Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

10 Manfaat Salmon Sashimi untuk Kesehatan

Myles Bannister

Salmon adalah jenis ikan yang enak dan menyehatkan. Pada tahun 2017, salmon menjadi spesies laut yang paling bernilai. Salmon seringkali disajikan mentah atau sebagai sashimi, makanan khas Jepang. Berikut ini adalah manfaat salmon sashimi untuk kesehatan:

Manfaat Salmon Sashimi untuk Kesehatan

Makan ikan mentah menjadi kebiasaan di banyak negara dan budaya, termasuk di perkotaan. Berikut ini adalah manfaat salmon sashimi mentah untuk kesehatan:

1. Menurunkan berat badan

Salmon mengandung protein tinggi yang menahan rasa lapar berlebihan. Protein tersebut berkualitas tinggi dan membantu tubuh membangun dan memperbaiki jaringan. Salmon mentah cocok untuk diet dan membangun massa otot.

2. Mengurangi risiko depresi dan kecemasan

Salmon mengandung asam lemak Omega 3 yang mencegah depresi dan kecemasan. Nutrisi yang cukup membantu otak melawan faktor penyebab depresi dan kecemasan.

3. Mencegah kerusakan sel

Salmon mentah mengandung antioksidan mineral selenium yang membantu mencegah kerusakan sel dan memperbaiki jaringan dalam tubuh. Dengan sel yang sehat, tubuh tetap sehat dan bugar.

4. Mengurangi risiko kanker

Salmon kaya akan vitamin dan mineral seperti staxanthin, kolin, niacin, vitamin B6, vitamin D, selenium, CoQ10, dan omega-3 ganda. Semua ini dapat mengurangi risiko kanker prostat dan kanker payudara.

5. Mengurangi konsumsi bahan kimia

Salmon mentah disajikan segar tanpa pengolahan. Dengan mengkonsumsi salmon mentah, Anda mengurangi paparan bahan kimia dari proses memasak.

Ketika makan di luar, risiko mengkonsumsi bahan kimia tinggi. Salmon mentah tidak perlu bahan tambahan untuk disajikan, jadi lebih sehat.

6. Sumber vitamin D

Vitamin D dalam salmon sangat tinggi. Vitamin D menjaga keseimbangan kalsium dan fosfor dalam tulang.

7. Sumber asam lemak Omega 3

Salmon mentah adalah sumber terbaik asam lemak omega 3 yang mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengurangi peradangan pada sendi dan pembuluh darah.

8. Meningkatkan kinerja otak

Salmon mentah mengandung DHA tinggi yang membantu perkembangan dan fungsi otak, baik untuk bayi maupun orang dewasa.

9. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengkonsumsi lemak ikan dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Salah satunya adalah minyak ikan salmon yang menyehatkan jantung dan sirkulasi darah.

10. Sumber vitamin B

Salmon mengandung banyak vitamin B yang membuat tubuh semangat, meningkatkan daya ingat, dan menjaga suasana hati positif. Vitamin B juga meningkatkan kadar hormon testosteron pada pria.

Kandungan vitamin B dalam 350 gram salmon mentah:

  • Vitamin B1: 18%
  • Vitamin B2: 29%
  • Vitamin B3: 50%
  • Vitamin B5: 19%
  • Vitamin B6: 47%
  • Vitamin B9: 7%
  • Vitamin B12: 51%

Itulah beberapa manfaat salmon sashimi yang kaya nutrisi. Namun, perlu memperhatikan kualitas salmon dan membatasi konsumsinya. American Heart Association merekomendasikan batasan konsumsi makanan laut sebanyak 12 ons (340 gram) per minggu untuk jenis ikan rendah merkuri.

Cara Menilai Kualitas Salmon Segar yang Baik

Untuk memastikan kesegaran salmon mentah, lakukan hal berikut:

  • Cium baunya. Jika tidak amis atau asin, salmon masih segar.
  • Sashimi salmon yang segar berkilauan.
  • Daging salmon segar berwarna cerah, tidak pucat.
  • Tusuk daging salmon sedikit, jika bisa kembali ke bentuk semula, daging tersebut segar.

Itu tadi manfaat sashimi salmon untuk kesehatan. Pilihlah salmon berkualitas tinggi yang tidak ditangkap dengan bahan kimia agar mendapatkan manfaat terbaik.

Referensi

About The Author

9 Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan

Manfaat Pohon Sengon (Paling Lengkap)