal. Semoga bermanfaat!

About The Author

Diet Alkaline: Manfaat, Cara, Menu Makanan, dll

Spasmofilia: Gejala, Penyebab, Diagnosis, Pengobatan