Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Betahistine Mesylate – Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Myles Bannister

Baca terus untuk mengetahui indikasi, kontraindikasi, bentuk sediaan, manfaat, dosis, efek samping, dan peringatan khusus terkait penggunaan betahistine mesylate.

  • Nama: Betahistine Mesylate
  • Kelas Terapi: Mual dan Vertigo
  • Nama Dagang Lain: Betahistin, Sercol, Betaserc, Vercure, Histigo, Versillon, Merislon, Vertex, Mertigo, Vertikaf, Noverty, Vastigo, Rotaver Tab, Vesitab
  • Monografi Obat: Betahistin Dihidroklorida

Indikasi Betahistine Mesylate

Betahistine mesylate digunakan untuk mengatasi vertigo, pusing akibat gangguan sirkulasi darah, tinnitus, dan sindrom Meniere.

Obat ini juga efektif untuk mengobati vertigo perifer dan penyakit Meniere, terutama pada penderita yang kehilangan pendengaran.

Kontraindikasi Betahistine Mesylate

Obat ini tidak boleh digunakan oleh pasien dengan feokromositoma dan hipersensitivitas terhadap kandungan obat tertentu.

Pasien yang memiliki hipersensitivitas terhadap monografi obat tertentu juga tidak boleh mengonsumsi betahistine mesylate.

Penggunaan obat ini tidak dianjurkan untuk wanita hamil, karena dapat membahayakan janin dan ibu hamil.

Bentuk Sediaan Betahistine Mesylate

Betahistine mesylate hanya tersedia dalam bentuk tablet, yaitu tablet 6 mg dan tablet 12 mg.

Tablet betahistine mesylate harus dikonsumsi bersama makanan, dan tidak boleh diminum dengan perut kosong untuk menghindari iritasi lambung.

Manfaat Betahistine Mesylate

Betahistine mesylate efektif mengatasi vertigo, termasuk vertigo perifer. Obat ini juga bisa digunakan untuk terapi tinnitus.

Obat ini bermanfaat dalam mengatasi pusing akibat gangguan keseimbangan tubuh, gangguan sirkulasi darah, dan sindrom Meniere.

Untuk penderita penyakit Meniere yang mengalami kehilangan pendengaran, betahistine mesylate dapat menjadi solusi untuk mengobati kondisi ini.

Dosis Betahistine Mesylate

Dosis betahistine mesylate 6 mg adalah 3 kali sehari, 1-2 tablet untuk orang dewasa. Dosis betahistine mesylate 12 mg adalah 3 kali sehari, 1 tablet. Obat ini tidak direkomendasikan untuk anak-anak.

Jika Anda overdosis, segera konsultasikan dengan dokter atau mencari perawatan medis. Jika Anda melewatkan dosis, tunggu hingga dosis berikutnya tanpa menggantinya.

Efek Samping Betahistine Mesylate

Beberapa efek samping betahistine mesylate yang umum meliputi mual, muntah, sakit kepala, ruam dan gatal pada kulit, serta gangguan saluran cerna.

Jika mengalami reaksi alergi seperti pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau leher, kesulitan bernapas, atau gatal-gatal, segera cari bantuan medis.

Peringatan Khusus

Berikut adalah beberapa peringatan khusus yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi betahistine mesylate: asma, tukak peptik, feokromositoma, alergi terhadap komponen obat tertentu, ulkus saluran cerna, serta wanita hamil dan menyusui.

Sumber:

  1. BPOM: Pusat Informasi Obat Nasional: http://pionas.pom.go.id
  2. Drugs.com

About The Author

Tips Memilih Sepatu yang Nyaman dan Aman untuk Ibu Hamil

7 Bahaya Pestisida dan Cara Menghindarinya