Panggilan atau teks +62-0-274-37-0579

Bidai Tulang Kering: Penyebab, Gejala, Penanganan, dll

Myles Bannister

Bidai tulang kering adalah kondisi ketika tulang kering atau tungkai bawah bagian depan mengalami nyeri akibat tekanan yang terjadi berulang. Kerusakan pada tulang tersebut menyebabkan rasa nyeri.

Meskipun bukan kondisi serius, bidai tulang kering perlu ditangani dengan cepat. Pengobatan dapat dilakukan di rumah, namun tidak boleh diabaikan.

Beberapa penyebab bidai tulang kering adalah aktivitas fisik yang berlebihan, terutama pada olahraga seperti basket, sepakbola, dan bulutangkis.

Faktor risiko lainnya termasuk anggota militer, abnormalitas anatomi kaki, fleksibilitas tulang dan otot rendah, teknik latihan yang salah, olahraga baru, berlari di jalan menurun, menggunakan sepatu olahraga yang tidak sesuai, kelebihan berat badan, dan kelemahan otot kaki dan tendon.

Gejala bidai tulang kering meliputi nyeri tulang kering, otot kaki, dan tungkai bawah bagian depan, serta pembengkakan minor pada tungkai bawah bagian depan.

Untuk mendiagnosis bidai tulang kering, dokter akan melakukan anamnesis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang seperti X-Ray atau MRI.

Penanganan bidai tulang kering dapat dilakukan dengan menghentikan aktivitas fisik, kompres area yang membengkak, dan mengonsumsi obat pereda nyeri. Penanganan operasi jarang dilakukan.

Untuk mencegah bidai tulang kering, gunakan alas kaki yang sesuai, lakukan pemanasan sebelum berolahraga, pelajari teknik yang benar, dan berhati-hati saat berolahraga di permukaan keras.

Referensi

  1. Anonim. Shin Splints. https://www.nhs.uk/conditions/shin-splints/
  2. Anonim. Shin Splints. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/shin-splints/symptoms-causes/syc-20354105
  3. Anonim. Shin Splints – Self Care. https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000654.htm
  4. Galbraith, R dan Mark, E. 2009. Medial tibial stress syndrome: conservative treatment options. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2848339/
  5. Johnson, S. 2017. Shin Splints. https://www.healthline.com/health/shin-splints

About The Author

11 Kesalahan Penanganan Luka Bakar yang Harus Anda Hindari!

Adenomiosis: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Pengobatan