Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Karbohidrat: Jenis dan Fungsinya bagi Tubuh

Myles Bannister

Tubuh membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi. Karbohidrat adalah senyawa makronutrien yang akan diubah menjadi glukosa dalam tubuh. Glukosa kemudian digunakan sebagai sumber energi untuk menjalankan fungsi tubuh.

Karbohidrat terdiri dari dua macam elemen yaitu aldehid dan keton. Aldehid terdiri dari ikatan Gula kecil (monosakarida) seperti glukosa, galaktosa, dan fruktosa adalah contohnya. Karbohidrat juga terdiri dari disakarida, yang terbentuk dari dua molekul monosakarida yang saling mengikat seperti laktosa, maltosa, dan sukrosa. Polisakarida adalah karbohidrat kompleks yang tersusun dari beberapa molekul glukosa, yang memberikan sumber energi dan menjaga kadar gula darah.

Karbohidrat dapat dibagi menjadi dua jenis utama yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana, seperti glukosa, memberikan energi tetapi membuat perut cepat lapar. Karbohidrat kompleks, seperti gandum utuh dan buah-buahan, memberikan energi tahan lama dan membuat perut kenyang lebih lama.

Karbohidrat memiliki beberapa fungsi penting bagi tubuh. Fungsi utamanya adalah sebagai sumber energi. Karbohidrat juga membantu menjaga massa otot, mengoptimalkan kinerja otak, menjaga kesehatan sistem pencernaan, membantu menjaga berat badan, dan merawat kesehatan jantung.

Makanan yang mengandung karbohidrat meliputi gandum, nasi, susu dan produk olahannya, ubi, pisang, jeruk, blueberry, anggur, apel, dan sayur. Mengonsumsi karbohidrat dengan tepat dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Referensi

  1. Anderson, JW et al. 2000. Cholesterol-lowering effects of psyllium intake adjunctive to diet therapy in men and women with hypercholesterolemia: meta-analysis of 8 controlled trials. Link: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10648260 (Diakses pada 9 Oktober 2019)
  2. Brazier, Y. 2017. What You Need to Know About Carbs. Link: https://www.medicalnewstoday.com/articles/161547.php (Diakses pada 9 Oktober 2019)
  3. Bjarnadottir, A. 2018. 12 High-Carb Foods That Are Actually Super Healthy. Link: https://www.healthline.com/nutrition/12-healthy-high-carb-foods (Diakses pada 9 Oktober 2019)
  4. Pearson, K. 2017. What Are the Key Functions of Carbohydrates? Link: https://www.healthline.com/nutrition/carbohydrate-functions (Diakses pada 9 Oktober 2019)
  5. Szalay, J. 2017. What Are Carbohydrates? Link: https://www.livescience.com/51976-carbohydrates.html (Diakses pada 9 Oktober 2019)

About The Author

Penyebab Gigi Berdenyut dan Cara Mengatasinya

Plasenta Previa – Pengertian dan Penyebab