Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Bodrex – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Myles Bannister

Anda dapat membeli bodrex tanpa resep dokter di toko obat atau apotek. Namun, sebelum menggunakan bodrex, ada beberapa informasi penting yang perlu Anda ketahui, seperti bentuk sediaan, kandungan, harga, manfaat, indikasi, kontraindikasi, dosis, dan efek samping.

Rangkuman Informasi Obat Bodrex

Nama Bodrex
Golongan Obat Analgesik Non-Opioid
Bentuk Sediaan Kaplet
Kandungan Analgesik Non-Opioid kombinasi
Harga Rp1.600-2.200/ strip (4 kaplet)
Manfaat Meredakan migran, sakit kepala, flu, dan batuk
Indikasi Penggunaan 1-2 kaplet sebanyak 3 kali sehari (tergantung jenisnya)
Kontraindikasi Hipersensitivitas, gangguan fungsi hati
Cara pakai Diminum setelah makan
Dosis Tergantung jenis bodrex dan usia
Efek samping Reaksi alergi, kerusakan hati, kerusakan ginjal

Bentuk Sediaan Bodrex

Bentuk sediaan obat bodrex yang tersedia dalam pasar adalah kaplet dan sirup. Namun, bodrex extra dan bodrex migra hanya tersedia dalam bentuk kaplet. Setiap strip obat bodrex berisi 4 kaplet dengan dua jenis warna.

Simpan obat bodrex di tempat kering dan pada suhu kamar. Hindari paparan sinar matahari karena dapat memengaruhi struktur kimia dan cara kerja bahan aktif obat bodrex.

Kandungan Bodrex

Kandungan bahan aktif dalam obat bodrex bervariasi sesuai dengan jenisnya. Semua jenis obat bodrex merupakan obat kombinasi.

Berikut ini adalah kandungan setiap satu kaplet obat bodrex migra, bodrex extra, bodrex flu-batuk kering, dan bodrex flu-batuk berdahak:

Jenis obat bodrex Kandungan
Bodrex flu dan batuk kering (tidak berdahak) 500 mg Paracetamol, 12 mg Dekstrometorfan, dan 30 mg Pseudoefedrin Hidroklorida
Bodrex flu dan batuk berdahak 500 mg Paracetamol, 50 mg Gliseril Guaiakolat, 10 mg Fenilefrin, dan 8 mg Bromhexine HCl
Bodrex migra 350 mg Paracetamol, 150 mg Propifenazon, dan 50 mg Kafein
Bodrex extra 350 mg Paracetamol, 200 mg Ibuprofen, dan 50 mg Kafein

Kandungan dalam bodrex extra dan migra termasuk dalam Analgesik Non-Opioid yang berfungsi meredakan sakit kepala, demam, dan peradangan. Penambahan kafein pada kedua jenis bodrex tersebut bertujuan untuk mencegah rasa kantuk.

Obat bodrex flu dan batuk kering mengandung Paracetamol (Analgesik Non-Opioid), Dekstrometorfan (Antitusif), dan Pseudoefedrin Hidroklorida (Dekongestan). Obat bodrex flu dan batuk berdahak mengandung Paracetamol (Analgesik Non-Opioid), Gliseril Guaiakolat (Ekspektoran), Fenilefrin (Dekongestan), dan Bromhexine HCl (Mukolitik).

Manfaat Bodrex

Pada umumnya, manfaat utama bodrex adalah untuk meredakan demam dan nyeri. Namun, setiap jenis bodrex juga memiliki manfaat tambahan.

Manfaat tambahan pada setiap jenis obat bodrex adalah:

Jenis obat bodrex Manfaat Tambahan
Bodrex flu dan batuk kering (tidak berdahak) Menekan pusat batuk dan melegakan hidung tersumbat
Bodrex flu dan batuk berdahak Mengencerkan dahak, melegakan hidung tersumbat, dan membantu ekspektorasi
Bodrex migra Meredakan sakit kepala sebelah
Bodrex extra Meredakan sakit kepala

Indikasi Bodrex

Penggunaan obat bodrex harus didasarkan pada indikasi yang tepat. Setiap varian bodrex memiliki indikasi yang sedikit berbeda.

Jika Anda mengalami sakit kepala sebelah atau migrain, gunakan bodrex migra. Jika Anda mengalami batuk tidak berdahak,gunakan bodrex flu dan batuk kering. Jika Anda mengalami batuk berdahak,gunakan bodrex flu dan batuk berdahak.

Kontraindikasi Bodrex

Orang-orang yang memiliki hipersensitivitas terhadap bahan-bahan dalam bodrex tidak boleh menggunakan obat ini. Contohnya, jika Anda alergi terhadap paracetamol, propifenazon, atau kafein, jangan gunakan bodrex migra.

Bodrex tidak boleh digunakan oleh orang dengan gangguan fungsi hati berat. Bodrex flu dan batuk kering tidak boleh digunakan oleh penderita asma dan batuk produktif.

Bodrex extra tidak boleh digunakan oleh ibu hamil, penderita ulkus peptikum, asma, rinitis, polip hidung, dan urtikaria. Jika Anda memiliki salah satu atau beberapa kontraindikasi tersebut, konsultasikan dengan dokter untuk menemukan solusi pengobatan lain.

Dosis Obat Bodrex

Pakailah obat bodrex sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Dosis bodrex berbeda untuk setiap jenis dan dapat dipengaruhi oleh usia pengguna. Jika ingin memberikan bodrex kepada anak-anak, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Berikut ini adalah berbagai jenis dosis bodrex:

  • Dewasa: 1 kaplet sebanyak 3 kali sehari
  • Anak: ½ kaplet sebanyak 3 kali sehari
  • Dewasa: 1-2 kaplet sebanyak 3-4 kali sehari
  • Anak: ½-1 kaplet sebanyak 3-4 kali sehari

Efek Samping Bodrex

Jika digunakan tidak sesuai aturan atau dosis yang tepat, bodrex dapat menyebabkan efek samping tertentu. Orang yang hipersensitif terhadap obat ini dapat mengalami reaksi alergi seperti pusing, diare, mual, muntah, sesak napas, dan bengkak di wajah.

Penggunaan bodrex yang tidak sesuai juga dapat menyebabkan kerusakan hati, terutama jika Anda menggunakan dosis yang terlalu tinggi atau jika Anda memiliki gangguan fungsi hati. Kerusakan ginjal juga dapat terjadi dalam beberapa kasus.

Harga Bodrex

Harga bodrex bervariasi tergantung pada lokasi dan jenisnya.

Berikut ini adalah beberapa daftar harga bodrex:

Jenis obat bodrex Harga
Bodrex flu dan batuk kering (tidak berdahak) Rp1.600/ strip
Bodrex flu dan batuk berdahak Rp1.800/ strip
Bodrex migra Rp2.200/ strip
Bodrex extra Rp2.000/ strip

Sumber:

  1. BPOM: Pusat Informasi Obat Nasional: http://pionas.pom.go.id

About The Author

Mengenal Gejala Kencing Batu

Mengesankan! 12 Manfaat Daun Singkong