Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Bolehkah Makan Pisang saat Perut Masih Kosong? Cek Faktanya

Myles Bannister

Tidak sedikit orang makan pisang saat perut kosong sebagai alternatif sarapan pagi. Namun, beberapa orang bertanya-tanya, apakah makan hanya pisang saat perut masih kosong diperbolehkan? Temukan jawabannya di bawah ini!

Bolehkah Makan Pisang saat Perut Kosong?

Sarapan pagi sangat penting bagi kesehatan tubuh. Ahli gizi merekomendasikan sarapan pagi yang kaya nutrisi. Namun, terkadang kita tidak punya waktu untuk menyiapkan sarapan.

Karena praktis, pisang sering dijadikan makanan sarapan yang mudah ditemukan dan bisa dimakan di sela-sela kesibukan.

Pisang kaya nutrisi, tetapi makan pisang saat perut kosong, terutama di pagi hari, bisa menyebabkan ketidakseimbangan mineral dalam tubuh.

Ketidakseimbangan mineral dapat merugikan kesehatan organ kardiovaskular, yang merupakan kondisi gangguan pada jantung dan pembuluh darah.

Oleh karena itu, tidak disarankan hanya mengonsumsi pisang sebagai sarapan pagi.

Akibat Makan Pisang saat Perut Kosong

Pisang mengandung karbohidrat dan gula alami yang bisa menjadi sumber energi tubuh. Beberapa kandungan lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh adalah tryptophan, potasium, magnesium, serat, vitamin B, vitamin C, zat besi, dan vitamin B6.

Namun, jika hanya makan pisang saat perut kosong, kandungan gula yang tinggi dalam pisang dapat menyebabkan lonjakan kadar glukosa dalam darah. Hal ini akan meningkatkan produksi insulin dan membuat energi cepat habis.

Meski pisang bisa membuat perut kenyang, tetapi hanya mengonsumsinya saat perut kosong akan membuat tubuh lebih mudah lelah dan mengantuk.

Meski demikian, mengonsumsi pisang saat sarapan pagi diperbolehkan. Hanya saja, pisang dapat dijadikan makanan pendamping dengan makanan sarapan lainnya. Misalnya, bisa dikonsumsi bersama oatmeal yang kaya serat dan baik untuk kesehatan tubuh.

Cara Makan Pisang yang Tepat saat Perut Kosong

Karena tidak disarankan hanya makan pisang sebagai sarapan, sebaiknya campurkan pisang dengan makanan sehat lainnya.

Anda bisa mencampur pisang dengan yoghurt, selai kacang, sereal, apel, gandum, dan buah kering lainnya untuk memperoleh manfaat maksimal. Ini akan membantu menetralkan keasaman dan mengurangi lonjakan gula. Sehingga tubuh tetap terlindungi dari peningkatan insulin.

Dengan menyeimbangkan konsumsi pisang dengan makanan lain, perut akan tetap kenyang hingga waktu makan siang.

Pisang memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi dengan cara yang benar. Setelah mengetahui cara yang tepat untuk makan pisang, Anda dapat memanfaatkannya secara optimal.

Berikut adalah beberapa pilihan cara mengonsumsi pisang sebagai sarapan, antara lain:

  • Banana oatmeal cookies. Menu sarapan sehat dan lezat ini akan membantu mengembalikan energi untuk memulai hari. Campurkan oat, pisang, mentega kacang mentah, dan sirup maple untuk mendapatkan sarapan yang enak.
  • Sereal pisang berry. Ini adalah sarapan pisang yang mudah dibuat. Campurkan buah beri, pisang potong kecil, dan susu skim untuk mendapatkan sarapan sehat yang pas.
  • Chocolate banana smoothie. Smoothie merupakan pilihan sehat lain untuk sarapan. Campurkan pisang, susu kacang, dan sedikit bubuk kakao untuk menciptakan rasa yang kaya. Blender hingga lembut. Selain enak, smoothie ini juga membuat kenyang dan sehat.

Jika Anda masih ragu mengonsumsi pisang sebagai sarapan, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli gizi tentang kondisi Anda dan manfaatnya untuk tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat!

Referensi

  1. Anonim. 2021. Can You Eat Bananas on Empty Stomach?. https://medicaldarpan.com/eating-banana-on-empty-stomach/. (Diakses pada 15 Juni 2022)
  2. Link, Rachael. 2021. Is Eating a Banana for Breakfast Healthy?. https://www.healthline.com/nutrition/banana-for-breakfast. (Diakses pada 15 Juni 2022)
  3. Rana, Sarika. 2021. Should We Or Shouldn’t We Eat Bananas On An Empty Stomach?. https://food.ndtv.com/food-drinks/should-we-or-shouldnt-we-eat-bananas-on-an-empty-stomach-1677842. (Diakses pada 15 Juni 2022)

About The Author

6 Enzim Pencernaan dan Fungsinya

7 Penyebab Bercak Putih pada Kulit dan Cara Mengatasinya