Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Apakah Kecap Manis Menyebabkan Hipertensi?

Myles Bannister

Kandungan natrium dalam kecap

Kecap adalah bahan makanan yang terbuat dari fermentasi kedelai. Namun, tambahan bahan lain, termasuk rempah-rempah dan natrium, memberikan rasa gurih dan manis pada kecap. Natrium yang tinggi dalam kecap dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Kegunaan natrium dalam tubuh

Natrium diperlukan oleh tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan. Namun, jika natrium dikonsumsi secara berlebihan, risiko tekanan darah tinggi meningkat. Konsumsi berlebihan kecap manis dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, yang pada akhirnya dapat memicu hipertensi.

Asumsi harian maksimum natrium yang disarankan oleh para ahli kesehatan adalah sekitar 1.500 hingga 2.300 mg per hari. Konsumsi satu sendok makan kecap manis saja sudah mencakup sekitar 38 persen dari batas asupan harian natrium tersebut. Jika kecap manis dikonsumsi terlalu sering atau dalam jumlah yang berlebihan, asupan natrium akan melampaui batas dan meningkatkan risiko hipertensi.

Dampak negatif lain dari kebiasaan mengonsumsi kecap manis

Mengonsumsi kecap manis secara berlebihan tidak hanya berdampak pada hipertensi, tapi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Berikut adalah beberapa dampak negatif tersebut:

Risiko peningkatan kanker

Kecap manis mengandung kloropropanol, yang dapat menjadi zat beracun jika masuk ke dalam tubuh. Uni Eropa mengatur batasan kandungan zat ini dalam kecap menjadi hanya 0,02 miligram per kilogram kecap. Namun, kandungan zat ini dalam kecap yang kita konsumsi belum dapat diketahui dengan pasti. Mengonsumsi kecap dalam jumlah yang banyak atau terlalu sering dapat meningkatkan risiko kanker.

Kandungan zat amin dalam kecap

Saus kedelai, termasuk kecap manis, mengandung zat amin seperti histamin atau tiramin. Jika dikonsumsi secara berlebihan atau terlalu sering, kandungan ini dapat menyebabkan efek negatif pada kesehatan seperti sakit kepala, gatal-gatal, ruam, gangguan lambung, pusing, dan keringat berlebihan.

Kandungan MSG yang tinggi

Kecap manis memiliki kandungan MSG yang tinggi, yang dapat menyebabkan gangguan saraf dan neurologis.

Gangguan penyerapan mineral

Konsumsi kecap manis secara berlebihan dapat mengganggu proses pencernaan dan penyerapan mineral dari makanan yang kita konsumsi karena kandungan fitat dalam kecap.

Melihat fakta-fakta ini, penting untuk membatasi konsumsi kecap agar tidak berlebihan.

About The Author

Abdiflam: Fungsi, Dosis, Aturan Pakai, Efek Samping, dll

10 Jenis Vitamin yang Wajib Dipenuhi oleh Pria