Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Penyebab Kondom Tertinggal di Vagina dan Cara Mengeluarkannya

Myles Bannister

Kondom bisa saja terlepas dan tertinggal di dalam vagina karena faktor tertentu dan harus segera dikeluarkan untuk menghindari bahayanya! Untuk itu, ketahui penyebab dan cara mengeluarkannya dalam ulalan di bawah ini.

Penyebab Kondom Tertinggal di Vagina

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kondom tersangkut di dalam vagina saat berhubungan seksual. Kondom tersangkut di dalam vagina umumnya terjadi karena:

  • Menggunakan kondom terlalu besar atau terlalu kecil.
  • Menggunakan kondom yang sudah kadaluwarsa atau rusak terkena panas.
  • Kehilangan ereksi saat penis berada di dalam vagina.
  • Menarik penis terlalu lama setelah ejakulasi.
  • Gagal menahan pangkal kondom saat menariknya keluar.
  • Menggunakan terlalu banyak lubrikan di bagian dalam kondom.
  • Menggunakan lubrikan berbahan dasar minyak atau gel, yang merusak kondom lateks.

Efek Kondom yang Tertinggal di dalam Vagina

Kondom yang tertinggal di dalam vagina dapat memiliki risiko yang cukup besar. Pertama, pasangan yang sedang mencegah kehamilan bisa mengalami kehamilan yang tidak diinginkan. Kondom pria atau kondom wanita yang terlepas dan tertinggal di dalam vagina bisa membuat sperma bocor keluar dan membuahi sel telur. Wanita dapat hamil tanpa menyadarinya sebelumnya.

Efek buruk lain dari kondom yang tersangkut di dalam vagina adalah iritasi atau infeksi. Kotoran yang masuk bersama kondom tidak dapat dikeluarkan dengan mudah. Vagina akan berbau busuk dan mengganggu aktivitas seksual, reproduksi, serta ekskresi. Ketika pasangan menyadari bahwa kondomnya terlepas di dalam vagina, kondom tersebut harus segera dikeluarkan.

Cara Mengatasi Kondom Tertinggal di Vagina

Saat kondom tertinggal di dalam vagina, jangan menunggu sampai Anda buang air kecil agar benda tersebut keluar. Terkadang kondom sulit untuk dikeluarkan. Oleh karena itu, coba lakukan beberapa cara berikut ini.

1. Jangan Panik

Saat menyadari bahwa kondom tertinggal di dalam vagina, tetaplah tenang dan usahakan untuk tidak panik. Meskipun situasinya terlihat sulit dan Anda mungkin merasa takut, pasti akan ada solusi untuk segera mengeluarkan kondom dari vagina Anda.

2. Keluarkan Kondom Menggunakan Jari

Sebelum mengeluarkan kondom dari vagina, pastikan mencuci tangan hingga bersih dan memotong kuku Anda. Basahi vagina dengan air hangat untuk merelaksasikannya.

Ambil posisi jongkok atau berbaring terlentang dengan mengangkat satu kaki. Masukkan dua jari ke dalam vagina yang telah dilumuri lubrikan secara perlahan sampai Anda merasakan keberadaan kondom yang tersangkut. Jika sudah merasakan kondom tersebut terjepit oleh dua jari, tarik kondom perlahan-lahan.

3. Minta Bantuan Pasangan

Jika Anda tidak dapat mengeluarkan kondom yang tersangkut di dalam vagina, cobalah meminta bantuan dari suami Anda. Cara untuk mengeluarkannya sama dengan yang Anda lakukan secara mandiri.

4. Lakukan Squat

Meskipun terlihat aneh, melakukan squat sebanyak 5 kali dapat membantu mengeluarkan kondom dari dalam vagina Anda.

Melakukan squat dapat sangat membantu dalam mendorong keluar kondom yang tersangkut di dalam vagina, atau bahkan mengeluarkan cup menstruasi yang tersangkut.

5. Kunjungi Dokter Kandungan

Jika Anda sudah mencoba untuk mengeluarkan kondom secara mandiri atau dibantu oleh pasangan tetapi tidak berhasil, jangan ragu untuk mengunjungi dokter kandungan.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kondom yang tertinggal di vagina dalam jangka waktu yang lama meningkatkan risiko infeksi, iritasi, dan kehamilan yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, segera keluarkan kondom tersebut.

Demikianlah ulasan tentang penyebab dan cara mengeluarkan kondom yang tersangkut di dalam vagina yang dapat Anda coba. Lakukan dengan hati-hati agar tidak melukai organ intim Anda.

Jika Anda tidak ingin kondom tersangkut di dalam vagina, lakukanlah hubungan seks dengan benar dan hati-hati. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, Teman Sehat!

Referensi

  1. Anonim. 2023. 7 things to do if condom gets stuck in you. https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/photo-stories/7-things-to-do-if-condom-gets-stuck-in-you/photostory/60390243.cms (Diakses pada 12 Desember 2023)
  2. Attia. 2020. A condom is stuck inside my vagina. How do I get it out?. https://www.plannedparenthood.org/blog/a-condom-is-stuck-inside-my-vagina-how-do-i-get-it-out#:~:text=Accidents%20happen.,penis%20while%20in%20the%20vagina. (Diakses pada 12 Desember 2023)
  3. Kassel, Gabrielle. 2020. Take a Deep Breath — Here’s How to Remove a Condom Stuck in Your Vagina. https://www.healthline.com/health/healthy-sex/condom-stuck-in-vagina (Diakses pada 12 Desember 2023)

About The Author

Prenatal Yoga: Manfaat, Gerakan, Tips Aman

Penyakit Celiac: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Pengobatan