Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Kemampuan Pisang dalam Menurunkan Berat Badan

Myles Bannister

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan seseorang untuk menurunkan berat badan. Beberapa orang menggunakan obat-obatan dengan risiko dan bahaya tertentu. Namun, ada juga yang memilih untuk mengonsumsi buah-buahan tertentu, seperti pisang, yang diklaim dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

Apakah Pisang Memiliki Kemampuan dalam Menurunkan Berat Badan?

Dalam beberapa penelitian, ditemukan bahwa mengonsumsi pisang yang matang terkait dengan penurunan berat badan. Sebuah pisang ukuran sedang mengandung sekitar 3 gram serat yang dapat membuat seseorang merasa kenyang dan tidak makan terlalu banyak setelahnya.

Berikut adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan terkait pisang dan perannya dalam mengendalikan berat badan.

  • Serat dalam pisang cukup banyak, mencapai sekitar 12,5% dari kebutuhan serat harian dalam satu pisang ukuran sedang. Dengan mengonsumsi 3-4 pisang, setengah kebutuhan serat harian dapat terpenuhi dengan cepat.
  • Banyak serat dapat membuat seseorang merasa kenyang daripada makan karbohidrat sederhana seperti nasi. Serat dapat mencegah makan berlebihan dan mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi tubuh, yang akhirnya dapat diubah menjadi lemak.
  • Serat dalam pisang dapat mencegah kenaikan gula darah yang cepat. Meskipun pisang mengandung gula, penyerapannya terjadi secara perlahan. Berbeda dengan nasi yang dapat memicu produksi insulin yang lebih banyak agar gula darah segera diolah.
  • Beberapa studi menunjukkan bahwa penambahan 14 gram serat per hari dapat mengakibatkan tubuh mengalami defisit energi sekitar 10% dari total energi tubuh. Dalam waktu 4 bulan, ini dapat menyebabkan penurunan berat badan sekitar 2 kilogram. Dengan hanya mengonsumsi 3-4 pisang, Anda dapat turun 0,5 kg tanpa berolahraga.
  • Serat dalam pisang tidak hanya dapat mencegah peningkatan berat badan dan mengontrol gula darah, tetapi juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan memelihara kesehatan pembuluh darah.
  • Pisang juga memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah kanker kolon.

Manfaat Lain dari Mengonsumsi Pisang

Di samping manfaat penting yang telah disebutkan di atas, pisang juga mengandung banyak mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin, manfaat berikut dapat diperoleh:

  • Pisang mengandung banyak kalium. Sebagai salah satu buah yang kaya kalium, pisang bermanfaat untuk menurunkan hipertensi. Tekanan darah dalam tubuh akan lebih stabil. Hal ini juga dapat mencegah gangguan jantung, stroke, dan kerusakan ginjal.
  • Pisang juga mengandung magnesium yang cukup banyak. Magnesium bermanfaat dalam produksi energi, menjaga kesehatan sistem saraf, dan menurunkan kadar gula darah. Flavonoid dalam pisang juga dapat mencegah resistensi insulin. Dengan kemampuannya ini, pisang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes sebagai camilan sebanyak 1-2 buah.
  • Pisang memberikan energi yang tinggi. Karena energi yang tinggi ini, pisang dapat digunakan sebagai pengganjal perut, camilan, dan makanan sahur saat berpuasa.

Tingkat Kematangan Pisang

Jika Anda memiliki diabetes, mengonsumsi buah yang manis seperti pisang sebaiknya dengan pembatasan. Pisang yang matang memiliki indeks glikemik (IG) sekitar 51, sedangkan pisang yang belum matang memiliki IG sekitar 30.

Mengonsumsi pisang yang sudah matang tidak menjadi masalah selama Anda tidak memiliki batasan terhadap asupan gula berlebih. Namun, setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda, sehingga sebaiknya mencoba secara bertahap dan mengamati reaksi tubuh.

Cara Mengonsumsi Pisang dengan Benar

Pisang dapat digunakan dalam program penurunan berat badan, tetapi tidak hanya itu. Kombinasi dengan bahan lain dapat meningkatkan manfaatnya. Selain itu, penting juga untuk mengetahui kapan harus mengonsumsinya.

  • Gunakan pisang sebagai sarapan yang sehat. Anda dapat mengonsumsi pisang sebagai sumber karbohidrat kompleks, serta mengombinasikannya dengan protein lain seperti susu atau telur rebus.
  • Jika bosan dengan pisang mentah, Anda dapat membuat pancake. Campurkan pisang dengan telur atau bahan lainnya, lalu goreng dan makan dengan tambahan krim atau madu.
  • Bawa pisang sebagai camilan saat bepergian. Jika merasa lapar di antara waktu makan siang atau makan malam, pisang dapat membuat Anda merasa kenyang sementara atau sebagai pengganjal perut.
  • Pisang juga dapat diolah menjadi smoothies atau es krim karena teksturnya yang lembut dan rasa alaminya yang sudah manis.
  • Beberapa orang mengonsumsi pisang mentah atau jenis plantain. Pisang jenis ini umumnya tinggi karbohidrat dan sering digunakan sebagai pengganti nasi.

Inilah beberapa cara yang tepat mengonsumsi pisang dalam diet dan program penurunan berat badan. Pisang bukan satu-satunya buah yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Apel, stroberi, pir, dan buah berserat lainnya juga dapat dijadikan camilan sehat.

Mengonsumsi pisang saja tidak akan membuat Anda langsung kurus dengan cepat. Jika pola makan Anda masih tidak teratur, kemungkinan besar Anda akan kesulitan menurunkan berat badan. Selain itu, jika Anda tidak aktif dan enggan berolahraga secara rutin, proses penurunan berat badan juga akan sulit. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Sumber:

  1. West, Helen. 2016. Are Bananas Fattening or Weight Loss Friendly?. https://www.healthline.com/nutrition/bananas-and-weight. (Diakses pada 22 Januari 2020)
  2. Sissons, Beth. 2019. Can bananas help you lose weight?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325879.php. (Diakses pada 22 Januari 2020)

About The Author

Penyakit Huntington: Gejala, Penyebab, Pengobatan

Queen Bee Syndrome: Pengertian, Ciri-Ciri, Dampak, dan Cara Mengatasi