Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

7 Camilan Sehat Penderita Hipertensi

Myles Bannister

Camilan Sehat untuk Penderita Hipertensi

Banyak camilan yang memiliki kandungan garam tinggi. Konsumsi camilan tersebut oleh penderita hipertensi dapat meningkatkan tekanan darah. Oleh karena itu, mereka harus memilih camilan sehat dengan hati-hati.

Berikut ini adalah camilan yang cocok untuk penderita hipertensi.

Buah Pisang

Buah-buahan cocok sebagai camilan sehat. Daripada memakan camilan yang tidak baik untuk kesehatan, mengonsumsi buah-buahan yang kaya nutrisi adalah pilihan yang lebih baik. Salah satu buah yang direkomendasikan untuk penderita hipertensi adalah pisang.

Pisang mengandung potasium yang tinggi. Kandungan ini berperan dalam mengendalikan tekanan darah. Penelitian oleh American Heart Association menunjukkan bahwa potasium dapat mengurangi dampak negatif sodium sehingga menurunkan tekanan darah.

Selain pisang, potasium juga dapat diperoleh dari buah lain seperti melon dan alpukat.

Kacang

Kacang adalah camilan yang baik untuk kesehatan. Namun, perlu memilih kacang dengan bijaksana. Kacang goreng, kacang asin, atau kacang yang diberi tepung dapat berdampak buruk pada tekanan darah. Sebaiknya konsumsi kacang panggang yang lebih sehat.

Jenis kacang lain yang aman dikonsumsi adalah kacang walnut, kacang mede, dan kacang almond. Konsumsi kacang sebesar satu genggam atau sekitar 42 gram per hari untuk menjaga asupan kalori harian.

Yoghurt

Yoghurt tidak hanya cocok untuk program diet. Yoghurt juga dapat membantu menurunkan tekanan darah secara efektif. Penelitian oleh American Heart Association menunjukkan bahwa mengonsumsi lima porsi atau lebih yoghurt per minggu dapat mengurangi risiko hipertensi hingga 20 persen. Susu skim rendah lemak juga dapat dikonsumsi karena kaya kalsium.

Cokelat Hitam

Cokelat hitam dapat membantu menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit kardiovaskular. Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi cokelat hitam dengan kandungan kakao 60 persen dan sedikit gula secara rutin memberikan manfaat tersebut. Cokelat hitam juga dapat dikonsumsi bersama yoghurt.

Biskuit Biji-Bijian

Biskuit biji-bijian utuh seperti biskuit gandum dapat membantu menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung. Mengonsumsinya tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan.

Ubi Panggang

Ubi panggang tidak hanya mengenyangkan, tapi juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Pati resisten dan vitamin C dalam ubi panggang memberikan manfaat tersebut.

Jus Buah Delima

Jus buah delima efektif dalam menurunkan tekanan darah sistolik. Mengonsumsinya sebanyak 177 ml setiap hari dapat mengurangi plak pada pembuluh darah arteri hingga 30 persen.

About The Author

10 Tips Bercinta Pengantin Baru di Malam Pertama

Penyebab dan Cara Menghilangkan Dagu Ganda