Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Kapan Perubahan Saat Diet Terlihat?

Myles Bannister

Sayangnya tidak semua progress atau perkembangan saat melakukan diet terlihat jelas. Meski kadar lemak sudah turun, Anda tetap tidak merasa ada perubahan yang terjadi. Dampaknya, semangat untuk melakukan diet semakin menurun dan pada titik paling jenuh Anda menghentikannya.

Nah, berapa lama hasil dari diet ini bisa terlihat dengan jelas?

Kriteria Perubahan Tubuh saat Diet

Hasil dari diet bisa dilihat pada minggu pertama. Berikut kriteria perubahan yang terjadi saat melakukan diet.

  • Minggu pertama, pada minggu pertama perubahan sudah terlihat meski belum signifikan. Perubahan berat badan bisa mencapai 1-1,2 kg. Beberapa orang bisa lebih dari itu kalau berat badannya terlalu besar. Meski perubahan ini terbilang kecil, tubuh akan mulai terasa ringan.
  • Minggu kedua, pada minggu kedua perubahan berat badan mulai terlihat dengan baik. Anda mulai mudah melakukan olahraga karena tubuh terasa lebih ringan. Kalau minggu kedua ini bisa dilewati, tubuh akan mulai terbiasa dengan pola diet yang digunakan.
  • Minggu ketiga, akan mulai terlihat perubahan pada bentuk tubuh. Beberapa pakaian yang awalnya tidak terlihat akan mulai menunjukkan perubahan. Baju jadi lebih longgar dari biasanya dan membuat Anda semakin semangat untuk melanjutkan diet dari awal hingga akhir.
  • Pada minggu keempat perubahan sama dengan minggu ketiga. Namun, kemungkinan muncul kejenuhan dan tubuh memasuki masa plateu akan besar. Pada tahap ini genjot olahraga agar metabolisme tetap terjaga dengan baik.

Faktor yang Mempengaruhi Perubahan

Kecepatan diet dipengaruhi oleh banyak faktor. Berikut beberapa faktor yang harus diperhatikan.

Jenis Diet yang Dipilih

Jenis diet yang dipilih juga menentukan jumlah perubahan yang terjadi. Diet rendah gula dan karbohidrat biasanya lebih mudah memunculkan perubahan karena kadar garam akan anjlok dan air tidak akan banyak terikat oleh sel di dalam tubuh.

Kalau melakukan diet flexible dieting, perubahan mungkin akan terlihat lama karena diet ini menyasar komposisi tubuh. Jadi, pilih jenis diet yang menurut Anda sesuai.

Jenis Kelamin

Dibandingkan dengan wanita, pria lebih mudah mengalami penurunan berat badan karena jumlah otot di dalam tubuh pria lebih banyak. Akibatnya, metabolisme pada pria jauh lebih besar.

Banyaknya Lemak yang Dimiliki

Kalau memulai diet dengan berat badan yang cukup besar dan berlemak, kemungkinan terjadi penurunan akan besar. Berbeda kalau memulai diet dengan berat badan yang tidak terlalu obesitas. Penurunan lemaknya akan lambat.

Konsistensi

Tanpa konsistensi yang tinggi sangat sulit untuk melakukan diet. Jadi, perkuat semangat dan jaga konsistensi agar diet berjalan dengan lebih lancar dan aman.

Olahraga

Menambah olahraga di dalam diet akan membuat perkembangan berjalan dengan cepat. Perkembangan ini akan membuat tujuan semakin dekat.

Olahraga yang dilakukan bisa disesuaikan dengan keadaan seperti jogging, renang, bersepeda, atau senam. Pilih sesuai keadaan dan kemampuan fisik.

Cara Mempertahankan Konsistensi saat Diet

Semua orang bisa melakukan berbagai jenis diet. Namun, yang bisa diet dari awal hingga akhirnya berhasil tidak terlalu banyak. Kalau Anda ingin selalu konsisten dengan diet, lakukan beberapa cara berikut.

Pilih Jenis Diet yang Tepat

Pilih jenis diet yang sesuai dengan kecocokan Anda. Semakin sulit protokol diet, semakin rendah keberhasilannya. Jadi, ikuti jenis diet yang Anda yakin bisa menyelesaikannya.

Pahami Bagaimana Mengukur Perkembangan

Pahami cara melakukan pengukuran tubuh seperti berat badan, ukuran baju, dan kondisi kesehatan. Dengan mengetahui perubahan ini, Anda bisa semangat mencapai target.

Cari Teman Seperjuangan

Kalau memiliki sahabat yang sama-sama berjuang, kemungkinan besar bisa saling menguatkan. Bergabung ke forum diet juga bisa menjadi pilihan untuk saling berbagi informasi.

Dapatkan Dukungan dari Pasangan atau Keluarga

Minta dukungan dari keluarga dan pasangan akan semangat. Apalagi kalau mereka membantu menitipkan menu diet setiap hari.

Jangan Terlalu Sering Cheating

Cheating day sebenarnya tidak masalah. Namun, jangan terlalu sering dan berlebihan karena bisa mengacaukan perkembangan diet yang sudah berjalan.

Jadi, yang paling penting dalam diet adalah konsistensi. Selama konsisten dan mengikuti protokol dari diet yang dilakukan, kemungkinan gagal akan rendah. Ikuti perkembangan diet dari berbagai aspek agar tidak mudah menyerah.

Jadi, yang paling penting dalam diet adalah konsistensi. Selama konsisten dan mengikuti protokol dari diet yang dilakukan, kemungkinan gagal akan rendah. Ikuti perkembangan diet dari berbagai aspek agar tidak mudah menyerah.

About The Author

Manfaat, Dosis, dan Efek Samping Diclofenac

Penyakit Gaucher – Diagosis dan Pengobatan