Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

7 Cara Mengatasi Kecanduan Media Sosial

Myles Bannister

Bagaimana cara mengatasi kecanduan media sosial? Penggunaan media sosial semakin tinggi dimana orang-orang selalu menatap ponsel dan laptop mereka untuk mengirim status, mengunggah gambar, dll. Meskipun banyak manfaatnya, namun media sosial dapat menyebabkan kecanduan. Ketahui gejala, efek, cara mengatasi ketergantungan media sosial, dll

Efek Sosial Media bagi Kesehatan Mental

Media sosial memiliki banyak manfaat seperti wadah untuk berekspresi, berkomunikasi, membangun komunitas, dan menjalankan bisnis secara online, namun penggunaannya juga memiliki dampak negatif bagi kesehatan mental.

Survei dari Royal Society of Public Health dan Young Health Movement mengungkapkan bahwa media sosial dapat memicu masalah-masalah seperti perundungan siber, depresi, kecemasan, perasaan kesepian, intimidasi, gangguan tidur, dan kecanduan.

Gejala Kecanduan Media Sosial

Tidak dapat dihindari bahwa kehidupan sekarang dipenuhi dengan aktivitas di media sosial. Studi menunjukkan bahwa rata-rata orang dewasa menghabiskan sekitar lima setengah jam menggunakan sosial media atau setara dengan 12 hari penuh per tahun.

Gejala kecanduan media sosial meliputi:

  • Melihat sosial media sebelum atau setelah bangun tidur.
  • Menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain media sosial.
  • Terus-menerus mengecek berbagai platform media sosial.
  • Mengambil dan mengunggah foto apapun dimanapun.
  • Mempublikasikan status, berita, atau kejadian.
  • Imajinasi mendapat notifikasi dari akun media sosial.
  • Melakukan banyak aktivitas di media sosial.
  • Merasa haus akan suka, komen, dan pujian.
  • Merasa panik, pusing, atau tidak nyaman saat tidak mendapatkan akses internet.

Ciri-ciri kecanduan media sosial lainnya adalah saat aktivitas di media sosial mengganggu kehidupan dan aktivitas di dunia nyata.

Cara Mengatasi Kecanduan Media Sosial

Kecanduan media sosial adalah perilaku kompulsif atau perilaku berulang yang tidak tertahankan dan dilakukan tanpa disadari. Perilaku ini umumnya dijadikan alat untuk mengurangi kecemasan namun memiliki efek negatif, termasuk kecanduan media sosial.

Kemudahan di media sosial dan perkembangan teknologi berpengaruh pada cara hidup banyak orang. Banyak yang tidak bisa lepas dari media sosial hingga kebiasaan tersebut berakibat negatif pada keseharian dan hubungan dengan orang lain.

Tidak ada cara instan untuk mengatasi kecanduan media sosial, namun ada beberapa cara yang dapat dicoba, yaitu:

1. Cari Tahu Penyebab Kecanduan Media Sosial Anda

Mempertimbangkan alasan di balik kecanduan media sosial Anda dapat membantu Anda menemukan strategi untuk berhenti. Beberapa alasan umum adalah merasa bosan, stres, atau ingin menjadi pusat perhatian.

2. Matikan Notifikasi

Mematikan notifikasi dapat menghentikan hasrat untuk membuka media sosial dan meningkatkan konsentrasi pada kegiatan lain.

3. Batasi Waktu Menggunakan Media Sosial

Mengurangi durasi penggunaan media sosial adalah langkah penting untuk mengatasi kecanduan. Gunakan fitur screen time atau atur aturan untuk diri sendiri.

4. Temukan Alternatif Kegiatan Lain

Temukan kegiatan bermanfaat lainnya saat merasa bosan, lelah, atau stres. Berolahraga, memasak, atau berkomunikasi langsung dengan orang-orang di sekitar bisa menjadi alternatif yang lebih sehat.

5. Batasi Penggunaan Perangkat Seluler

Hindari membawa ponsel ke tempat tidur atau menggunakan ponsel saat berinteraksi dengan orang lain atau di tempat umum. Berinteraksi dengan lingkungan sekitar dapat mengurangi ketergantungan media sosial.

6. Hapus Akun Media Sosial

Menghapus akun media sosial dapat menjadi cara efektif menghentikan kecanduan. Mencari kegiatan lain yang lebih berharga akan mengisi waktu luang Anda.

7. Detoks Media Sosial

Detoks media sosial adalah upaya untuk tidak menggunakan media sosial dalam jangka waktu tertentu. Dukungan dari keluarga dan teman juga penting dalam melakukan detoks ini.

Itulah beberapa tips mengatasi kecanduan media sosial. Gunakan media sosial dengan bijaksana dan minta bantuan jika kecanduan telah mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Referensi

  1. Avison, Phoebe. 2016. 7 Ways To Stop Your Social Media Addiction. https://www.bustle.com/articles/144893-7-ways-to-stop-your-social-media-addiction. (Diakses pada 31 Januari 2020).
  2. Bentley, Carey. 2018. Five Steps To Break Your Social Media Addiction. https://www.forbes.com/sites/forbescoachescouncil/2018/05/02/five-steps-to-break-your-social-media-addiction/#11c542fc38be. (Diakses pada 31 Januari 2020).
  3. Castello, Simone. 2020. Digital Detox: 10 Surprisingly Easy Ways to Kick Social Media Addiction. https://www.readersdigest.ca/health/healthy-living/social-media-addiction/. (Diakses pada 31 Januari 2020).
  4. Zhukova, Anya. 2018. 7 Negative Effects of Social Media on People and Users. https://www.makeuseof.com/tag/negative-effects-social-media/. (Diakses pada 31 Januari 2020).

About The Author

10 Cara Menghilangkan Batuk saat Puasa (Mudah dan Efektif)

7 Gejala Asam Urat Ini Sering Disepelekan