Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

10 Manfaat Oat Milk (Susu Gandum), Nutrisi, dan Cara Membuatnya

Myles Bannister

Oat milk bisa dijadikan alternatif selain susu sapi, kambing, atau susu kedelai. Seberapa besar manfaat susu ini? Simak informasi lengkap mengenai susu oat, termasuk cara membuatnya berikut ini.

Oat Milk dan Kandungan Nutrisinya

Oat milk adalah susu yang terbuat dari oat, yakni salah satu jenis gandum. Oat juga diolah menjadi susu segar. Adanya oat milk atau susu gandum semakin menambah alternatif pilihan susu, terutama bagi yang vegan atau alergi terhadap susu sapi.

Untuk manfaat kesehatan, susu gandum tidak kalah dengan susu lainnya. Hal ini karena pada oat milk terkandung nutrisi penting. Setiap 1 gelas susu oat (240 ml) mengandung:

  • Kalori: 120 Kkal
  • Vitamin A: 18% dari total AKG harian
  • Vitamin B2: 46% dari total AKG harian
  • Vitamin B12: 50% dari total AKG harian
  • Vitamin D: 18% dari total AKG harian
  • Fosfor: 22% dari total AKG harian
  • Kalsium: 27% dari total AKG harian
  • Potasium: 6% dari total AKG harian
  • Zat besi: 2% dari total AKG harian
  • Serat: 2 gram
  • Lemak: 5 gram
  • Karbohidrat: 16 gram

Manfaat Oat Milk bagi Kesehatan

Lantas, apa saja manfaat susu gandum bagi kesehatan tubuh kita? Berikut informasinya.

1. Merawat Tulang

Manfaat susu gandum yang pertama adalah untuk merawat kesehatan dan kekuatan tulang. Alasannya sudah jelas, pada susu terkandung kalsium dan vitamin D.

Sebagaimana yang kita ketahui, tulang memerlukan asupan kalsium yang cukup agar senantiasa sehat dan kuat. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan tulang rentan terhadap masalah kesehatan seperti osteoporosis.

Sementara itu, vitamin D berperan dalam mengoptimalkan penyerapan kalsium oleh tubuh. Jadi, asupan kalsium akan percuma apabila tidak diimbangi dengan asupan vitamin D yang mencukupi.

2. Menurunkan Kolesterol

Oat milk apabila dikonsumsi secara rutin juga bisa membantu menurunkan kadar lemak LDL alias kolesterol ‘jahat’ di dalam tubuh Anda. Ini dimungkinkan karena pada susu tersebut terkandung serat sehat bernama beta-glukan.

Beta-glukan membentuk zat berbentuk gel di dalam usus. Zat ini mengikat kolesterol dan mengurangi penyerapannya. Ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Studi menunjukkan bahwa minum sekitar 3 cangkir (750 ml) susu oat setiap hari selama 5 minggu efektif mengurangi kolesterol jahat sebesar 5%. Studi lain mengamati bahwa rata-rata, mengonsumsi 3 gram oat setiap hari menurunkan kolesterol sebesar 5-7%.

Manfaat susu gandum ini juga dapat meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke yang salah satu faktor pemicunya adalah kolesterol tinggi.

3. Memperbaiki Suasana Hati

Suasana hati Anda sedang tidak bagus? Jika ya, maka salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki mood tersebut adalah dengan mengonsumsi susu gandum.

Susu oat dikatakan dapat membantu mengatasi suasana hati yang buruk karena mengandung vitamin B. Vitamin B dapat meningkatkan suasana hati, selain manfaat lain seperti mengatasi stres oksidatif dan merawat kesehatan kuku.

4. Merawat Rambut dan Kulit

Susu oat dapat menjaga agar rambut dan kulit tetap sehat dan terawat melalui kandungan vitamin B kompleksnya.

5. Mencegah Anemia

Susu gandum mengandung zat besi. Kandungan zat besi ini membuat susu ini sangat disarankan dikonsumsi untuk mencegah anemia atau kekurangan darah.

Zat besi memiliki fungsi membantu pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Mencukupi kebutuhan zat besi menjadi suatu keharusan karena sel darah merah mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.

6. Meningkatkan Imunitas

Oat milk juga dapat meningkatkan imunitas tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Khasiat susu gandum dalam meningkatkan imunitas ini tidak terlepas dari kandungan vitamin A dan D. Kedua vitamin tersebut dapat mengoptimalkan fungsi sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Kekurangan kedua vitamin ini membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit dan infeksi.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat pada susu oat dapat membantu menurunkan dan menjaga berat badan, cocok bagi yang sedang menjalani program diet untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Serat memberikan efek kenyang yang lebih lama sehingga frekuensi makan menjadi terkendali agar proses penurunan berat badan optimal.

8. Mencegah Diabetes

Susu oat memiliki kandungan serat yang membantu mencegah diabetes karena serat berfungsi untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. Bagi penderita diabetes, susu ini membantu mengendalikan gula darah.

9. Merawat Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A pada susu gandum merawat kesehatan mata.

10. Cocok untuk yang Alergi Susu Hewan

Manfaat terakhir susu gandum adalah mengakomodir yang alergi terhadap susu sapi atau kambing agar mendapatkan asupan nutrisi yang hampir sama. Ini juga berlaku bagi yang tidak mengonsumsi produk hewan (vegan).

Cara Membuat Oat Milk

Saat ini, sudah banyak produk susu oat di pasaran. Namun, Anda juga bisa membuatnya sendiri!

Berikut cara membuat oat milk di rumah:

  • Siapkan 1 gelas (81 gram) oat bebas gluten dan 3 gelas (710 ml) air.
  • Masukkan kedua bahan ke dalam blender, aduk hingga menjadi bubur.
  • Saring oat yang sudah diblender menggunakan kain saringan, tuangkan ke dalam botol.
  • Simpan botol berisi susu di dalam kulkas selama 5 hari.

Setelah 5 hari, susu gandum siap dikonsumsi. Anda dapat menambahkan beberapa bahan seperti madu, vanilla, bubuk kayu manis, atau sirup maple untuk cita rasa yang lebih. Selamat mencoba!

Referensi

  1. Naduma, L. 2019. 5 Shocking Benefits of Oat Milk. https://www.medicaldaily.com/5-oat-milk-benefits-432114 (diakses pada 27 Agustus 2020)
  2. Picincu, A. 2018. What Are the Benefits of Oat Milk? https://www.livestrong.com/article/267017-what-are-the-benefits-of-oat-milk/ (diakses pada 27 Agustus 2020)
  3. Raman, R. 2019. Oat Milk: Nutrition, Benefits, and How to Make It. https://www.healthline.com/nutrition/oat-milk (diakses pada 27 Agustus 2020)

About The Author

Anemia Gravis: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dll

Resep Muffin Sederhana dan Sehat untuk Teman Minum Teh!