Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

10 Manfaat Kecambah yang Tidak Disangka, Bisa Mencegah Kanker?

Myles Bannister

Ketahui manfaat kecambah untuk memotivasi Anda mengonsumsinya agar tubuh tetap sehat. Lanjutkan membaca untuk mengetahui kandungan dan manfaat kecambah serta informasi lainnya terkait kecambah.

Apa itu kecambah?

Kecambah adalah hasil pertumbuhan biji tumbuhan yang baru. Setiap tumbuhan berbiji mengalami tahap perkecambahan sebagai tahap pertumbuhan awal.

Kecambah terdiri dari radikula (akar embrio), hipokotil, dan kotiledon. Kecambah sering digunakan sebagai bahan pangan dan dicampur dengan sayuran ditumis atau direbus.

Apa saja kandungan gizi dalam kecambah?

Tidak diragukan lagi bahwa kecambah mengandung berbagai nutrisi penting, meskipun masih sangat muda. Kecambah mengandung vitamin E dan vitamin C yang kaya. Nutrisi lainnya dalam kecambah termasuk protein, lemak, maltosa, folat, saponin, kanavavin, dan fitoestrogen.

Manfaat kecambah untuk kesehatan tubuh

Kecambah adalah bahan makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena memiliki berbagai manfaat kesehatan. Manfaat kecambah tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya.

Ayo, simak beberapa manfaat kecambah untuk kesehatan tubuh!

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kecambah mengandung vitamin C yang tinggi dan senyawa saponin. Kedua kandungan tersebut membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang produksi interferon dan sel limfosit. Produksi yang cukup dari kedua zat ini dapat mempertahankan kesehatan tubuh dari bakteri dan virus penyebab penyakit.

2. Mencegah penyakit kardiovaskular

Kecambah dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Kandungan folat dan protein dalam kecambah dapat menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan demikian, jantung dan pembuluh darah tetap sehat.

3. Merawat kecantikan kulit

Kecambah dapat merawat kecantikan kulit secara alami. Kecambah mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk merawat kulit dan menjaga kelenturan kulit.

4. Sebagai sumber antioksidan

Kecambah memiliki manfaat sebagai sumber antioksidan karena kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C memiliki senyawa antioksidan yang berguna untuk kesehatan tubuh.

5. Mencegah osteoporosis dini

Kecambah dapat mencegah osteoporosis dini karena mengandung zat yang menyerupai estrogen. Zat tersebut disebut fitoestrogen yang dapat meningkatkan kepadatan tulang.

6. Mengatasi masalah menstruasi

Kecambah juga bermanfaat untuk mengatasi masalah menstruasi pada wanita. Kandungan fitoestrogen dalam kecambah dapat membantu mengurangi keluhan menstruasi.

7. Mengurangi keluhan menopause

Kecambah dapat mengurangi keluhan menopause pada wanita dengan cara yang alami. Manfaat dari kecambah dapat membantu mengurangi beberapa keluhan menopause.

8. Mencegah penyakit kanker

Kecambah dapat mencegah beberapa jenis penyakit kanker. Keberadaan senyawa kanavavin dalam kecambah dapat membantu melawan penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker darah, kanker usus besar, dan kanker pankreas.

9. Mengobati penyakit kanker

Kecambah juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit kanker. Senyawa antikanker seperti daidzein dan genistein dalam kecambah dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

10. Menurunkan risiko radang sendi

Kecambah dapat mengurangi risiko radang sendi atau artritis pada orang tua. Rutin mengonsumsi kecambah dapat membantu menurunkan risiko masalah medis yang sering dialami oleh lansia, seperti radang sendi.

Sumber:

  1. IE Sari. 2014. Tinjauan Pustaka: Pengertian Kecambah. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya. http://eprints.polsri.ac.id/1179/3/BAB%20II_002.pdf [diakses pada 2 Januari 2019]

About The Author

Manfaat Tidur Nyenyak di Malam Hari bagi Kesehatan

Gangguan Kesehatan yang Menyebabkan Otot Menyusut