Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Penyebab Sakit Kepala saat Haid dan Cara Mengatasinya

Myles Bannister

Saat mengalami premenstrual syndrome (PMS), wanita sering mengalami gangguan tubuh. Salah satu gejala yang banyak dikeluhkan adalah sakit kepala. Kenali penyebab dan cara mengatasi sakit kepala saat menstruasi di sini.

Penyebab Sakit Kepala saat Menstruasi

Sakit kepala rentan dialami wanita saat menstruasi atau haid. Namun, tidak semua wanita mengalaminya. Beberapa kemungkinan penyebab kondisi ini, di antaranya:

1. Perubahan Hormon

Sakit kepala dapat terjadi akibat perubahan hormon saat menstruasi. Hormon yang terlibat adalah estrogen dan progesteron.

Estrogen adalah hormon seks pada wanita. Sebelum menstruasi, hormon ini berada pada titik terendahnya. Saat mendekati menstruasi, hormon ini meningkat.

Sementara itu, progesteron adalah hormon penting lain di dalam tubuh wanita. Sama seperti estrogen, hormon ini jumlahnya sangat rendah sebelum menstruasi, namun meningkat saat menstruasi.

Perubahan hormon tersebut dianggap menyebabkan beberapa wanita mengalami sakit kepala saat menstruasi.

Rasa sakit bisa dirasakan menjelang, selama, atau setelah siklus menstruasi.

Tidak hanya selama menstruasi, sebagian wanita juga bisa mengalami sakit kepala menjelang menopause atau saat hamil.

2. Kekurangan Zat Besi

Selain perubahan hormon, sakit kepala juga bisa disebabkan oleh kadar zat besi yang rendah di dalam tubuh wanita.

Darah yang dikeluarkan selama menstruasi bisa membuat tubuh wanita kekurangan zat besi (anemia).

Kekurangan zat besi membuat sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh berkurang. Akibatnya, sakit kepala bisa muncul.

Cara Mengatasi Sakit Kepala saat Menstruasi

Umumnya, cara meredakan sakit kepala saat menstruasi sama seperti meredakan sakit kepala pada umumnya. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Kompres Dingin

Cara ini dapat mengurangi rasa nyeri pada kepala. Caranya cukup mudah, balut es dengan kain atau handuk, lalu letakkan pada area yang sakit.

2. Kelola Stres dengan Baik

Mengelola stres dengan baik adalah salah satu cara mengatasi sakit kepala saat menstruasi. Selain teknik relaksasi, Anda juga bisa melakukan kegiatan menyenangkan untuk mengatasi stres.

Rutin berolahraga, menghabiskan waktu di luar ruangan, dan meditasi adalah beberapa cara lain yang dapat membantu mengelola stres.

3. Biofeedback

Biofeedback adalah serangkaian teknik untuk membantu tubuh merespons situasi stres. Teknik ini membantu Anda mengendalikan fungsi tubuh, seperti denyut nadi dan suhu tubuh.

Saat menjalani terapi ini, terapis akan membantu Anda mengendalikan fungsi tubuh tersebut.

3. Batasi Konsumsi Makanan Tertentu

Makanan juga dapat berkontribusi pada perburukan gejala sakit kepala. Untuk mereda sakit kepala, perhatikan apa yang Anda konsumsi.

Makanan tinggi garam adalah makanan yang perlu dihindari saat mengalami sakit kepala saat menstruasi.

Selain itu, beberapa makanan yang dapat memperparah kondisi adalah:

  • Alkohol.
  • Pizza .
  • Kacang tanah, selai kacang, almond, dan berbagai produk kacang-kacangan lainnya.
  • Cokelat.
  • Makanan yang mengandung monosodium glutamat (MSG).

Meskipun penelitian masih diperlukan untuk membuktikan dampak negatifnya, sebaiknya batasi konsumsi makanan dan minuman di atas.

4. Gunakan Obat Pereda Nyeri

Obat pereda nyeri tanpa resep dokter dapat menjadi alternatif untuk meredakan sakit kepala saat menstruasi. Obat ini dapat meredakan nyeri dengan cepat dan membuat Anda merasa lebih nyaman.

Contoh obat yang umum digunakan untuk meredakan sakit kepala adalah obat antiinflamasi non-steroid (NSAID), seperti ibuprofen atau naproxen sodium.

Meskipun obat ini umum digunakan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi.

5. Akupunktur

Akupunktur adalah teknik pengobatan tradisional China yang melibatkan penusukan jarum pada titik-titik tertentu di tubuh.

Terapi ini membantu menjaga keseimbangan energi di dalam tubuh dan membuat tubuh menjadi nyaman.

Demikian penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasi sakit kepala saat menstruasi. Jika gejala memburuk, segera periksakan ke dokter.

Referensi

  1. Anonim. 2019. Headaches and Food. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/9648-headaches-and-food. (Diakses pada 6 Oktober 2022).
  2. Anonim. 2022. Headaches. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/9639-headaches. (Diakses pada 6 Oktober 2022).
  3. Anonim. 2020. Headaches and hormones: What’s the connection? https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/chronic-daily-headaches/in-depth/headaches/art-20046729. (Diakses pada 6 Oktober 2022).
  4. Anonim. 2022. Iron Deficiency Anemia. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/iron-deficiency-anemia/symptoms-causes/syc-20355034. (Diakses pada 6 Oktober 2022).
  5. Brazier, Yvette. 2022. How Does Acupuncture Work? https://www.medicalnewstoday.com/articles/156488. (Diakses pada 6 Oktober 2022).
  6. Higuera, Valencia. 2019. Why Do I Get A Headache During My Period? https://www.healthline.com/health/headache/headache-during-period. (Diakses pada 6 Oktober 2022).

About The Author

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Sulit Hamil Anak Kedua

Teh Pahit Bisa Mengatasi Diare, Mitos atau Fakta?