Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang dan Cara Mengobati

Myles Bannister

Sakit kepala adalah nyeri yang dirasakan pada mata, telinga, kepala bagian atas, dan leher bagian atas. Lokasi sakit kepala dapat menunjukkan penyebab yang berbeda.

Sakit kepala dapat disebabkan oleh gangguan pada struktur kepala seperti pembuluh darah, otot, dan saraf. Penyakit, situasi lingkungan, dan kondisi psikis juga dapat mempengaruhi sakit kepala.

Mengenali Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang

Sakit adalah cara tubuh memberi tahu Anda bahwa ada masalah dengan kesehatan Anda. Beberapa sakit kepala perlu mendapatkan perhatian khusus.

Berikut ini adalah beberapa penyebab sakit kepala bagian belakang yang perlu diketahui:

Yang disebabkan oleh aktivitas fisik

Sakit kepala bagian belakang juga bisa dipicu oleh aktivitas fisik seperti berlari atau mengencangkan otot perut saat buang air besar. Sakit kepala ini dapat terasa di bagian belakang mata atau di seluruh kepala. Sakit kepala ini biasanya berlangsung sekitar 20 menit. Meskipun umumnya tidak serius, sakit kepala ini dapat menunjukkan gangguan pembuluh darah pada otak.

Cedera atau ketegangan otot

Cedera pada leher atau kelelahan dapat memicu sakit kepala harian. Sakit kepala ini juga dapat disebabkan oleh tegangnya otot pada bagian belakang leher. Fisioterapi dan obat antidepresan dapat membantu meredakan sakit kepala ini.

Stres dan rasa lapar

Sakit kepala tegang dapat disebabkan oleh kurang tidur, stres, dan rasa lapar. Sakit kepala ini biasanya berlangsung selama 30 menit hingga beberapa hari. Pada umumnya, tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Neuralgia oksipital

Neuralgia oksipital disebabkan oleh gangguan saraf oksipital di sekitar pangkal leher sampai kepala. Sakit kepala ini memiliki gejala seperti migrain dan terasa seperti sengatan listrik pada kepala dan leher.

Neuralgia trigeminal

Neuralgia trigeminal disebabkan oleh pembuluh darah yang menekan saraf trigeminal. Sakit kepala ini dapat menyebabkan rasa sakit di sisi kanan kepala dan belakang kepala.

Migrain basilar

Migrain basilar terasa di arteri basilar dan dapat menyebabkan gangguan penglihatan, telinga berdenging, pusing, dan gangguan berbicara.

Penanganan Sakit Kepala Bagian Belakang

Pada beberapa kasus, sakit kepala bagian belakang tidak perlu dikhawatirkan. Beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit kepala ini adalah:

Istirahat dan relaksasi

Cari tempat yang tenang untuk beristirahat saat mengalami sakit kepala bagian belakang. Relaksasikan kepala dan pundak Anda.

Pemijatan dan peregangan

Mijit area yang sakit dengan lembut. Anda juga dapat meminta bantuan orang lain untuk memijit kepala, leher, dan pundak Anda. Lakukan peregangan sederhana pada otot-otot leher dan pundak.

Penuhi asupan cairan tubuh

Konsumsi cukup air untuk menjaga tubuh terhidrasi.

Jika sakit kepala berlangsung lebih dari lima belas hari, segera periksakan diri ke dokter. Mungkin ada masalah yang lebih serius seperti migrain.

About The Author

10 Penyebab Sariawan di Gusi dan Cara Mengatasinya

Amoxicillin: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping