Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Manfaat Makan Buah Stroberi bagi Ibu Hamil

Myles Bannister

Ibu hamil dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan. Salah satu jenis buah yang dapat mendatangkan manfaat bagi kehamilan adalah stroberi. Kira-kira, apa saja manfaat buah stroberi untuk ibu hamil? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Manfaat Konsumsi Stroberi saat Hamil

Stroberi (Fragaria ananassa) mengandung nutrisi penting untuk kesehatan tubuh. Kandungan buah berwarna merah ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan ibu hamil.

Faktanya, stroberi mengandung serat, karbohidrat, protein, vitamin, dan antioksidan yang memberikan kebaikan pada kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan.

Beberapa manfaat stroberi untuk ibu hamil, di antaranya:

1. Mencegah Anemia pada Ibu Hamil

Selama kehamilan, Anda membutuhkan sekitar 27 miligram zat besi setiap harinya. Jika tidak terpenuhi, ibu hamil rentan mengalami anemia defisiensi besi.

Demi memenuhi kebutuhan zat besi harian, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi ini. Selain zat besi, stroberi juga mengandung vitamin C yang membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh.

2. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat stroberi untuk ibu hamil berikutnya adalah membantu mengontrol kadar gula darah.

Kandungan stroberi dapat memperlambat pencernaan gula di dalam tubuh sehingga lonjakan kadar gula darah dapat dicegah. Hal ini membantu mengurangi risiko diabetes gestasional.

Kondisi tersebut harus dicegah karena dapat meningkatkan komplikasi kehamilan, seperti kematian janin, preeklamsia, dan keguguran.

3. Menjaga Kekebalan Tubuh Ibu Hamil

Kekebalan tubuh saat hamil mengalami penurunan akibat perubahan hormon.

Konsumsi makanan kaya antioksidan dapat menjaga sistem tubuh ibu hamil. Stroberi mengandung antioksidan yang dapat memberikan manfaat tersebut.

4. Membantu Tubuh Ibu Hamil Berenergi

Konsumsi stroberi selama kehamilan dapat membantu menjaga energi tubuh. Manfaat ini berasal dari kandungan zat besi di dalamnya.

Meski kandungan zat besi dalam stroberi tergolong rendah, namun dapat menambah energi tubuh sehingga dapat menjalankan aktivitas sehari-hari.

5. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Selama Kehamilan

Tubuh ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatan dan tumbuh kembang janin. Stroberi mengandung berbagai nutrisi sehingga cocok menjadi camilan sehat untuk ibu hamil.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan Ibu Hamil

Ibu hamil rentan dengan masalah pencernaan seperti sembelit atau konstipasi. Stroberi yang kaya serat dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

7. Menjaga Hidrasi Tubuh Ibu Hamil

Penting untuk mencukupi kebutuhan cairan harian saat hamil. Selain air putih, stroberi juga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh karena mengandung tinggi air.

Stroberi terdiri dari 91% air, 7,7% karbohidrat, 0,3% lemak, dan 0,7% protein.

8. Membantu Mengontrol Berat Badan

Mengonsumsi stroberi selama kehamilan dapat membantu menjaga berat badan terkontrol. Kandungan serat di dalam stroberi bermanfaat untuk pencernaan sehat dan mengontrol berat badan.

9. Mendukung Tumbuh Kembang Janin

Stroberi tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil, tetapi juga bagi janin di dalam kandungan. Stroberi dapat membantu tumbuh kembang janin karena mengandung berbagai nutrisi, termasuk asam folat.

Asam folat sangat penting bagi kesehatan ibu hamil karena berperan dalam membentuk sel darah merah dan perkembangan sistem saraf.

10. Mengurangi Risiko Cacat Tabung Saraf

Asam folat yang terkandung di dalam stroberi dapat membantu pembentukan tabung saraf janin. Memenuhi kebutuhan asam folat dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf pada janin.

Adakah Efek Buruk Makan Stroberi saat Hamil?

Pada umumnya, stroberi aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, perlu diwaspadai jika Anda memiliki alergi terhadap serbuk sari makanan, karena stroberi mengandung protein yang dapat menyebabkan alergi.

Selain itu, stroberi juga mengandung goitrogen yang dapat mengganggu fungsi kelenjar tiroid pada orang dengan masalah tiroid.

Jika masih ragu terkait makanan dan minuman yang aman dikonsumsi selama kehamilan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Referensi

  1. Anonim. 2022. Folic Acid. [online] Available at: https://www.cdc.gov/ncbddd/folicacid/about.html. [Accessed 23 May 2023].
  2. Anonim. Strawberries, Raw. [online] Available at: https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/167762/nutrients. [Accessed 23 May 2023].
  3. Bjarnadottir, Adda. 2019. Strawberries 101: Nutrition Facts and Health Benefits. [online] Available at: https://www.healthline.com/nutrition/foods/strawberries. [Accessed 23 May 2023].
  4. Horstman, Edie. 2022. More Than Just Nature’s Candy—These 10 Fruits Are Loaded With Iron. [online] Available at: https://camillestyles.com/wellness/10-fruits-high-in-iron/. [Accessed 23 May 2023].
  5. Kemenkes RI. 2022. Mengenal Diabetes pada Kehamilan. [online] Available at: https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1135/mengenal-diabetes-pada-kehamilan. [Accessed 23 May 2023].
  6. Khan, Aliya. 2023. Eating Strawberries During Pregnancy – Is It Safe? [online] Available at: https://parenting.firstcry.com/articles/eating-strawberries-during-pregnancy-is-it-safe/. [Accessed 23 May 2023].
  7. Mayo Clinic Staff. 2022. Iron deficiency Anemia During Pregnancy: Prevention Tips. [online] Available at: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/in-depth/anemia-during-pregnancy/art-20114455. [Accessed 23 May 2023].

About The Author

Mengenal Zoom Fatigue, Kelelahan akibat Keseringan Rapat Online

Penyebab Bayi Bosan Minum Susu Formula dan Bagaimana Mengatasinya?