Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Bolehkah Cabut Gigi Saat Hamil? Apakah Aman Dilakukan?

Myles Bannister

Perubahan hormonal saat hamil membuat Bumil lebih rentan terhadap kerusakan gigi. Jika kondisi gigi sudah parah, pencabutan gigi harus dilakukan. Pertanyaannya, amankah mencabut gigi saat hamil?

Amankah Cabut Gigi saat Hamil?

Ada banyak faktor yang menyebabkan gigi Anda harus dicabut saat hamil. Umumnya penyebabnya adalah kesehatan gigi yang kurang baik sebelum hamil, seperti radang gusi, infeksi pada gusi, atau gigi berlubang.

Jika kerusakan pada gigi sudah parah dan tidak bisa diselamatkan, dokter bisa menganjurkan untuk mencabut gigi saat hamil.

Mungkin Anda merasa waswas terhadap prosedur yang akan dilakukan. Penggunaan obat bius atau rontgen tunggal bisa membuat orang khawatir akan dampaknya terhadap kehamilan, baik pada kesehatan ibu maupun janin.

Perlu diketahui bahwa prosedur mencabut gigi melibatkan penggunaan obat bius lokal untuk meringankan rasa sakit. Salah satu jenis obat bius yang digunakan adalah lidocaine yang dapat diserap plasenta. Namun, Anda tidak perlu khawatir, obat bius ini aman bagi ibu dan janin.

Sementara itu, rontgen tunggal yang mungkin dilakukan juga tidak berbahaya bagi janin.

Meski demikian, cabut gigi saat hamil sebaiknya perlu diperhatikan lebih saksama. Jenis obat bius dan dosisnya akan disesuaikan dengan kondisi Anda.

Karenanya, sebelum mencabut gigi, beritahukan dokter gigi tentang kondisi kehamilan Anda.

Sebaiknya jangan menggunakan obat sakit gigi tanpa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Penggunaan obat tersebut dalam jumlah berlebihan tanpa perhatian dapat mengganggu kesehatan janin.

Juga, jangan mengganti dosis obat sakit gigi yang sudah diresepkan tanpa mendiskusikannya dengan dokter terlebih dahulu.

Kapan Ibu Hamil Harus Melakukan Cabut Gigi?

Tindakan mencabut gigi sebaiknya dilakukan setelah ibu melahirkan. Namun, jika perlu dilakukan penanganan, cabut gigi saat hamil lebih aman dilakukan pada trimester kedua kehamilan. Pada periode ini, organ-organ pada janin sudah berkembang dengan baik.

Mencabut gigi di awal kehamilan bisa berisiko memengaruhi perkembangan janin. Sementara itu, jika dilakukan pada trimester ketiga, Bumil akan kesulitan tidur telentang. Padahal, posisi ini diperlukan dalam prosedur ini.

Jika pencabutan gigi perlu dilakukan pada trimester ketiga, Anda perlu mempertimbangkan posisi yang nyaman. Gunakan tambahan bantal jika diperlukan.

Namun, bisa juga kondisi gigi harus segera ditangani karena termasuk keadaan darurat. Misalnya, keluhan sakit gigi yang parah hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, risiko infeksi, atau risiko kerusakan permanen pada gigi dan gusi.

Jika ini terjadi, sebaiknya mencabut gigi segera untuk mengatasi masalah tersebut.

Tips Merawat Gigi saat Hamil

Kebersihan gigi dan mulut penting untuk diperhatikan selama kehamilan. Ini dilakukan untuk menurunkan risiko infeksi akibat kebersihan gigi dan mulut yang buruk.

Perlu diketahui bahwa ibu hamil berisiko lebih tinggi mengalami masalah gigi dan mulut, seperti gigi berlubang dan radang gusi. Hal ini disebabkan perubahan hormon dalam tubuh.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, antara lain:

  • Rutin menggosok gigi setiap hari setelah makan dan sebelum tidur.
  • Pilih pasta gigi yang mengandung fluoride.
  • Gunakan obat kumur setelah muntah. Karena mual dan muntah umum dialami oleh ibu hamil.
  • Hindari makanan dan minuman manis.
  • Perbanyak konsumsi cairan.
  • Konsumsi makanan bernutrisi.
  • Konsumsi makanan yang mengandung kalsium.
  • Lakukan pemeriksaan ke dokter gigi secara teratur, terutama jika ada masalah pada gigi.

Itulah penjelasan tentang tindakan mencabut gigi saat hamil yang perlu diketahui. Boleh atau tidaknya prosedur ini tergantung pada masalah gigi dan kondisi kehamilan Anda. Pastikan berkonsultasi dengan dokter dengan baik!

Referensi

  1. Anonim. 2020. Looking After Your Teeth During Pregnancy. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/looking-after-your-teeth-during-pregnancy. (Diakses pada 9 Mei 2023).
  2. Anonim. 2023. Looking After Your Teeth and Gums in Pregnancy. https://www.nhsinform.scot/ready-steady-baby/pregnancy/looking-after-yourself-and-your-baby/looking-after-your-teeth-and-gums-in-pregnancy. (Diakses pada 9 Mei 2023).
  3. Bradley, Sarah. 2020. What You Need to Know About Tooth Extraction During Pregnancy. https://www.healthline.com/health/pregnancy/can-you-get-a-tooth-pulled-while-pregnant. (Diakses pada 9 Mei 2023).

About The Author

10 Gejala Infeksi Ginjal yang Sering Tidak Disadari

Selain Garam, Ini 11 Makanan yang Mengandung Yodium