Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Kecipir Bisa Sebabkan Penyakit Asam Urat?

Myles Bannister

Dampak kecipir terhadap asam urat

Di dalam kecipir terdapat serat yang tinggi seperti sayur pada umumnya. Serat ini dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Kecipir juga mengandung zat besi, protein, flavonoid, saponin, dan tanin sebagai antioksidan. Makan kecipir memiliki banyak manfaat.

Kecipir termasuk makanan dengan kadar asam urat rendah. Mengonsumsi kecipir tidak menyebabkan masalah asam urat. Bahkan, kecipir dapat membantu mengatasi kolesterol tinggi karena kandungan serat dan antioksidannya.

Sayuran lainnya mungkin memiliki kadar purin sedang yang perlu dibatasi oleh penderita asam urat, namun hal ini tidak berlaku untuk kecipir. Mengonsumsi kecipir masih aman.

Apakah kangkung dan bayam memicu asam urat?

Pakar kesehatan berpendapat yang berbeda mengenai konsumsi kangkung dan bayam terkait asam urat. Beberapa pakar menyarankan batasan konsumsi sayuran ini, namun yang lain berpendapat bahwa purin dalam kangkung dan bayam tidak berdampak buruk terhadap asam urat.

Penderita asam urat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai makanan yang sebaiknya dihindari. Jika kangkung dan bayam perlu dihindari untuk mengurangi kadar purin tubuh, patuhilah instruksi tersebut.

Makanan tinggi purin yang harus dihindari

Pola makan berpengaruh pada asam urat. Konsumsi makanan tinggi purin dapat meningkatkan risiko gejala asam urat seperti nyeri, pembengkakan, kaku, dan panas pada sendi.

Studi dari British Medical Journal menyarankan penderita asam urat membatasi konsumsi makanan tinggi purin. Hindarilah minuman manis seperti minuman bersoda atau minuman botolan yang mengandung gula fruktosa karena dapat memicu serangan asam urat.

Makanan yang memiliki kadar purin lebih dari 200 mg per 100 gram seperti jeroan, daging merah, beberapa jenis ikan laut (tuna, sarden, dan teri), makanan laut (kerang, udang, dan kepiting), serta roti putih sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat.

Makanan rendah purin yang aman dikonsumsi

Terdapat beberapa jenis makanan dengan kadar purin rendah, yaitu kurang dari 100 mg per 100 gram seperti buah, beberapa jenis sayuran, dan telur yang masih aman dikonsumsi penderita asam urat.

Namun, beberapa jenis sayuran seperti bayam, asparagus, kembang kol, jamur, dan beberapa jenis kacang-kacangan memiliki kandungan purin yang tinggi sehingga sebaiknya dikonsumsi dengan batasan.

About The Author

Manfaat Pepaya untuk Kesehatan

5 Jenis Antibiotik untuk Menangani Gonore