Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Kaya Nutrisi, Ini 12 Manfaat Buah Amla untuk Kesehatan

Myles Bannister

Buah amla, juga dikenal sebagai malaka atau gooseberry India, tumbuh di negara-negara Asia. Selain digunakan sebagai makanan, buah ini juga populer sebagai obat herbal, terutama di India. Berikut adalah beberapa manfaat buah amla untuk kesehatan:

1. Mengatasi GERD

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi tablet buah amla sebanyak 1.000 mg setiap hari dapat membantu mengurangi gejala GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) seperti mulas dan muntah.

2. Meredakan gejala flu

Buah amla dapat membantu meredakan gejala flu atau common cold. Mengonsumsi campuran dua sendok teh bubuk amla dengan dua sendok teh madu dapat membantu meredakan pilek atau batuk.

3. Mencegah penuaan dini

Buah amla mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga dapat membantu mencegah kerusakan sel dan memperlambat penuaan alami tubuh. Manfaatnya juga meliputi melindungi penglihatan, menjaga kesehatan kulit, dan meningkatkan kesehatan rambut.

4. Menurunkan risiko kanker

Buah amla memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu melawan kanker. Penelitian juga menunjukkan bahwa amla dapat membantu mencegah kanker payudara, serviks, ovarium, dan paru-paru.

5. Mengurangi peradangan

Buah amla mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh sehingga dapat mengurangi risiko berbagai penyakit.

6. Menjaga kesehatan jantung

Buah amla dapat melindungi jantung dengan efek antioksidan, antiinflamasi, anti-platelet, serta kemampuannya menurunkan kadar lemak dalam darah dan tekanan darah tinggi.

7. Meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah amla dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, menjaga sel tubuh dari stres oksidatif, dan mencegah infeksi.

8. Menurunkan kadar gula darah

Penelitian menunjukkan bahwa buah amla dapat menurunkan kadar gula darah, yang berkaitan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2.

9. Mencegah kerusakan hati

Buah amla dapat melindungi hati dari kerusakan akibat diet tinggi lemak atau zat beracun.

10. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah amla mengandung serat yang baik untuk sistem pencernaan sehingga dapat mencegah sembelit dan sakit maag.

11. Mengurangi rasa nyeri

Buah amla memiliki sifat analgesik atau obat pereda nyeri yang dapat membantu meredakan nyeri pascaoperasi dan masalah neuropatik.

12. Mengurangi lemak dalam tubuh

Amla dapat membantu mencegah rasa lapar berlebihan dan mempercepat metabolisme tubuh, sehingga membantu menurunkan berat badan.

Itu adalah sederet manfaat buah amla untuk kesehatan. Meskipun menjanjikan, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mendukung klaim-klaim tersebut.

About The Author

Manfaat Kacang Pecan untuk Kesehatan

14 Cara Memanjangkan Rambut Pria dengan Cepat!