Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Cara Mencukur Bulu Ketiak yang Benar

Myles Bannister

Mencukur bulu ketiak sejatinya bisa dilakukan dengan metode waxing. Metode ini efektif untuk mencabut bulu ketiak secara cepat, tapi harus dilakukan di pusat perawatan tubuh. Mencukur bulu ketiak secara mandiri juga bisa dilakukan selama Anda tahu caranya. Nah, berikut ini cara mencukur bulu ketiak yang bisa diterapkan di rumah.

1. Gunakan Pisau Cukur yang Tepat

Pilihlah pisau cukur yang tajam dan bersih untuk menghindari iritasi kulit ketiak. Jika menggunakan pisau cukur sekali pakai, risiko kulit ketiak terkelupas akan lebih besar, karena tekanan yang diberikan saat mencukur bulu ketiak.

Anda juga bisa menggunakan pisau cukur elektrik yang lebih efisien.

2. Mengganti Pisau Cukur Secara Berkala

Rajinlah mengganti pisau cukur setelah pemakaian tertentu. Jangan gunakan pisau yang sudah tumpul atau kotor karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit ketiak.

Selalu bersihkan pisau dengan air hangat dan sabun setelah digunakan, kemudian simpan di tempat yang kering agar tidak ada bakteri yang tumbuh.

3. Bersihkan Ketiak Terlebih Dahulu

Sebelum mencukur bulu ketiak, bersihkan kulit ketiak terlebih dahulu dengan merendamnya dalam air hangat dan mengusapnya dengan sabun atau scrub. Setelah itu, bilas dengan air dan keringkan sebelum mencukur bulu.

4. Gunakan Krim Cukur

Gunakan krim cukur untuk menjaga kulit ketiak tetap lembap dan mengurangi risiko iritasi. Krim ini juga melicinkan kulit sehingga bulu lebih mudah dicukur.

5. Cukur ke Segala Arah

Mencukur bulu ketiak dilakukan dengan mengarahkan pisau cukur ke segala arah, dari atas, bawah, kanan, dan kiri. Lakukan dengan hati-hati agar tidak menyayat kulit ketiak dan menyebabkan iritasi.

6. Keringkan dan Oleskan After Shave Cream

Setelah mencukur bulu ketiak, bersihkan dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Oleskan juga after shave cream untuk menjaga kulit tetap lembut dan mencegah iritasi.

7. Rutin Menggunakan Deodoran

Gunakan deodoran untuk menjaga kulit ketiak tetap kering dan harum. Gunakan pakaian yang longgar dan mudah menyerap keringat untuk mencegah iritasi pada kulit ketiak.

Manfaat Mencukur Bulu Ketiak

Mencukur bulu ketiak memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

  • Meningkatkan penampilan
  • Mencegah berkembangnya bakteri
  • Mencegah bau badan

Cara Aman Mencukur Bulu Ketiak

Selain mencukur dengan benar, juga perhatikan beberapa tips agar aman :

  • Gunakan pisau cukur yang tajam dan bersih
  • Gunakan after-shave cream yang mengandung gliserol dan minyak esensial
  • Rajin menggunakan deodoran untuk menjaga kulit tetap kering

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!

Referensi

  1. Conlin, F. The Right Way to Shave Your Armpits, According to a Dermatologist. https://www.birchbox.com/magazine/article/how-to-shave-armpits (Diakses pada 21 Februari 2020)
  2. Oliver, D. Shaving Your Armpits: How To Tell If You’re Doing It Wrong. https://www.huffpost.com/entry/shaving-your-armpits_n_3310144 (Diakses pada 21 Februari 2020)
  3. Romanowski, S. How to Shave Without Irritation. https://www.self.com/story/how-to-reduce-underarm-irritat (Diakses pada 21 Februari 2020)

About The Author

Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 16 Minggu

Manfaat Melakukan Foreplay sebelum Berhubungan Intim