Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Penyebab dan Cara Mengobati Mata Belekan

Myles Bannister

Penyebab Mata Belekan Sesuai Gejala

Ada banyak penyebab mata belekan. Mata belekan disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus di lapisan luar mata, yang disebut konjungtiva, atau di kelopak mata, yang dikenal sebagai bintitan. Selain infeksi, alergi dan mata kering juga dapat menyebabkan mata belekan.

Berikut adalah beberapa penyebab mata belekan beserta gejalanya:

Belek berwarna abu atau hijau yang kental

Belek kecil dan kering

Belek kering dan tebal

Belek berwarna kuning dan bengkak pada kelopak

Cara Mengobati Mata Belekan

Obat untuk mata belekan tergantung pada penyebabnya. Ada berbagai penyebab mata belekan yang akan dibahas dalam artikel ini. Mari kita lihat beberapa obat dan cara mengatasi penyakit yang mengganggu ini.

1. Kompres Mata

Kompres mata adalah cara yang mudah untuk mengobati mata belekan. Gunakan air hangat yang bersih dan kain bersih untuk kompres mata yang belekan.

Cara ini efektif untuk mengurangi bengkak dan mengurangi belek yang berasal dari kelopak mata yang bengkak. Namun, cara ini hanya dapat menghilangkan gejala dan tidak menyembuhkan infeksi.

2. Hindari Hal yang Menyebabkan Alergi pada Mata

Salah satu penyebab mata belekan adalah reaksi alergi. Belekan akibat alergi tidak sepadat dan tidak sejernih dengan belekan yang disebabkan oleh infeksi.

Obat terbaik untuk mata belekan akibat alergi adalah dengan menghindari zat atau hal yang menyebabkan alergi mata. Misalnya debu, alat atau zat dari make up, sabun, dan bedak. Perhatikan saat mata Anda terasa gatal dan berair untuk menemukan penyebab alergi Anda.

3. Jangan Menggaruk Mata

Tidak disarankan untuk menyentuh dan menggaruk mata yang belekan. Menggaruk mata dapat menyebabkan infeksi menyebar atau memperparah infeksi yang sudah ada.

Untuk membersihkan mata dari belek, gunakan kain yang dicelupkan ke dalam air panas dan tempelkan pada mata dengan lembut.

4. Hindari Pembelian Obat Tetes Mata yang Tidak Perlu

Obat tetes mata dapat membantu menyembuhkan mata belekan atau mata merah. Namun, hindari penggunaan obat tertentu tanpa tujuan yang jelas. Hanya gunakan obat tetes mata yang mengandung air mata buatan.

Jangan menggunakan obat belekan yang mengandung antibiotik, “pemutih mata merah,” dan kortikosteroid tanpa resep dokter. Pemakaian obat ini dalam jangka waktu lama tanpa tujuan yang jelas dapat menyebabkan radang mata yang berkepanjangan dan bahkan kebutaan.

5. Konsultasikan ke Dokter

Penyebab mata belekan seringkali adalah infeksi bakteri. Untuk mengobatinya, Anda perlu menggunakan tetes mata yang mengandung antibiotik. Selalu periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang akurat sebelum menggunakan obat tetes mata ini.

About The Author

Kanker Hati: Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Pengobatan

7 Bahaya Seks Oral yang Harus Anda Waspadai