Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

10 Manfaat Mandi Air Hangat bagi Kesehatan

Myles Bannister

Ada banyak orang yang suka mandi dengan air dingin, tapi ada juga yang lebih terbiasa dengan mandi air hangat. Mandi air hangat ternyata lebih dianjurkan daripada mandi dengan air dingin. Ini karena mandi air hangat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat Mandi Air Hangat

Berikut adalah beberapa manfaat mandi air hangat yang baik untuk kesehatan tubuh:

1. Menyembuhkan flu dan sakit kepala

Mandi air hangat memungkinkan Anda untuk menghirup uap yang berfungsi sebagai dekongestan alami. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti minyak kayu putih atau peppermint untuk sensasi relaksasi yang lebih kuat. Air hangat yang dicampur dengan minyak ini juga membantu melawan dahak dan sakit tenggorokan. Selain itu, air hangat juga mempercepat sirkulasi darah yang dapat membantu meringankan sakit kepala.

2. Melembapkan kulit

Mandi air hangat akan membuka pori-pori Anda dan membersihkan kotoran dan minyak yang menempel pada tubuh Anda. Kehangatan alami air ini akan melembapkan kulit dan membuatnya lembut serta kenyal.

3. Melepaskan racun

Mandi air hangat akan meningkatkan sirkulasi sistem getah bening dalam tubuh, sehingga Anda akan berkeringat dan melepaskan racun dan bakteri dari tubuh.

4. Mengatasi susah tidur

Jika Anda mengalami masalah tidur, mandi air hangat dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Berendam dalam bak mandi berisi air hangat dan biarkan tubuh Anda rileks. Mandi air hangat akan meningkatkan suhu tubuh yang kemudian akan menurun secara perlahan saat Anda keluar dari bak mandi. Perubahan suhu ini akan membuat Anda mengantuk dan cepat tertidur.

5. Menghilangkan stres

Saat Anda mandi air hangat, luangkan waktu untuk bersantai dan menikmati setiap detik dalam air hangat. Dengan melakukan ini, Anda akan merasakan efek ketenangan pada tubuh. Lakukan ritual mandi air hangat setelah melakukan aktivitas yang melelahkan. Hal ini dijamin dapat menghilangkan stres dan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

6. Menurunkan tekanan darah

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa berendam dalam air panas dapat menurunkan tekanan darah. Ini merupakan hal yang baik bagi mereka yang memiliki kondisi jantung yang perlu menjaga tekanan darah mereka. Namun, jika Anda memiliki kondisi jantung, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum mandi air hangat, karena mandi air hangat juga dapat meningkatkan denyut jantung. Jika diperbolehkan oleh dokter, mandi air hangat merupakan cara yang bagus untuk menurunkan tekanan darah.

7. Menurunkan berat badan

Studi lain menunjukkan bahwa orang yang menderita diabetes dan rutin berendam dalam bak mandi air panas dapat menurunkan kadar gula dan glukosa dalam darah. Studi ini menemukan bahwa berendam dalam air panas selama sekitar 20-30 menit, 6 hari seminggu, dapat membuat peserta kehilangan hampir 2,5 pon (2 kg) per bulan dibandingkan dengan kelompok kontrol.

8. Mengurangi sakit kepala

Sebagian besar jenis sakit kepala disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah di kepala. Efek positif dari air panas pada pembuluh darah dapat digunakan untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah dan menyembuhkan sakit kepala.

9. Meningkatkan kecerdasan otak dan kesehatan saraf

Berendam dalam air hangat dapat menenangkan sistem saraf, sekaligus mengurangi peradangan dan rasa sakit. Tingkat stres dan kecemasan juga berkurang secara signifikan, yang dapat membantu memperbaiki suasana hati.

Suhu dan tekanan air hangat juga dapat meredakan ketidaknyamanan atau rasa sakit pada tulang belakang, dan telah terbukti meredakan gejala penyakit Parkinson.

10. Melindungi tulang, otot, dan sendi

Mandi air hangat dapat memberikan keajaiban bagi persendian, otot, dan bahkan tulang. Ternyata, suhu air hangat dapat meredakan efek dari kondisi seperti osteoarthritis tanpa menyebabkan gejala yang lebih parah atau efek merugikan lainnya.

Ternyata mandi air hangat memiliki banyak manfaat bagi tubuh, Teman Sehat! Selain memberikan kenyamanan, mandi air hangat juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Ternyata mandi air hangat memiliki banyak manfaat bagi tubuh, Teman Sehat! Selain memberikan kenyamanan, mandi air hangat juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

About The Author

Apa itu MRI? Apakah memiliki fungsi dan efek samping?

Penyebab Nyeri Hilang Timbul pada Perut yang Disebabkan oleh Batu Empedu