Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat Teh Lavender: Khasiat dan Efek Sampingnya

Myles Bannister

Teh lavender memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kandungannya begitu kaya. Selain mengatasi gangguan kegelisahan, kelelahan, dan stres, teh lavender juga membantu menyembuhkan insomnia. Berikut ini adalah beberapa manfaat teh lavender:

Kandungan Nutrisi Teh Lavender

Teh lavender mengandung nutrisi alami yang baik untuk kesehatan, seperti kalsium, vitamin, zat besi, senyawa fenolik, linalool, rendah kalori, rendah lemak, dan rendah kolesterol.

Meskipun demikian, masih perlu penelitian lebih lanjut mengenai kandungan nutrisi lain yang mungkin terdapat dalam bunga lavender.

Selain menjadi teh, lavender juga dapat diolah menjadi obat herbal atau minyak esensial untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Teh Lavender bagi Kesehatan

Teh lavender telah digunakan sejak lama sebagai teh herbal untuk menyembuhkan banyak penyakit seperti depresi, insomnia, kelelahan, dan kecemasan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat teh lavender:

1. Bagus untuk Kesehatan Kulit

Teh lavender dan ekstraknya memiliki efek antiinflamasi dan antibakteri yang baik untuk mengatasi gangguan kulit seperti jerawat, luka, dan psoriasis. Selain itu, lavender juga membantu menyembuhkan luka kulit lebih cepat.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Teh dan minyak lavender dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Lavender memiliki efek aromaterapi alami yang dapat menenangkan perasaan dan merangsang tidur nyenyak.

3. Memperbaiki Suasana Hati

Lavender dapat merangsang aktivitas otak yang bertugas mengatur suasana hati, sehingga dapat mengurangi kelelahan dan depresi.

4. Mengatasi Nyeri Menstruasi

Teh lavender dapat mengurangi nyeri menstruasi dan menenangkan perut serta perasaan.

5. Mengatasi Luka

Lavender memiliki efek akselerasi pada penyembuhan luka dan dapat membantu membalut luka kulit.

6. Mengatasi Gangguan Kecemasan

Teh lavender dapat mengatasi gangguan kecemasan dan stres dengan merangsang neurotransmitter di otak untuk menenangkan dan menyeimbangkan hormon stres.

7. Menjaga Sistem Pencernaan

Teh lavender dapat mengurangi peradangan, merangsang pencernaan, dan meningkatkan penyerapan mineral di usus.

8. Mengatasi Inflamasi

Teh lavender dapat mengurangi gejala peradangan pada tubuh seperti nyeri, radang sendi, demam, atau sakit kepala.

9. Aromaterapi

Minum teh lavender secara teratur dapat membantu merasa tenang dan rileks setelah aktivitas yang melelahkan.

10. Menenangkan Nyeri Pascaoperasi

Teh lavender dapat menenangkan pasien pascaoperasi dan mengurangi rasa sakit setelah operasi.

Efek Samping Teh Lavender

Tidak ada laporan efek samping minum teh lavender secara umum. Namun, sebaiknya berhati-hati jika Anda memiliki alergi terhadap beberapa jenis bunga seperti ragweed, krisan, marigold, dan aster.

Apabila Anda sedang mengonsumsi obat pengencer darah seperti warfarin, sebaiknya tidak minum teh lavender karena dapat meningkatkan sifat antikoagulan obat tersebut.

Jadi, manfaat teh lavender tidak hanya baik untuk kesehatan kulit dan kualitas tidur, tetapi juga dapat memperbaiki suasana hati, mengatasi nyeri menstruasi, luka, gangguan kecemasan, masalah pencernaan, peradangan, serta memberikan efek menenangkan dan meredakan nyeri pascaoperasi.

Referensi

  1. Digital Welt. 2020. Organic Lavender Tea. Health Benefits, Side Effects & Recipes. https://www.digitalwelt.org/en/lifestyle/herbs/lavender-tea-health-benefits-side-effects-recipes. (Diakses pada 1 Agustus 2020).
  2. Eat This Much. 2020. Lavender, Organic. https://www.eatthismuch.com/food/nutrition/lavender-organic,2340094/. (Diakses pada 1 Agustus 2020).
  3. Nordqvist, Joseph. 2019. What are the health benefits and risk of lavender?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/265922. (Diakses pada 1 Agustus 2020).
  4. Streit, Lizzie, MS, RDN, LD. 2020. 4 Benefits and Uses of Lavender Tea and Extracts. https://www.healthline.com/nutrition/lavender-tea-benefits#1. (Diakses pada 1 Agustus 2020).
  5. Staughton, John (BASc, BFA). 2020. Lavender Tea: Benefits, Recipe & Side Effects. https://www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/lavender-tea.html. (Diakses pada 1 Agustus 2020).
  6. WebMD. 2020. Lavender. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-838/lavender. (Diakses pada 1 Agustus 2020).

About The Author

Cilostazol: Dosis, Indikasi, Efek Samping, & Peringatan

Primary Biliary Cirrhosis: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dll